x

Ze Valente Bicara Kans Portugal, Kapten PSS Dukung Brasil di Piala Dunia 2022

Sabtu, 19 November 2022 10:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Uji coba PSS Sleman melawan 757 Kepri Jaya FC di Lapangan Pakembinangun, Jumat (22/10/22). (Foto: MO PSS Sleman)

INDOSPORT.COM - Gelandang PSS Sleman, Ze Valente, menilai Portugal memiliki kans besar menjuarai Piala Dunia 2022. Namun, dia berharap dalam perjalanannya tak bertemu Brasil yang dijagokan kapten Bagus Nirwanto.

Tentu saja ketika bicara Piala Dunia 2022, Ze Valente akan menjagokan Portugal. Dia mendukung penuh tanah kelahirannya meskipun juga punya keinginan agar Lionel Messi menutup Piala Dunia dengan bagus.

Menurut Ze Valente, menjadi juara bukan hal mustahil bagi Portugal. Keberhasilan menjuarai Piala Eropa 2016 adalah bukti bahwa kekuatan Selecao tak bisa disepelekan.

"Menurut opini saya dan berbicara dari hati, tentu saya akan berpikir Portugal sedang dalam posisi menjuarai Piala Dunia. Namun, bisa saja terjadi jika para pemain berada dalam level terbaik," ucap Ze Valente.

"Secara individu, mereka mempunyai kualitas dan Portugal sudah pernah menjuarai kejuaraan Eropa beberapa tahun lalu. Menurut saya itu bisa menjadi alasan yang cukup untuk mereka juara," lanjutnya.

Baca Juga

Soal kompetitor terberat, Ze Valente melihat Brasil sebagai tim yang sangat kuat. Mereka punya deretan pilar yang sedang menjadi bintang di Liga Eropa.

Maka, Ze Valente berharap dalam perjalanan nanti Brasil ditumbangkan tim laindan tak bersua Portugal. Namun, jika harus bertemu, ia yakin Bruno Fernandes dkk. punya mentalitas yang kuat.

Baca Juga

"Saya berpikir karena popularitas dan kualitas, Brasil akan menjadi tim yang paling sulit untuk dihadapi dan saya tidak ingin Portugal bermain menghadapi mereka," jelas Ze Valente.

"Namun jika itu terjadi, maka hal itu akan memberikan saya kehormatan untuk bisa menang atas Brasil karena secara mental Portugal lebih baik dan juga memiliki kualitas," lanjutnya.

Baca Juga

1. Peluang Besar Brasil

Bagus Nirwanto dalam jumpa pers jelang laga melawan Persija Jakarta. Selasa (02/07/19). Herry Ibrahim/INDOSPORT

Selain Brasil, Ze Valente turut bicara soal Argentina yang diperkuat Lionel Messi. Hanya Tim Tango-lah yang akan membuatnya tetap tersenyum ketika Portugal gagal juara.

Tapi, Ze Valente lebih berharap bahwa Argentina mendapatkan prestasi lewat Messi saja. Messi bisa mengambil penghargaan pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak.

"Tentu saya ingin Messi yang memenanginya secara bersamaan. Itu karena saya sangat bersemangat melihat pertandingan Messi. Menurut saya, dia adalah inspirasi terbaik ketika dia mengambil pilihan dan bagaimana cara dia berpikir tentang pertandingan," papar Ze Valente.

"Sungguh hal terbaik untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Piala Dunia terakhirnya. Saya sangat senang jika Messi bisa menjadi pemain terbaik dan top skor. Jika Portugal gagal juara, biar Argentina yang naik podium tahun ini," imbuhnya.

Baca Juga

Berbeda dengan Ze Valente, kapten PSS, Bagus Nirwanto lebih menjagokan Brasil untuk sukses di Qatar. Ia tak melihat Brasil sekadar dari nama besarnya, melainkan juga pasukannya tahun ini.

Meski Roberto Firmino tak dibawa, Brasil masih punya segudang bomber yang hebat. Bagus menyebut Brasil punya kans besar jadi juara karena para pemainnya onfire di Liga Eropa.

"Saya tidak bisa prediksi lebih, akan tetapi, saya yakin Brasil pasti juara, karena pemainnya sedang on fire semua dan itu bisa alasan mereka juara," jelas Bagus.

Baca Juga

Namun, pemain asal Sidoarjo ini juga tak menafikan fakta bahwa banyak tim kuat di Qatar. Termasuk salah satunya Portugal yang didukung Ze Valente. 

"Apa pun bisa terjadi dalam sebuah turnamen. Kembali lagi, semua itu hanya kemungkinan (untuk Brasil juara)," tandas Bagus Nirwanto.

Tentu menarik ketika para penggawa PSS Sleman menonton Piala Dunia 2022 bersama-sama. Namun, perlu diingat juga bahwa pelatih Seto Nurdiyantoro kerap memilih latihan pagi. Sering begadang beresiko kelelahan.

ArgentinaPortugalBrasilLionel MessiPiala DuniaPSS SlemanPiala Dunia 2022Bola IndonesiaBagus NirwantoOne FootballUpdate Piala Dunia 2022

Berita Terkini