x

Bek Persib Tak Dipanggil Timnas Filipina untuk Piala AFF, Faktor Main di Indonesia?

Senin, 21 November 2022 20:26 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
Bek Persib, Daisuke Sato dikabarkan tak dipanggil Timnas Filipina untuk Piala AFF 2022. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Bek Persib Bandung, Daisuke Sato, sudah menjalin komunikasi dengan Timnas Filipina terkait persiapan untuk menghadapi Piala AFF 2022.

Meski demikian, Daisuke Sato belum dipanggil untuk bergabung dengan Timnas Filipina yang saat ini sudah mulai menggelar pemusatan latihan atau Training Center (TC).

Daisuke Sato menuturkan, saat ini pemain yang dipanggil untuk bergabung dengan Timnas Filipina merupakan pemain yang bermain di kompetisi lokal. Sedangkan, yang bermain di luar negeri sejauh ini tidak dipanggil.

"Ya kami berkomunikasi, tapi mereka sudah menggelar agenda pemusatan latihan untuk pemain yang ada di dalam negeri, pemain yang ada di Filipina," kata Daisuke Sato.

Pemain yang menggunakan nomor punggung 66 ini menuturkan, ada beberapa alasan yang membuat Timnas Filipina hanya memanggil pemain yang bermain di dalam negeri.

Baca Juga

Salah satunya, Timnas Filipina membutuhkan waktu persiapan yang panjang untuk menghadapi Piala AFF 2022. Diantaranya, menggelar pemusatan latihan.

"Mereka menyusun daftarnya kemarin dan mereka berbicara pada saya untuk lebih fokus pada pemain lokal yang bermain di liga Filipina. Karena mereka butuh waktu persiapan lebih lama," ungkapnya.

Lebih lanjut Daisuke Sato menuturkan, untuk memanggil pemain yang bermain di luar negeri sendiri, biasanya mereka akan bergabung dengan Timnas Filipina beberapa hari menjelang pertandingan.

Baca Juga

Sehingga, untuk saat ini Timnas Filipina hanya memanggil pemain yang bermain di dalam negeri, karena mereka bisa langsung bergabung dengan tim.

"Terkadang ini memang sulit bagi Filipina karena banyak pemain yang bermain di luar negeri, seperti bermain di Liga Thailand dan Liga Indonesia," ujarnya.

"Jadi kami biasanya persiapan jelang turnamen itu hanya 2-3 hari. Jadi mereka sekarang mulai mencoba suatu hal yang baru dan kita lihat nanti apa yang akan terjadi," jelasnya.

Baca Juga

1. Masih Berpeluang Dipanggil

Bek Persib, Daisuke Sato. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

Meski demikian, peluangnya untuk bergabung dengan Timnas Filipina masih terbuka, sehingga dia akan menunggu informasi selanjutnya dari timnas.

"Tapi jika mereka-mereka berkomunikasi dengan saya setelah ini dan memanggil saya sebelum Piala AFF, kita lihat nanti apakah saya bisa atau tidak. Mereka mengatakan ini bukan tim yang fix dan mungkin saja memanggil pemain dari luar negeri," tegasnya.

Sambil menunggu informasi selanjutnya mengenai Timnas Filipina, Daisuke Sato berharap kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 bisa segera bergulir kembali pada awal Desember 2022.

Pasalnya, kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 sudah cukup lama terhenti yakni sekitar satu bulan lebih, usai tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang. 

Sementara itu, pelatih Persib, Luis Milla, mempersiapkan program game internal maupun latihan bersama (uji coba) sambil menunggu kepastian mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Baca Juga

Menurut Daisuke Sato, game internal tersebut sangat bagus untuk menjaga kondisi, sentuhan bola dan atmosfer pertandingan. Agar saat kompetisi Liga 1 2022-2023 bergulir kembali, kondisi tim dalam keadaan siap bertanding.

Pemain asal Filipina ini menambahkan, saat ini kondisinya masih perlu ditingkatkan lagi, untuk itu dia akan memanfaatkan waktu yang ada untuk memperbaiki kekurangan.

Baca Juga

"Ini game internal yang bagus, dalam jalur yang tepat. Karena kita merasa liga akan segera dimulai lagi dan semua pemain terutama saya menilai kami masih harus bekerja lebih keras lagi," kata Daisuke Sato setelah game internal di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Jumat (18/11/22).

Meski hanya sebatas game internal, namun intensitas laga cukup tinggi, pasalnya seluruh pemain berusaha menampilkan permainan terbaiknya. Sehingga, atmosfer pertandingan tetap terasa.

"Ada banyak hal yang perlu diperbaiki. Tapi ada banyak hal positif juga, karena kami bekerja dengan intentitas yang tinggi dalam laga sebelas melawan sebelas antar pemain di tim," ucapnya.

Baca Juga
Persib BandungFilipinaBola InternasionalLiga 1Daisuke SatoPiala AFF 2022

Berita Terkini