x

Peserta Piala Dunia yang Pakai Pemain 'Asing' Paling Banyak, Maroko Tembus 2 Digit

Senin, 21 November 2022 09:27 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut adalah negara peserta Piala Dunia 2022 Qatar yang paling banyak memakai pemain bukan kelahiran negara sendiri, atau pemain naturalisasi. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

INDOSPORT.COM - Berikut adalah negara peserta Piala Dunia 2022 Qatar yang paling banyak memakai pemain bukan kelahiran negara sendiri, atau pemain naturalisasi.

Sejatinya, Piala Dunia adalah ajang di mana para pemain sepak bola suatu negara unjuk kebolehan, sehingga tidak terbuka untuk pemain asing, seperti kompetisi antar klub.

Namun, ada beberapa negara yang turut menggunakan pemain kelahiran negara lain, bisa lewat program naturalisasi, bisa juga pemain yang memiliki dwi-kewarganegaraan.

Hal ini menjadi salah satu pertimbangan mengapa Indonesia juga boleh melakukan langkah yang sama, yakni naturalisasi, jelang Piala Dunia U-20 2023 nanti.

Berikut INDOSPORT merangkum tiga negara dengan pemain 'asing' paling banyak yang tampil di Piala Dunia 2022. 

Baca Juga

1. Maroko

Maroko tak segan menggunakan banyak pemain kelahiran luar negeri untuk dapat memperkuat Timnas mereka, dan akhirnya bisa mejeng di Piala Dunia belakangan ini.

Khususnya di Piala Dunia 2022, Maroko tercatat mendaftarkan 14 pemain kelahiran luar negeri untuk membela Timnas mereka.

Baca Juga

Salah satunya adalah Hakim Ziyech, gelandang kelahiran Belanda yang mantap membela Timnas Maroko dari Benua Afrika.

Ada empat pemain kelahiran Belanda, tiga pemain Prancis, dan tiga pemain Jerman yang mewarnai Timnas Maroko saat ini.

Sisanya, ada pemain kelahiran Spanyol, Kanada dan Italia yang berjuang bersama untuk membawa Maroko tembus ke babak 16 besar Piala Asia 2022 di Qatar.

Baca Juga

1. 2. Tunisia

Aksi Richarlison (kiri) di laga Brasil vs Tunisia (28/09/22). (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes)

Piala Dunia 2022 menjadi partai keenam bagi Tunisia di pentas sepak bola terbesar. Untuk sampai di titik ini, mereka memanggil 12 pemain kelahiran luar negeri ke Timnas.

Salah satunya adalah Hannibal Mejbri, pemain kelahiran Prancis yang kini membela Manchester United. Musim ini, wonderkid 19 tahun itu dipinjamkan ke Birmingham City.

Meski lahir di Prancis dan masih tergolong usia muda, tetapi Hannibal Mejbri sudah mengantongi 18 caps bersama Tunisia.

Selain Hannibal Mejbri, tercatat masih ada sembilan pemain kelahiran Prancis lainnya yanh masuk dalam skuat Timnas Tunisia, mewakili Benua Afrika di Piala Dunia 2022.

Ada pula satu pemain kelahiran Jerman dan Denmark yang dipercaya untuk membela Tunisia, agar setidaknya lolos fase grup.

Baca Juga

3. Senegal

Masih dari Benua Afrika, Senegal juga memanggil 12 pemain kelahiran luar negeri untuk menambah kekuatan di persaingan Piala Dunia 2022 yang dihelat di Qatar.

Bahkan, dari 26 pemain yang dipanggil ke Timnas Senegal, seluruhnya bermain di Liga Eropa. Salah satunya Boulaue Dia, kelahiran Prancis, dan kini membela tim Salernitana.

Baca Juga

Ada pula Iliman Ndiaye, penyerang asal Prancis yang bisa menjadi pelapis Sadio Mane ketika sang pemain bintang absen.

Belum lagi di lini pertahanan, ada Kalidou Koulibaly, pemain kelahiran Prancis yang menjadi benteng kokoh Chelsea, sejak ditebus dari Napoli senilai 38 juta Euro.

Kalidou Koulibaly juga sarat pengalaman bersama Timnas Senegal. Dia mencatatkan 64 caps sejak tahun 2015, dan telah menjadi kapten Singa dari Teranga 4 tahun terakhir.

Baca Juga
Piala DuniaMarokoTunisiaPiala Dunia 2022SenegalHakim ZiyechHannibal MejbriTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini