x

Qatar Putus Tradisi Menang Tuan Rumah di Laga Perdana Piala Dunia 2022

Senin, 21 November 2022 08:20 WIB
Editor: Juni Adi
Striker Ekuador, Enner Valencia merayakan gol ke gawang Qatar di pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 (REUTERS/Matthew Childs)

INDOSPORT.COM - Dalam laga perdana di empat edisi terakhir Piala Dunia, tuan rumah selalu menang tapi kali ini rekor itu puts karena Timnas Qatar tunduk dari Ekuador.

Turnamen sepak bola terbesar, Piala Dunia 2022 baru saja resmi dibuka pada Minggu (20/11/22) malam WIB, dengan ditandai opening ceremonial dan pertandingan perdana.

Laga pembuka menghadirkan duel seru antara timnas Qatar vs timnas Ekuador di Stadion Al-Bayt, Qatar.

Perbedaan kualitas masih terlihat, karena pemain-pemain Qatar tampak demam panggung hal itu terlihat dari permainan mereka yang berantakan.

Di sisi lain, Ekuador tampil sangat baik sejak menit awal. Mereka sangat percaya diri, dan terbukti mampu memenangkan laga dengan skor akhir 2-0.

Baca Juga

Masing-masing gol dicetak dan diborong oleh Enner Valencia. Kemenangan ini membuat Ekuador memimpin klasemen Grup A Piala Dunia 2022, dengan 3 poin.

Sedangkan Qatar terjerembab di dasar klasemen tanpa satu poin dari satu pertandingan.

Baca Juga

Laga berjalan tidak seimbang sejak menit awal. Menit ke-3, Enner Valencia mengejutkan fans tuan rumah dengan membuat gol cepat lewat sundulan.

Sayang gol itu dianulir wasit karena setelah dicek lewat tayangan ulang VAR, rekan setimnya Michael Estrada sudah dalam posisi offside sebelum mengirim umpan ke Valencia.

Kebuntuan baru pecah pada menit ke-16. Ekuador mencetak gol perdana di Piala Dunia 2022 melalui Valencia dari titik penalti.

Baca Juga

Ekuador mencetak gol keduanya melalui Valencia lagi menit ke-31. Skor 0-2 bertahan hingga babak pertama dan babak kedua usai.

Kekalahan ini membuat timnas Qatar mencatatkan rekor buruk, karena jadi negara pertama tuan rumah yang kalah di laga perdana Piala Dunia dari empat edisi terakhir.Siapa saja yang menang?


1. Brasil vs Kroasia

Aleksandr Golovin saat ingin mengirimkan umpan dalam laga Rusia vs Arab Saudi.

Kiprah positif tuan rumah Piala Dunia berlanjut pada edisi 2014. Kala itu Brasil yang jadi tuan rumah, tampil pertama melawan Kroasia di Stadion Corinthians Arena, 13 Juni 2014.

Bermain di depan pendukungnya sendiri, Brasil menang dengan skor akhir 3-1. Neymar jadi bintang lapangan dengan membuat dua gol, dan satu lagi disumbang oleh Oscar.

Sedangkan gol hiburan Kroasia dibuat oleh Marcelo Vieira (gol bunuh diri). 

Rusia vs Arab Saudi

Timnas Rusia menghadapi Arab Saudi di laga perdana Piala Dunia 2018. Hasil pertandingan dimenangkan tuan rumah dengan skor telak, 5-0.

Piala Dunia 2018 digelar di Rusia. Turnamen akbar empat tahunan itu dibuka dengan pertandingan antara Rusia vs Arab Saudi di Luzhniki Stadium, Moskow, Kamis (14/6/2018) dalam laga perdana Grup A.

Di pertandingan itu, Rusia menang 5-0. Gol Sbornaya, julukan Rusia, dilesakkan oleh Denis Cheryshev yang memborong dua gol, lalu masing-masing satu gol dari Yuri Gazinkskiy, Artem Dzyuba, dan Aleksandr Golovin.
 
 


2. Jerman vs Kosta Rika

Tim Nasional Jerman ketika menjalani pertandingan UEFA Nations League melawan Hungaria di Red Bull Arena, Leipzig. REUTERS/Annegret Hilse

Jerman meraih kemenangan meyakinkan di pertandingan pembukaan Piala Dunia 2006.

Menghadapi Kosta Rika di stadion Allianz Arena, Sabtu (10/6/2006), tim asuhan Juergen Klinsmann menang 4-2.

Tim Panser langsung bermain agresif. Hanya butuh enam menit untuk melihat gol pertama di Piala Dunia 2006 terjadi, dengan Philip Lahm sebagai subjeknya.

Bek Bayern Munich itu lebih dulu mengecoh dua pemain belakang lawan, sebelum menceetak gol pertama di menit ke-6. Skor berubah 1-0.

Enam menit kemudian, Kosta Rika membuat gol penyeimbang menit ke-12. Paulo Wanchope mencetak gol dan mengubah skor jadi 1-1.

Jerman yang sampai 15 menit pertama sudah melakukan 6 tendangan ke gawang lawan, ahirnya kembali memimpin. 

Menit 17 Bastian Schweinsteiger memberikan umpan matang kepada Miroslav Klose di depan gawang, untuk mencetak gol. Skor berubah 2-1 bertahan hingga turun minum.

Pada menit ke-61, Jerman membuat gol di babak kedua. Lagi-lagi Klose jadi aktornya. Skor berubah 3-1. 

Kosta Rika memperkecil keadaan jadi 3-2 setelah Wanchope membuat gol keduanya.

Jerman pada akhirnya menutup laga perdana dengan kemenangan telak 4-2, setelah Torsten Frings membuat gol pamungkas di menit ke-87.

Afrika Selatan vs Meksiko

Laga pembuka Piala Dunia antara Afrika Selatan kontra Meksiko di Stadion Soccer City, Jumat (11/6/10), hanya berakhir imbang. Kedua tim penghuni Grup A itu bermain dengan skor akhir 1-1.

Setelah berbagi skor 0-0 di paruh pertama, yang juga diisi dengan dianulirnya gol Meksiko yang bisa diperdebatkan, Afrika Selatan akhirnya unggul lewat Siphiwe Tshabalala pada menit 54.

Meksiko baru bisa membalas lewat Rafael Marquez pada menit 79. Kedua tim lantas saling serang kendati akhirnya skor 1-1 tak berubah. 

EkuadorJermanRusiaBrasilQatarPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini