x

Hasil Piala Dunia 2022 Senegal vs Belanda: Ketat! Gakpo dan Klaassen Bawakan De Oranje 3 Poin

Selasa, 22 November 2022 01:18 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Partai lanjutan Grup A Piala Dunia 2022 antara Senegal vs Belanda pada Senin (21/11/22) malam dimenangkan oleh De Oranje dengan skor 2-0.

INDOSPORT.COM - Partai lanjutan Grup A Piala Dunia 2022 antara Senegal vs Belanda pada Senin (21/11/22) malam dimenangkan oleh De Oranje dengan skor 2-0.

Gawang The Lions of Terangga yang pada awalnya begitu sulit untuk ditembus akhirnya jebol oleh Cody Gakpo dan Davy Klaassen pada babak kedua.

Kemenangan ini membuat Belanda bisa menyamai perolehan poin Ekuador yang pada laga sebelumnya sukses membungkam Qatar dengan skor identik di Grup A.

Sejak peluit tanda permulaan laga dibunyikan kedua tim sebenarnya sama-sama bermain terbuka. Padahal Senegal dan Belanda belum pernah saling jumpa sebelumnya.

Sejumlah peluang untuk masing-masing tim pun tercipta tetapi sayangnya babak pertama justru harus berjalan tanpa adanya gol.

Baca Juga

Pada menit kesembilan Ismaila Sarr sempat membuat jantung pendukung Belanda berhenti berdegum sejenak usai peluangnya yang gagal menembus gawang Andries Noppert.

Awalnya kontrol bola winger Watford tersebut terlihat seperti akan jadi akhir momentum Senegal tetapi ia bisa melakukan recovery sebelum melepas tembakan spekulasi yang melayang sedikit di atas mistar.

Baca Juga

Belanda mengumpulkan lebih banyak kesempatan namun efektivitas mereka tidak bisa dibilang baik. Setidaknya ada tiga atau empat kans emas yang dilewatkan anak-anak asuhn Louis van Gaal.

Keluputan terbesar sang wakil Eropa di paruh pembuka dihadapi oleh Frenkie de Jong pada menit ke-19. Dalam situasi serangan balik De Jong yang kemudian mendapatkan ruang tembak cukup di kotak penalti Senegal namun karena terlalu lambat dalam membuat keputusan akhirnya bola bisa direbut.

Belanda lagi-lagi mendapatkan peluang lima menit jelang turun minum namun tembakan dari Steven Berghuis masih mampu ditepis oleh Edouard Mendy dan skor 0-0 pun bertahan hingga rehat pergantian babak.


1. Babak Kedua

Hasil Piala Dunia 2022 Belanda vs Senegal: Ketat! Gakpo dan Klaassen Bawakan De Oranje Tiga Poin. REUTERS-Molly Darlington

Pada babak kedua masing-masing tim melakukan pergantian pemain untuk memecah kebuntuan. Memphis Depay yang awalnya tidak fit Belanda masukkan untuk menggantikan Vincent Janssen.

Sementara itu, Senegal kehilangan Cheikhou Kouyate karena cedera dan menggantikannya dengan Pape Gueye.

Walau harus bermain tanpa gelandang andalan mereka, Senegal justru makin agresif. Rakasasa benua Afrika tersebut kian rajin menciptakan peluang dan jika bukan karena kiper Andries Noppert, Belanda mungkin sudah tertinggal.

Penyelamatan penting pertama Noppert adalah saat menepis usaha dari Boulaye Dia pada menit ke-65.

Penjaga gawang milik SC Heerenveen itu bak tidak sedang memainkan partai internasional pertamanya di turnamen sekelas Piala Dunia 2022 kala secara heroik mementahkan sepakan keras Pape pada menit 73.

Baca Juga

Kebuntuan akhirnya pecah saat waktu normal hanya menyisakan lima menit saja. Cody Gakpo membawa Belanda unggul 1-0 dengan sebuah gol indah.

Belanda dengan sabar coba membuka pertahanan rampat Senegal sampai akhirnya sebuah crossing terukur dari De Jong disambut dengan lompatan serta sundulan maut Gakpo yang sama sekali tidak dapat diantisipasi Mendy.

Baca Juga

Tiga poin kemudian dikunci oleh Belanda saat Davy Klaassen mencetak gol pada menit kesembilan injury time. Playmaker dari Ajax Amsterdam tersebut menyambar rebound tembakan Depay yang gagal dihalau sempurna oleh Mendy.

Susunan Pemain Senegal vs Belanda Grup A Piala Dunia 2022

Belanda (3-4-1-2): Andries Noppert, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Nathan Ake, Denzel Dumfries, Steven Berghuis, Frenkie de Jong, Daley Blind, Cody Gakpo, Vincent Janssen, Steven Bergwijn

Subs: Justin Biljow, Jeremie Frimpong, Remko Pasveer, Jurrien Timber, Stefan de Vrij, Tyrell Malacia, Marten de Roon, Teun Koopmeiners, Kenneth Taylor, Davy Klaassen, Xavi Simmons, Memphis Depay, Wout Weghorst, Luuk de Jong, Noa Lang

Senegal (4-3-3): Edouard Mendy, Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Pape Abou Cisse, Abdou Diallo, Cheikhou Koyate, Idrissa Gana Gueye, Nampalys Mendy, Krepin Diatta, Boualye Dia, Ismaila Sarr

Subs: Seny Dieng, Alfred Gomis, Formose Mendy, Nicolas Jackson, Moussa Ndiaye, Pathe Ciss, Fode Toure, Iliman Ndiaye, Ismail Jakobs, Pape Matar Sarr, Famara Diedhiou, Moustapha Name, Mamadou Loum Ndiaye, Pape Alassane Gueye, Bamba Dieng

Baca Juga
 
BelandaPiala Dunia 2022SenegalDavy KlaassenCody GakpoHasil Piala Dunia 2022

Berita Terkini