x

Mantan Lord Barcelona Martin Braithwaite Bertitah Kalau Denmark Bisa Juara Piala Dunia 2022

Selasa, 22 November 2022 15:08 WIB
Penulis: Lukman Hadi Subroto | Editor: Juni Adi
Martin Braithwaite, mantan pemain Barcelona

INDOSPORT.COM - Mantang bintang Barcelona yang saat ini bermain untuk Espanyol, Martin Braithwaite sangat yakin bahwa timnya, Denmark mampu menjadi juara dunia di Piala Dunia 2022.

Martin Braithwaite merasa sangat percaya diri karena ia merasa timnya, timnas Denmark sedang dalam performa yang bagus.

Dalam dua tahun terakhir mereka mampu berbicara banyak di kancah internasional, salah satunya adalah ketika mencapai semifinal EURO 2020.

Tim asuhan Kasper Hjulmand lolos ke Piala Dunia 2022 usai menjadi jawara Grup F di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona UEFA. Denmark berhasil menang 9 kali, dan sekali kalah.

Timnas Denmark saat itu tumbang ketika berhadapan dengan timnas Skotlandia. Kasper Scheichel saat itu kalah ketika tiket ke Piala Dunia 2022 sudah berhasil digenggam.

Pada 2021, ketika tampil di Euro 2020, Denmark berhasil menampilkan yang gemilang. Mereka hanya mengalami kekalahan ketika berhadapan dengan Inggris di Semifinal.

Baca Juga

Denmark saat itu kalah di semifinal Euro 2020 pun setelah melalui babak adu penalti. Padahal di awal laga mereka harus kehilangan Christian Eriksen yang mengalami masalah jantung ketika melawan Finlandia.

Absennya Christian Eriksen saat itu menjadi tekanan yang besar bagi timnas Denmark. Namun, mereka berhasil mengubah tekanan menjadi sebuah motivasi hingga berhasil melaju ke babak semifinal.

Baca Juga

Sedangkan di ajang UEFA Nations League tahun ini, Denmark gagal mencapai babak semifinal usai kalah dari Kroasia dalam dua kali pertemuan sekaligus.

Meski demikian, Denmark berhasil menang atas juara dunia Perancis sebanyak dua kali dalam babak penyisihan grup. Rekor tersebut menjadi catatan bagi calon lawan di Piala Dunia 2022.

Catatan statistik tersebut yang membuat mantan penyerang Barcelona, Martin Braithwaite optimis negaranya bisa berbicara banyak dalam gelaran Piala Dunia 2022.

Baca Juga

1. Siap Juara

Profil Timnas Denmark Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Liselotte Sabroe/Ritzau Scanpix)

Lebih lanjut, penyerang yang saat ini berseragam Espanyol tersebut menegaskan bahwa Denmark bukanlah tim penggembira. Ia yakin negaranya akan mengejutkan dunia.

"Kami sangat percaya diri. Kami sudah bermain bagus di Nations League. Kami tahu orang-orang tak melihat kami sebagai favorit juara Piala Dunia, namun tentu saja kami adalah favorit. Kami datang untuk menang, bukan sekadar pelengkap," ujar Braithwaite

Adapun Denmark akan memulai perjalannya di Piala Dunia 2022 kali ini dengan melawan Tunisia pada Selasa (22/11/2022) pukul 20.00 WIB di Education City Stadium, Ar Rayyan, Qatar.

Di atas kertas, timnas Denmark menjadi tim yang dijagokan di Grup D yang diisi Australia dan juara bertahan Perancis. Kemenangan akan menjadi harga mati bagi tim Dinamit ketika berhadapan Tunisia.

Secara materi pemain, Denmark jelas dijagokan. Beberapa pemain bintang yang dibawa ke Qatar, seperti Christian Eriksen, Kasper Schmeichel, Simon Kjaer, Andreas Christensen, Mikkel Damsgaard, sampai Martin Braithwaite.

Baca Juga

Jika menang pada pertandingan kali ini, Denmark akan berpotensi memperpanjang rekornya yang tak terkalahkan atas tim dari benua Afrika di Piala Dunia.

Sementara itu, Tunisia memiliki rekor yang buruk ketika berhadapan dengan tim dari benua Eropa. Di turnamen Piala Dunia, mereka mencatatkan hasil 3 kali imbang dan 7 kali kalah.

Baca Juga

Hal itu akan menjadi pertemuan pertama bagi Denmark dan Tunisia dalam gelaran Piala Dunia. Kedua negara ini terakhir saling berhadapan 20 tahun yang lalu.

Namun, kedua negara ini bertemu bukan pada turnamen resmi, melainkan hanya sebatas pertandingan persahabatan yang digelar di negara Jepang.

Denmark sukses meraih kemenangan tipis dengan skor 2-1 dalam laga tersebut. Namun, catatan ini bukanlah modal yang cukup bagi skuad Kasper Hjulmand melawan skuad Tunisia saat ini.

Baca Juga
BarcelonaDenmarkPiala Dunia 2022Martin BraithwaiteUpdate Piala Dunia 2022

Berita Terkini