x

Profil Pemain Garuda Select 5: Rizdjar Nurviat Subagja, 'Adik' Egy Maulana Vikri

Kamis, 24 November 2022 11:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Rizdjar Nurviat Subagja, pemain Timnas Indonesia U-16 dan Garuda Select 5

INDOSPORT.COM - Berikut adalah profil pemain Garuda Select 5, Rizdjar Nurviat Subagja dari Cirebon, yang disebut-sebut sebagai sosok 'adik' dari Egy Maulana Vikri.

Sebagaimana diketahui, Garuda Select adalah program kerja sama PSSI dan Mola TV untuk mengirimkan sejumlah pemain muda berbakat untuk dilatih di Inggris.

Program pelatihan ini sudah berjalan sejak tahun 2019, dan kini telah memasuki musim kelima, di mana para pemain baru saja tiba di Inggris pada Senin (21/11/22) kemarin.

Salah satu pemain yang sudah bergabung dengan skuat Garuda Select 5 ialah Rizdjar Nurviat Subagja, posisi sebagai bek kanan.

Rizdjar merupakan pesepak bola kelahiran 2 Januari 2006. Saat ini ia berusia 16 tahun.

Baca Juga

Sejak kecil, Rizdjar sudah menunjukkan minatnya di dunia sepak bola. Kebetulan, sang ayah, Subagja Suihan adalah pemilik SSB Bina Sentra Football Akademi Cirebon.

Dengan keuletannya, serta dukungan orang tua, Rizdjar akhirnya menyeberang ke Pulau Kalimantan dan membela skuat Borneo FC di Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2021 lalu.

Baca Juga

Kala itu, Rizdjar berhasil membawa Borneo FC lolos ke semifinal, meski akhirnya kalah dan harus puas menempati posisi ketiga.

Namun, Elite Pro Academy Liga 1 U-16 itu bertepatan dengan hadirnya talent scouting Garuda Select asal Inggris, sehingga bakat Rizdjar pun terpantau oleh sang pelatih.

Lantas, bagaimana hubungan Rizdjar dengan bintang Timnas Indonesia yang kini berkarir di Slovakia, Egy Maulana Vikri?

Baca Juga

1. Rizdjar Susul Egy Maulana Vikri ke Eropa

Rizdjar Nurviat Subagja, pemain Timnas Indonesia U-16 dan Garuda Select 5

Bukan tanpa alasan jika Rizdjar Nurviat Subagja lolos seleksi Garuda Select 5 ke Inggris. Pasalnya, ia memiliki jam terbang yang cukup banyak di ajang internasional.

Rizdjar pernah membawa timnya lolos 8 besar turnamen Song Ching Ling Cup U-12 2017 di China, kemudian ikut bertanding di pentas Borneo Cup U-12 2017 di Malaysia.

Teranyar, Rizdjar menjadi bek andalan Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022, di bawah asuhan pelatih Bima Sakti.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-16 sukses menjadi juara Piala AFF U-16 2022, meski akhirnya tersingkir dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 lalu.

Namun, Rizdjar telah membuktikan jika ia memang memiliki kualitas di lapangan hijau, bukan karena faktor kehadiran sang ayah.

Baca Juga

Membahas sosok sang ayah, Subagja Suihan, awalnya dikenal karena berhasil menemukan bakat Egy Maulana Vikri di Medan, saat berlatih di SSB Tasbih.

Bagja menjadi sosok ayah angkat yang bertanggung jawab menjaga Egy, saat membawanya merantau ke Pulau Jawa.

Makanya Rizdjar kerap disebut-sebut sebagai adik bagi Egy Maulana Vikri. Selain Egy, Bagja juga menjadi sosok penting yang mengorbitkan kapten Timnas, Firman Utina.

Baca Juga

Kini, saat Egy Maulana Vikri sudah sukses bermain di klub Eropa, apakah Rizdjar juga mampu menyusul kesuksesan sang kakak?

Rizdjar Nurviat Subagja harus membuktikan jika ia tak kalah dengan Egy Maulana Vikri. Program Garuda Select 5 di Inggris adalah wadah yang baik untuk menunjukkan kelasnya sebagai bek.

Baca Juga
Borneo FCTimnas Indonesia U-16Timnas IndonesiaProfil Atlet dan FotoEgy Maulana VikriBakat Muda IndonesiaProfil Atlet MudaprofilGaruda Select

Berita Terkini