x

Petuah dari Top Skor Piala AFF 2004 Agar 4 Striker Timnas Indonesia Menggila

Minggu, 27 November 2022 22:06 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Eks timnas Indonesia, Ilham Jaya Kusuma.

INDOSPORT.COM - Top skor Piala AFF 2004, Ilham Jaya Kesuma, memberikan petuah kepada empat striker timnas Indonesia yang dipanggil untuk Piala AFF 2022. Hal itu agar mereka tampil apik saat kejuaraan nanti. 

Diketahui, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah memanggil 28 nama untuk Piala AFF 2022. Empat di antaranya adalah penyerang, yakni Dimas Drajad, Dendy Sulistyawan, Muhammad Rafli, dan Ramadhan Sananta. 

Menurut Ilham yang juga eks striker timnas Indonesia, empat juru gedor tersebut tentu sudah sesuai kebutuhan Shin Tae-yong. Tapi, ada satu hal yang wajib diperhatikan dan diterapkan, yakni fokus dan konsentrasi penuh di atas lapangan. 

Ilham menyarankan agar para pemain yang dipanggil ke Skuat Garuda agar mengurangi aktivitas di media sosial, selama masa persiapan dan berlangsungnya Piala AFF 2022

"Tinggal konsentrasi saja. Jadi walau tim bagus, tapi jika konsentrasi kurang, akhirnya terbawa. Di Piala AFF ini, mereka harus kurangi main sosmed agar mereka benar-benar konsentrasi," kata Ilham Jaya Kesuma. 

Baca Juga

Lebih lanjut, asisten pelatih Persita Tangerang itu menyebut segala urusan pemanggilan pemain adalah keputusan pelatih Shin Tae-yong. 

Jika ada pemain yang sedang on fire di klub tapi tidak dipanggil seharusnya bukan masalah karena pelatih paling tahu kebutuhan tim.  

Baca Juga

"Sepanjang dia bisa kasih kontribusi ke timnya alangkah baiknya dia dipanggil, tapi kembali lagi kepada keputusan pelatih. Semua itu hak prerogatif Shin Tae-yong," tutur Ilham Jaya Kesuma

"Mau dipanggil apa tidak dipanggil, itu seperti jaman saya dulu, ketika sama pelatih Ivan Kolev. Ketika di klub menjadi yang terbaik, terkadang tak dipanggil. Kembali lagi ke pelatihnya, apakah diperlukan atau tidak ya," tuntasnya. 

Baca Juga

1. 23 Desember

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong dalam uji coba antara Timnas Indonesia U-20 vs Prancis U-20. (Foto: PSSI)

Sekadar mengingatkan, timnas Indonesia tergabung bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam di Grup A Piala AFF 2022.

Laga pertama melawan Kamboja akan dimainkan pada 23 Desember mendatang. Timnas Indonesia akan berstatus tuan rumah di Stadion Patriot, Bekasi.

Shin Tae-yong dijadwalkan mulai memimpin pemusatan latihan di Bali pada 28 November nanti. TC lantas akan berpindah ke Jakarta, dan berlangsung hingga kick-off Piala AFF 2022, yakni 20 Desember. 

Baca Juga

Piala AFF tetap menjadi agenda penting bagi Shin Tae-yong meski hanya diikuti negara se-Asia Tenggara. Juru taktik asal Korea Selatan itu ingin berikan trofi pertama bagi masyarakat Indonesia.

Pada Piala AFF sebelumnya, timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong hanya menempati peringkat kedua. Skuat Garuda gagal jadi juara setelah kalah agregat dari Thailand dengan skor 2-6.

Baca Juga

Timnas Indonesia sudah enam kali masuk final Piala AFF, tapi tak sekali pun juara. Paling mentok menjadi runner-up pada edisi 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan 2020.

Timnas IndonesiaPiala AFFLiga IndonesiaIlham Jaya KesumaBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongOne FootballPiala AFF 2022

Berita Terkini