x

Profil Alphonso Davies, Bintang Muda Kanada Pencetak Gol Tercepat Sementara di Piala Dunia 2022

Senin, 28 November 2022 21:10 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Bintang muda Timnas Kanada, Alphonso Davies.

INDOSPORT.COM - Berikut profil Alphonso Davies, bintang muda Timnas Kanada yang baru saja mencetak gol tercepat sementara di ajang Piala Dunia 2022 Qatar.

Seperti diketahui, Alphonso Davies sedang menjadi sorotan setelah membela Kanada melawan Kroasia di pertandingan kedua Grup F Piala Dunia 2022.

Bermain di Stadion Internasional Khalifa, Qatar pada Minggu (27/11/22) malam WIB, Alphonso Davies berhasil mencetak gol saat laga Kroasia vs Kanada belum genap dua menit.

Ini menjadi gol perdana Kanada sekaligus jadi yang tercepat di Piala Dunia 2022 hingga laga pada Senin (28/11/22) malam WIB.

Sayang, setelah unggul lebih dulu, mereka tidak konsisten. Alhasil Kroasia sukses memenangkan pertandingan dengan skor telak 4-1.

Baca Juga

Kekalahan ini membuat Kanada menjadi salah satu negara yang tersingkir lebih dulu di Piala Dunia 2022. Meski masih menyisakan satu laga, kemenangan tidak akan membuat mereka bisa menyalip Kroasia dan Maroko.

Sementara itu, gol cepat dari Alphonso Davies ini memang menjadi yang tercepat di Piala Dunia Qatar. Namun dirinya tetap belum bisa mengalahkan pemain terdahulu.

Saat ini pencetak gol tercepat sepanjang sejarah Piala Dunia masih dicetak oleh Hakan Sukur. Legenda Timnas Turki ini mencetak gol cepat hanya dalam waktu 11 detik saja saat Turki menang 3-2 atas Korea Selatan di perebutan peringkat ketiga edisi 2002 silam.

Baca Juga

Meski begitu, rekor tersebut bukan tidak mungkin masih bisa dipecahkan bahkan di edisi tahun ini. Atau mungkin Alphonso Davies bisa mencetak gol yang lebih cepat di pertandingan terakhir melawan Maroko.

Untuk mengetahui siapa sosok Alphonso Davies lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT telah merangkum profil sang bintang muda Kanada tersebut.

Baca Juga

1. Profil Alphonso Davies

Alphonso Davies, rekrutan anyar Bayern Munchen.

Bintang muda Kanada yakni Alphonso Davies memiliki nama lengkap Alphonso Boyle Davies. Ia lahir di Buduburam, Ghana pada 2 November 2000 silam.

Lahir di Ghana, ia memiliki darah Liberia dari kedua orang tuanya. Namun ia memiliki menjadi warga negara Kanada karena sejak kecil sudah tinggal dan besar di negara ini.

Karier sebagai pemain sepak bola profesional dimulai dengan memperkuat klub Kanada bernama Whitecaps Res. Ia kemudian pindah ke klub USL bernama Whitecaps FC 2 pada 2016 lalu.

Baca Juga

Alphonso Davies melakukan debut profesionalnya untuk Whitecaps FC 2 pada April 2016 lalu. Kemudian pada 15 Mei 2016, ia mencetak gol profesional pertamanya sekaligus menjadikannya pencetak gol termuda dalam sejarah USL di usia 15 tahun, 6 bulan.

Karena semakin berkembang, pada 15 Juli 2016 ia menandatangani kontrak dengan tim utama yakni Whitecaps Whitecaps FC hingga 2018. Davies melakukan debut MLS pada 16 Juli 2016 dan menjadikannya sebagai pemain termuda kedua yang bermain di MLS kala itu.

Baca Juga

Pada September 2016, ia mencetak gol pertamanya untuk tim utama di Liga Champions CONCACAF musim 2016–17 melawan Sporting Kansas City. Hal itu membuat klubnya mampu lolos ke babak sistem gugur.

penampilan hebatnya di musim awal MLS langsung menarik minat klub-klub Eropa termasuk Manchester United, Chelsea, Liverpool dan Bayern Munchen. Ia juga sempat dinobatkan sebagai salah satu dari 60 talenta sepak bola muda terbaik di dunia pada 2017.

Baca Juga

2. Kini Jadi Andalan Bayern Munchen

Luapan kegembiraan tiga pemain Munchen, Robert Lewandowski (kiri), David Alaba (tengah), dan Alphonso Davies saat memastikan timnya menang atas Chelsea dalam pertandingan babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 di Stamford Bridge.

Akhirnya pada 25 Juli 2018, Vancouver mengumumkan bahwa mereka telah menyetujui transfer bernilai jutaan dolar dari Davies ke klub raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Munchen.

Davies memulai debutnya pada 12 Januari 2019 lalu saat Bayern Munchen bersua Borussia Monchengladbach di final kejuaraan Telekom Cup.

Kemudian di Bundesliga Jerman, dirinya memulai debut pada 27 Januari 2019 saat melawan VfB Stuttgart. Ia tampil sebagai pemain pengganti Kingsley Coman dalam kemenangan dengan skor 3-1.

Karena bakat hebarnya, akhirnya pada April 2020 lalu, Bayern Munchen dan Davies menyetujui perpanjangan kontrak hingga 2025 atau menambah dua tahun pada kontrak sebelumnya.

KroasiaPiala DuniaQatarBayern MunchenPiala Dunia 2022KanadaAlphonso DaviesProfil Piala Dunia 2022

Berita Terkini