x

Masih Pulihkan Fisik, 9 Pemain Absen di Latihan Perdana Timnas Indonesia Jelang Piala AFF 2022

Selasa, 29 November 2022 14:09 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
TC Timnas Indonesia Senior sebagai persiapan Piala AFF 2022 di Bali.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia mulai menjalani latihan di Training Center Bali United, Pantai Purnama, Bali sejak Senin (28/11/22). Skuad Garuda dipersiapkan untuk berlaga pada ajang Piala AFF 2022 yang dimulai 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang.

Pada latihan perdana kemarin, para pemain tampak bersemangat dan antusias dibawah komando pelatih Shin Tae-yong. Apalagi lapangan tempat berlatih tersebut kondisinya sangat bagus.

Namun, ada sembilan pemain yang absen seperti Elkan Baggott, Sandy Walsh, Jordi Amat, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Dimas Drajad, Marselino Ferdinan, Muhammad Ferarri, dan Dzaky Asraf.

Elkan, Jordi, Sandy, Egy, Dimas dan Witan masih membela klubnya masing-masing di kompetisi Eropa dan Malaysia. Sedangkan Marselino, Ferrari dan Dzaky masih diberikan jatah libur hingga 30 November usai jalani TC bersama Timnas U-19.

"Sebagai persiapan menghadapi Piala AFF 2022, kami melakukan pemusatan latihan di Bali. Lapangan bagus, kualitas rumput sangat baik kondisinya," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga

Pada latihan kemarin, Shin Tae-yong belum memberikan materi latihan berat. Dia fokus mengembalikan kondisi fisik pemain.

Pasalnya, sebagian besar dari pemain skuad Garuda tidak berkompetisi selama dua bulan terakhir karena Liga 1 2022 distop sementara. Itu akibat dari tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang. 

Baca Juga

"Latihan perdana ini memang belum diikuti semua pemain. Untuk materi latihan perdana hanya latihan ringan. Pada pekan ini kami fokus memulihkan fisik, lalu membenahi dan meningkatkan fisik pemain," jelas juru taktik 52 tahun itu. 

Pada ajang Piala AFF 2022, Timnas Indonesia tergabung di grup A bersama Kamboja, Brunei Darussalam dan juara bertahan Thailand. Laga perdana skuad Garuda akan melawan Kamboja tanggal 23 Desember mendatang.

Pada babak penyisihan grup Piala AFF 2022, Indonesia dua kali bertindak sebagai tuan rumah yakni melawan Kamboja pada 23 Desember dan menjamu Thailand pada 29 Desember 2022.

Baca Juga

1. Kiprah Timnas Indonesia di Piala AFF

TC Timnas Indonesia Senior sebagai persiapan Piala AFF 2022 di Bali.

Pada Piala AFF edisi sebelumnya, Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong hanya tempati peringkat kedua. Skuad Garuda gagal jadi juara setelah kalah agregat dari Thailand dengan skor 2-6.

Piala AFF tetap jadi event penting bagi Shin Tae-yong karena juru taktik asal Korea Selatan itu ingin berikan trofi pertama bagi masyarakat Indonesia. Dia bahkan memangkas jadwal TC Timnas U-20 di Eropa jadi lebih cepat supaya bisa memimpin persiapan tim senior. 

Indonesia sudah enam kali masuk final Piala AFF, tapi tak sekalipun jadi juara. Tim Merah Putih mentok jadi runner up pada 2000, 2002, 2004, 2010, 2016 dan 2020.

Baca Juga

Timnas Indonesia kemungkinan besar tidak bisa jalani uji coba saat masa persiapan sebelum tampil di Piala AFF 2022. Itu karena skuad Garuda kesulitan cari lawan tanding.

Baca Juga

Awalnya, Timnas diagendakan melawan klub Liga 1 saat pemusatan latihan di Bali yang dimulai 28 November nanti. Beberapa klub seperti Bali United, Persib Bandung dan Persija Jakarta dirasa cocok menjadi lawan bagi Timnas Indonesia. 

Namun, rencana tersebut tampaknya tidak bisa terwujud. Pasalnya, kemungkinan ada perubahan format kompetisi lanjutan Liga 1 2022 dalam sistem bubble (terpusat) di Jawa Tengah, sehingga menyulitkan penyesuaian jadwal.

Baca Juga
Timnas IndonesiaBola InternasionalSandy WalshElkan BaggottBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongJordi AmatPiala AFF 2022

Berita Terkini