x

Piala Dunia 2022: Teknologi Modern Adidas Turun Tangan Demi Ungkap Kepemilikan Gol Portugal

Rabu, 30 November 2022 05:40 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Yohanes Ishak
Adidas beberapa waktu lalu mengungkapkan kepemilikan gol yang menjadi kontroversi di pertandingan antara Portugal vs Uruguay di Piala Dunia 2022. REUTERS-Molly Darlington

INDOSPORT.COM – Adidas beberapa waktu lalu mengungkapkan kepemilikan gol yang menjadi kontroversi di pertandingan antara Portugal vs Uruguay di Piala Dunia 2022.

Seperti yang diketahui, bahwa pada pertandingan penyisihan Grup H Piala Dunia 2022, Portugal sukses menekuk Uruguay dengan skor 2-0, Selasa (29/11/22).

Dengan hasil tersebut, Portugal berhak untuk mendapatkan tiket di babak 16 besar menyusul Brasil dan Prancis.

Portugal juga berhasil melewati babak penyisihan sebagai juara grup, setelah memenangkan dua laga pertama di Piala Dunia 2022.

Hanya saja, dari hasil tersebut kemenangan Portugal atas Uruguay harus diwarnai dengan kejadian kontroversi yang cukup menarik.

Baca Juga

Gol pembuka dalam kemenangan Portugal diklaim sebagai milik Bruno Fernandes. Tetapi, sebelum bola masuk ke gawang Uruguay, Cristiano Ronaldo bersikeras jika ia sempat menyentuh bola tersebut.

Kejadian tersebut memang jarang terjadi, karena jarak antara bola dengan kepala Ronaldo yang cukup dekat membuat keputusan akhir sulit ditentukan.

Baca Juga

Tapi, wasit memutuskan jika pencetak gol itu adalah Bruno Fernandes, meskipun Ronaldo sempat merayakan gol tersebut.

Ronaldo yang tidak terima dengan keputusan tersebut, dikabarkan telah mengirim pesan kepada Piers Morgan.

Pasalnya, jika gol itu menjadi miliknya, Ronaldo akan menyamai rekor sembilan gol legenda Portugal, Eusebio di Piala Dunia.

Baca Juga

1. Apes, Adidas Buktikan Gol Itu Bukan untuk Ronaldo

Selebrasi dari Cristiano Ronaldo usai Timnas Portugal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Dylan Martinez).

Melansir Talk Sport, Adidas telah merilis sebuah pernyataan yang mengungkapkan bahwa Ronaldo tidak menyentuh bola tersebut.

Pernyataan itu dikeluarkan Adidas setelah mereka melakukan pengecekan melalui teknologi yang terdapat dalam bola itu.

Disebutkan jika Bola Al Rihla berisikan sensor yang memungkinkan untuk mendeteksi sentuhan tidak jelas dan meningkatkan kualitas keputusan VAR.

Untuk membuktikan bahwa kepemilikan gol itu milik Bruno Fernandes, Adidas membagikan grafis yang didapatkan dari bola tersebut.

Diketahui, bahwa tidak ada pergerakan pada grafis ketika bola ditendang Bruno Fernandes melewati kepala Ronaldo dan menjadi gol.

Baca Juga

“Pada pertandingan antara Portugal dan Uruguay, kami menggunakan teknologi Connected Ball Technology yang tertanam di bagian dalam bola Adidas Al Rihla,” bunyi pernyataan Adidas.

“Kami dapat menunjukkan bahwa gol pembuka yang terjadi tidak mendapatkan kontak dari Cristiano Ronaldo,” sambung mereka.

Baca Juga

“Kami menggunakan sensor IMU 500Hz, sehingga membantu kami untuk menganalisis secara akurat,” pungkasnya.

Sementara itu, Portugal akan menghadapi Korea Selatan di pertandingan puncak penyisihan Grup H Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Sumber: Talk Sport

Cristiano RonaldoPortugalPiala DuniaPiala Dunia 2022Bruno Fernandes

Berita Terkini