x

Prestasi Terbaik Inggris di Fase Gugur Piala Dunia, Bisa Juara Tahun Ini?

Rabu, 30 November 2022 14:34 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi pemain Timnas Inggris setelah Phil Foden (paling kanan) mencetak gol ke gawang Wales dalam laga akhir Grup B Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Paul Childs).

INDOSPORT.COM - Timnas Inggris berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Bagaimana kiprah mereka selama di babak gugur?

Timnas Inggris memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 usai membungkam Wales di pertandingan terakhir babak penyisihan Grup B, Rabu (30/11/22) dinihari WIB.

Bermain di Stadion Ahmed bin Ali, Qatar, Inggris menang dengan skor telak 3-0. Masing-masing gol dicetak oleh Marcus Rashford (2 gol) dan Phil Foden.

Kekalahan Wales sudah terlihat sejak pertandingan dimulai. Mereka tampil tanpa menekan, mengingat nasibnya sudah dipastikan gugur.

Inggris yang sudah mengetahui Wales putus asa, menunjukan dominasinya sepanjang babak pertama dimulai.

Baca Juga

Kendati berhadapan dengan tim yang sudah dipastikan tidak lolos, Inggris justru kesulitan mencuri gol.

Babak pertama berakhir imbang 0-0. Namun baru babak kedua, The Three Lions memecah kebuntuan.

Baca Juga

Menit ke-50 Inggris unggul melalui gol Marcus Rashford berkat gol tendangan bebasnya. Satu menit berselang giliran Phil Foden yang membuat gol.

Prosesnya berawal dari high press Inggris yang berhasil, lalu Kane mengirim umpan silang mendatar ke tiang jauh yang disambut Foden.

Kemudian penyerang Manchester United memperlebar keunggulan jadi 3-0 di menit ke-68. Ia memanfaatkan umpan matang Kalvin Philips di kotak penalti.

Baca Juga

Skor 3-0 bertahan hingga laga usai. Hasil ini membuat Inggris memuncaki klasemen Grup B dengan 7 poin, sedangkan Wales terbenam di dasar dengan 1 poin dari 3 laga.

Tim besutan Gareth Southgate melaju ke fase gugur dengan status juara grup. Mereka akan berhadapan dengan Senegal di 16 besar, Senin (05/12/22).  Lantas bagaimana kiprah Inggris di fase gugur Piala Dunia?


1. Kiprah Inggris di Fase Gugur Piala Dunia

Laju striker Timnas Wales, Gareth Bale (tengah) ditahan oleh bek tengah Timnas Inggris, Harry Maguire (kanan) dalam pertandingan Grup B Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay).

Timnas Inggris sendiri bisa dibilang susah-susah gampang untuk bisa lolos dari fase grup bahkan hingga menjadi juara.

Padahal kehadiran Inggris selalu disebut-sebut sebagai favorit juara di setiap edisi, mengingat materi pemain mereka yang selalu bertabur bintang.

Catatan sejarah menunjukan Inggris hanya sekali menapaki final Piala Dunia. Momen itu terjadi pada Piala Dunia 1966 ketika mereka menjadi tuan rumah dan akhirnya meraih gelar juara.

Prestasi itu hingga kini sulit terulang. Selain 1966, Three Lions juga hanya dua kali mencapai babak semifinal Piala Dunia yakni tahun 1990 dan 2018.

Jadi sejak terakhir juara dunia, kiprah Inggris di fase grup Piala Dunia prestasi terbaiknya adalah hanya mampu hingga semifinal.

Pada Piala Dunia 1990, Inggris gagal ke final setelah dijegal oleh Jerman lewat adu penalti 4-3, setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal dan perpanjangan waktu.

Sedangkan untuk edisi Piala Dunia 2018 kemarin, Inggris yang tampil apik sejak babak penyisihan grup harus dihentikan langkahnya oleh Kroasia.

The Three Lions kalah dengan skor 2-1. Perebutan posisi ketiga juga mereka kalah dari Belgia 2-0. Inggris berpotensi tampil apik lagi di fase gugur Piala Dunia 2022 ini.


2. Pertemuan Pertama Inggris vs Senegal

Bek tengah Timnas Senegal, Kalidou Koulibaly mencetak gol kemenangan saat melawan Ekuador dalam laga terakhir Grup A Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Dylan Martinez).

Langkah Inggris untuk meraih gelar juara dunia tahun ini, di awali oleh adangan Senegal di 16 besar Piala Dunia 2022.

Inggris belum pernah menghadapi Senegal di Piala Dunia ataupun di laga persahabatan.

Dilansir The Sporting News, pertemuan pertama Inggris dengan tim Afrika di Piala Dunia terjadi pada tahun 1986, saat mereka ditahan imbang 0-0 di fase grup oleh Maroko.

Piala Dunia 1990 Italia menyajikan dua duel Inggris dengan negara Afrika.

The Three Lions mengalahkan Belgia 1-0 di fase grup, kemudian di perempat final dua gol Gary Lineker membuat mereka menyingkirkan Kamerun dengan skor 2-3 di 8 besar, dan melaju ke semifinal.

Baca Juga

Sejak saat itu, rekor tak terkalahkan Inggris melawan tim-tim Afrika di ajang kompetitif terus berlanjut.

Inggris mengalahkan Tunisia 2-0 pada Piala Dunia 1998, imbang 0-0 melawan Nigeria (2002) dan Aljazair (2010).

Baca Juga

Jika mampu mempertahan rekor tersebut, bukan tidak mungkin Inggris akan tampil lebih baik saat menghadapi Senegal nanti.

Padahal Inggris di awal turnamen sempat diragukan akan berbicara banyak, mengingat komposisi pemain yang dibawa Gareth Southgate dinilai meragukan.

Salah satunya keputusan membawa Harry Maguire ketimbang Fikayo Tomori. Seperti kita ketahui, kedua pemain itu memiliki kualitas yang berbeda.

Baca Juga

Maguire sedang menurun di Manchester United, sedangkan Tomori sedang menanjak bersama AC Milan.

Akan tetapi seiring berjalannya turnamen, Inggris membungkam kritikan dengan kelolosan mereka ke 16 besar Piala Dunia 2022.

InggrisPiala DuniaWalesPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini