x

Profil Andre Onana yang Dicoret Kamerun dari Piala Dunia 2022, Adik Eks Persikad Depok

Rabu, 30 November 2022 20:30 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Andre Onana saat laga Liga Champions antara Inter Milan vs Barcelona

INDOSPORT.COM - Kiper Inter Milan, Andre Onana baru saja membuat gempar, dengan dirinya dicoret dari skuat Kamerun di tengah Piala Dunia 2022. Mari mengulas profil Andre Onana.

Kiper yang direkrut pada musim panas 2022 oleh Inter Milan itu tiba-tiba menghilang dari daftar susunan pemain di pertandingan Kamerun vs Serbia.

Baca Juga

Padahal pada pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 melawan Swiss pekan lalu, Onana tampil dengan begitu mengesankan meskipun pada akhirnya juga berakhir kalah.

Hanya saja, kabar ini tentu telah menjadi berita yang mengejutkan karena hilangnya Onana hanya beberapa waktu sebelum pertandingan kontra Serbia dimulai. 

Usut punya usut, Kamerun memutuskan untuk mencoret Andre Onana dari skuad Piala Dunia dan menggantikannya dengan Devis Epassy. 

Baca Juga

Bahkan, juga turut beredar kabar bahwa Onana tidak akan ikut ambil bagian di pertandingan lain bersama Kamerun di Piala Dunia 2022.

Terkait pencoretan dirinya, Onana pun sudah memberikan reaksi dan secara tidak langsung menyerang balik pelatih Kamerun, Rigobert Song. 

“Kemarin saya tidak diizinkan berada di lapangan untuk membantu Kamerun, seperti yang selalu saya lakukan, untuk mencapai tujuan tim.” 

Baca Juga

“Saya selalu berperilaku dengan cara memimpin tim menuju kesuksesan dengan cara yang baik,” terang Andre Onana dikutip dari The Independent.

Sebenarnya siapa Andre Onana dan bagaimana perjalanan karirnya sampai detik ini? Berikut INDOSPORT ulas profil adik dari eks Persikad Depok ini. 


1. Onana Memulai Karir di Akademi Eto’o

Samir Handanovic dan Andre Onana.

Siapa yang tidak kenal Samuel Eto’o, salah satu striker paling ganas yang dimiliki sepak bola Kamerun beberapa tahun lalu. 

Tidak hanya ganas di lapangan, Eto’o juga membangun sepak bola negaranya secara nyata dengan mendirikan Samuel Eto’o Academy di Kamerun. 

Baca Juga

Andre Onana kecil memulai karir sepak bolanya di akademi tersebut pada 2006 silam, ketika masih berusia 10 tahun. Hingga akhirnya, dia direkrut oleh Barcelona pada 2010. 

Masuk Akademi La Masia milik Barcelona

Pada 2010, Barcelona merekrutnya melalui akademi La Masia, yang membuat Onana didaftarkan menjadi salah satu pemain binaan. 

Sejak 2010 di La Masia hingga 2013, Onana terus menunjukkan perkembangan yang membuatnya promosi ke level usia U-16, U-18, U-19 setiap tahunnya. 

Baca Juga

Hector Bellerin, Marc Bartra, Alex Grimaldo, Sergi Roberto, Gerard Deulofeu hingga Thiago Alcantara, merupakan teman-teman seangkatan Onana di Barca junior kala itu. 

Satu per satu, produk akademi angkatan Onana mulai mencicipi level senior. Namun berbeda dengan sang kiper, dia tidak pernah berhasil menembus skuat senior Blaugrana. 

Direkrut Ajax Amsterdam pada 2015

Ya, Onana tidak pernah debut senior di Barcelona, karena Ajax Amsterdam sudah kepincut dengannya sejak di level junior. 

Baca Juga

Pada 2015 ketika masih berstatus sebagai kiper utama Barca U-19, dia pun menerima tawaran Ajax untuk bergabung di musim dingin. 

Tujuh tahun berseragam Ajax, dia berhasil menorehkan kesuksesan dengan mencatat sebanyak 214 pertandingan di semua kompetisi disertai tiga trofi Liga Belanda dan dua kali juara Piala Belanda. 


2. Andre Onana, Adik dari Eks Persikad Depok

Mantan pemain Persis Solo asal Kamerun Nnana Onana.

Andre Onana ternyata adik dari pemain yang pernah merumput di Persikad Depok. Kakak Andre Onana bernama Nnana Onana yang tercatat pernah memperkuat Persikad Depok pada 2000-an silam.

Nnana Onana pernah bergabung dengan klub-klub kasta kedua di Indonesia pada era 2000an, termasuk Persikad Depok yang menjadi awal kariernya di Tanah Air. 

Selain Persikad Depok, Nnana Onana juga pernah membela klub seperti PSPS Pekanbaru hingga Persis Solo pada 2014, di mana penghasilan dan semangat juangnya juga didedikasikan untuk sang adik, Andre Onana.

Baca Juga

Pernah Kena Kasus Doping

Kasus doping tersebut bermula ketika Onana terkena sanksi skorsing selama 12 bulan pada awal 2021 karena dianggap menyalahgunakan substansi yang pemakaiannya telah dilarang oleh UEFA.

Seperti diketahui, sang pemain tidak sengaja meminum obat yang sebelumnya diresepkan untuk istrinya ketika dia merasa tidak enak badan.

Kasus ini tentu sangat disayangkan, pasalnya, Onana tengah jadi kiper incaran klub-klub top Eropa, seperti Arsenal, Manchester United, PSG hingga Barcelona.

KamerunInter MilanPiala Dunia 2022Persikad 1999Andre Onana

Berita Terkini