x

Termasuk Rumakiek dan Beckham, Dokter Tim Persib Beberkan Kondisi Terkini Pemainnya

Rabu, 30 November 2022 15:25 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Dokter tim Persib Bandung, Raffi Ghani, membeberkan kondisi terkini kebugaran pemain setelah menjalankan program latihan bersama sejak akhir Oktober 2022.

INDOSPORT.COM - Dokter tim Persib Bandung di Liga 1, Raffi Ghani, membeberkan kondisi terkini kebugaran pemain setelah menjalankan program latihan bersama sejak akhir Oktober 2022.

Raffi mengatakan sejauh ini kondisi pemain Persib secara keseluruhan dalam keadaan bugar. Meski demikian, ada beberapa pemain yang masih menjalankan program pemulihan.

"Pemain sampai saat ini memang rata-rata baik, memang ada beberapa orang yang tidak mengikuti kegiatan latihan yang 3 orang baru pulang dari Timnas, Ferdiansyah, Kakang, dan Robi Darwis," kata Raffi Ghani, Selasa (29/01/22).

"Kemudian tiga orang lagi dipanggil TC di Timnas senior, Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto," ujar Raffi menambahkan.

Lebih lanjut, Raffi mengatakan saat ini pemain yang sedang menjalankan program pemulihan, yakni David Rumakiek dan Teja Paku Alam. 

Baca Juga

Sebagai informasi, David Rumakiek sebelumnya mengalami cedera di bagian lutut saat mengikuti program latihan bersama tim dan harus menjalani operasi. 

Proses operasi sudah dilakukan oleh David Rumakiek di salah satu rumah sakit di Jakarta, Jumat (28/10/22). Sehingga, saat ini pemain berusia 23 tahun tersebut masih menjalani program pemulihan.

Baca Juga

Sedangkan Teja Paku Alam, kondisi kebugaran kurang fit, sehingga penjaga gawang Persib tersebut tidak dibawa ke Bogor saat skuad Maung Bandung melakoni pertandingan uji coba menghadapi Persikabo, Minggu (27/11/22).

"Sedangkan dua orang lagi sedang ada proses pemulihan, David Kevin Rumakiek, dan satu orang penjaga gawang kita sedang sakit pas kita mau berangkat ke Bogor kemarin mau bertanding, dan saat ini tidak bisa mengikuti latihan, Teja Paku Alam," ungkap Raffi.

Pada pertandingan uji coba menghadapi Persikabo di Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (27/11/22), Abdul Aziz dan Beckham Putra Nugraha ditarik keluar oleh pelatih Persib, Luis Milla.

Baca Juga

1. Kondisi Beckham dan Abdul Aziz

Uji coba Persikabo 1973 vs Persib Bandung di Stadion Pakansari, Minggu (27/11/22). (Foto: MO Persikabo)

Menurut Raffi Ghani, pada pertandingan yang dimenangkan oleh Persib dengan skor 3-1 tersebut, Abdul Aziz mengalami benturan dan sempat merasakan dengungan di telinganya. Namun, saat ini kondisinya sudah membaik.

"Memang ada benturan beberapa kali di bagian kepala, kalau Aziz di tarik keluar karena ada rasa berdengung di bagian telinga, mungkin ada perbedaan tekanan, setelah ditarik saya observasi dalam beberapa menit mulai membaik," ujarnya.

Mengenai kondisi Beckham, Raffi memastikan adik kandung Gian Zola tersebut tidak mengalami cedera, walaupun ditarik keluar pada pertandingan menghadapi Persikabo.

"Beckham juga sama kalau untuk Beckham ditarik memang dilakukan pergantian sama pelatih, memang seolah seperti cedera tapi tidak apa apa," ujarnya.

Sementara itu, pelatih Persib Bandung, Luis Milla, ingin anak asuhnya bermain stabil selama 90 menit, terutama pada pertandingan kompetisi Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

Sehingga, pada masa persiapan untuk menghadapi lanjutan kompetisi Liga 1 2022-2023, Luis Milla memberikan kesempatan bermain kepada anak asuhnya baik dalam game internal maupun uji coba.

Sejauh ini, Persib sudah menggelar game internal sebanyak dua kali, yakni Sabtu (04/11/22) dan Jumat (18/11/22) di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung.

Baca Juga

Selain itu, skuad Maung Bandung juga menggelar latihan bersama atau uji coba dengan tim peserta kompetisi Liga 2, FC Bekasi City di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (12/11/22).

Kemudian uji coba dengan tim Liga 1 2022-2023, Persikabo di Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (27/11/22). "Saya rasa tim ini masih harus bisa melanjutkan cara bermain yang bagus. Hal bagus yang sudah diperlihatkan harus mereka lanjutkan dan bukan hanya perlu bagus 30 atau 45 menit," kata Luis Milla.

"Mereka harus bermain dengan bagus dan stabil selama 90 menit. Mereka harus bisa melanjutkan itu," ujar pelatih Persib Bandung di Liga 1, Luis Milla.

Baca Juga
Persib BandungLuis MillaLiga IndonesiaLiga 1David Kevin RumakiekBerita Liga 1Rafi Ghani

Berita Terkini