x

Bali United Segera Pindah ke Training Ground, Pembangunan Tribun Berjalan Sesuai Target

Jumat, 2 Desember 2022 11:10 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Bali United segera pindah latihan ke training ground di sekitaran Pantai Purnama Gianyar setelah pembangunan lapangan utama dan tribun berjalan lancar.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, Bali United, segera pindah latihan ke training ground yang berlokasi di sekitaran Pantai Purnama Gianyar. Pembangunan lapangan utama, termasuk tribun penonton, sudah sesuai target.

Training ground Bali United sudah tersedia tiga lapangan, yang terdiri atas satu lapangan utama dan dua lapangan pendamping.

Saat ini, dua lapangan pendamping sudah dipergunakan. Selain Bali United Youth, Timnas Indonesia juga berlatih di dua lapangan tersebut sejak Senin (28/11/22) lalu.

Timnas Indonesia cukup puas dengan kondisi training ground Bali United, meski sejatinya pembangunan masih terus berjalan. Tak sekadar rumputnya bagus, pemandangannya juga membuat betah.

Tak lama lagi, tim senior Bali United juga akan menyusul. Namun, mereka tak menggunakan dua lapangan tersebut. Bali United akan berlatih di lapangan utama.

Baca Juga

Lapangan utama ini masih belum digunakan meski sejatinya sudah tampak bagus. Lapangan belum digunakan karena masih dibangun tribun penonton, yang nanti di bawahnya ada fasilitas ruang ganti.

Project Manager Training Ground Bali United, Sugihya Artha Dwipayani, menuturkan proses pengerjaan berjalan sesuai target. Pembangunan struktur inti tribun sudah mencapai 75 persen.

Baca Juga

Lalu, pembangunan ruangan serbaguna dan gym dalam proses pemasangan tiang pancang. Proses pemasangan ini sudah mencapai 70 persen.

Lapangan utama terus dirawat meski belum dipergunakan untuk latihan. Perawatan dilakukan agar kondisi lapangan maksimal ketika fasilitas pendukung sudah jadi.

"Saat ini kita sedang dalam proses penyulaman rumput. Rumput yang kering akan diganti dengan rumput yang produktif untuk menjaga kualitas lapangan, baru setelah itu akan dipasang gawang," ujar Dwipayani, Kamis (01/12/22).

Proses yang berjalan sampai pekan ini cukup memuaskan. Tak ada kendala berarti yang mengganggu proses pembangunan fasilitas pendukung training ground.

Baca Juga

1. Pujian Shin Tae-yong

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong dalam uji coba antara Timnas Indonesia U-20 vs Prancis U-20. (Foto: PSSI)

Ana, sapaan akrabnya, masih yakin bahwa Fadil Sausu dkk. bisa berlatih di lapangan utama pada Maret 2023. Tim senior baru akan latihan di lapangan ini ketika fasilitas pendukung sudah terbangun.

Sementara ini, Bali United masih menggunakan Lapangan Trisakti, Legian, Kuta, sebagai tempat berlatih. Lapangan ini juga bagus karena sudah direnovasi Kementerian PUPR untuk Piala Dunia U-20 2023.

"Pembangunan berjalan dengan baik tanpa kendala. Target kita Maret 2023 selesai agar bisa segera digunakan tim senior Bali United," jelas Ana.

Training ground ini akan menjadi lokasi latihan terbesar yang dimiliki klub Liga 1. Sejauh ini, belum ada klub profesional yang membangun training ground dalam bentuk megaproyek.

Mayoritas klub masih sekadar membangun satu lapangan khusus, itu pun belum semuanya. Banyak klub masih menyewa lapangan milik pemerintah daerah atau swasta untuk berlatih.

Baca Juga

Langkah yang dilakukan Bali United sudah mendapat pengakuan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Ia tak keberatan ketika Timnas harus pergi lumayan jauh dari penginapan di Ubud, untuk berlatih di training ground Bali United.

"Memang jarak dari hotel (Sthala, Ubud) ke lapangan lumayan jauh, tapi dari apa yang kita lihat, kondisi lapangan sangat baik," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga

Hal sama turut diungkapkan gelandang Timnas, Marc Klok. Ia menilai training ground Bali United sudah menawan dan bisa jadi proyek percontohan klub di Indonesia.

"Sangat bagus, kualitasnya sangat baik. Rumputnya juga baik, meski fasilitas lain belum ada, tapi ini masih dalam tahap pembangunan. Saya pikir ini menjadi contoh yang bagus bagi klub-klub di Indonesia," puji Klok untuk lapangan latihan klub Liga 1, Bali United.

Baca Juga
Timnas IndonesiaBali UnitedLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Shin Tae-yong

Berita Terkini