x

Deretan Rekor Usai Jerman Gagal Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022: Terburuk Sejak 68 Tahun Silam

Jumat, 2 Desember 2022 07:30 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Timnas Jerman gagal melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, meski pada pertandingan terakhir penyisihan Grup E mampu kalahkan Kosta Rika dengan skor 2-4.

INDOSPORT.COM Timnas Jerman secara mengejutkan gagal melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, meski pada pertandingan terakhir penyisihan Grup E mampu kalahkan Kosta Rika dengan skor telak 2-4.

Bertanding di Al Bayt Stadium pada Jumat (02/22/12) dini hari WIB, Jerman memulai laga dengan baik bahkan mampu cetak gol lebih dulu melalui sontekan Serge Gnabry pada menit ke-10’.

Akan tetapi, pada babak kedua Kosta Rika mampu mengimbangi permainan Jerman dan menyamakan kedudukan lewat aksi Yeltsin Tejeda menit ke-58’.

Bahkan, Los Ticos sempat membuat pendukung Timnas Jerman terdiam setelah Juan Pablo Vargas cetak gol kedua buat Kosta Rika pada menit 70’ dan membuat mereka memimpin 2-1.

Namun selang beberapa menit, Kai Havertz menghindarkan Jerman dari kekalahan dengan mencetak gol penyama kedudukan.

Baca Juga

Jelang akhir pertandingan, Jerman tampil menggila dengan cetak dua gol tambahan lewat aksi Havertz menit 85’ serta gol Niclas Füllkrug empat menit kemudian. Skor 2-4 bertahan hingga laga berakhir.

Meski berhasil menang, namun Jerman gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 lantaran mereka kalah selisih gol dari Spanyol yang berada di tempat kedua dengan poin sama-sama empat.

Baca Juga

Spanyol sendiri di pertandingan terakhir penyisihan Grup E, alami kekalahan mengejutkan dari wakil Asia, Jepang dengan skor 2-1.

Akan tetapi, Tim Matador tetap layak menemani Jepang untuk lolos ke 16 besar lantaran mempunyai keunggulan produktivitas gol.

Bagi Jerman, ini merupakan kali pertama mereka dalam dua edisi Piala Dunia beruntun gagal melewati fase grup.

Sebelumnya pada gelaran Piala Dunia 2018, Timnas Jerman juga tersingkir di fase grup setelah hanya jadi juru kunci Grup F dengan raihan tiga angka.

Selain rekor back to back tersingkir dari fase grup Piala Dunia, berikut deretan catatan yang dibuat Jerman pascalaga menghadapi Kosta Rika semalam:

Baca Juga

1. Kiper dengan Penampilan Terbanyak di Piala Dunia

Kiper Timnas Jerman, Manuel Neuer coba menahan serangan Kosta Rika di Piala Dunia 2022 REUTERS-Kai Pfaffenbach

Meski gagal membawa negaranya lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, tetapi prestasi individual berhasil ditorehkan sang kapten Timnas Jerman, Manuel Neuer.

Tambahan satu caps menghadapi Kosta Rika semalam, membuat kiper Bayern Munchen ini sudah tampil sebanyak 19 pertandingan di pentas Piala Dunia.

Menurut catatan Opta, jumlah caps tersebut membuat Manuel Neuer jadi kiper dengan jumlah penampilan terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia.

Kai Havertz Sang Penyelamat

Tak hanya Manuel Neuer, prestasi individu lain juga ditorehkan Kai Havertz yang berhasil menyelamatkan Jerman dari kekalahan dari Kosta Rika di pertandingan semalam.

Masuk sebagai pemain pengganti, bintang Chelsea tersebut cetak dua gol yang membuat Jerman menyamakan kedudukan hingga berbalik unggul atas Kosta Rika.

Baca Juga

Masih dari laman Opta, disebutkan bahwa Kai Havertz jadi pemain Jerman kedua yang mampu mencetak dua gol sebagai pemain pengganti di ajang Piala Dunia.

Pemain pertama yang mampu melakukannya adalah Andre Schürrle pada Piala Dunia 2014 saat menghadapi Brasil.

Baca Juga

Bedanya dengan Kai Havertz, brace yang dibuat Andre Schürrle mampu membawa Timnas Jerman melaju mulus ke partai final bahkan keluar sebagai juara di akhir kompetisi.


2. Rekor Terburuk Sejak 68 Tahun Silam

Skuat Jerman di grup E Piala Dunia Qatar 2022 sebelum pertandingan. (Foto: REUTERS/John Sibley)

Rekor terakhir yang dibuat Jerman pascalaga melawan Kosta Rika semalam adalah, untuk kali pertama dalam sejarah Die Mannschaft mereka gagal lolos ke 16 besar Piala Dunia secara beruntun.

Dari catatan Opta, diketahui bahwa Jerman selalu lolos ke 16 besar Piala Dunia sejak sistem grup diberlakukan pada edisi Piala Dunia tahun 1954 silam.

Baca Juga

Sejak 1954, Jerman selalu berhasil lolos dari fase grup hingga gelaran Piala Dunia 2014 atau dalam 16 edisi terakhir.

Sebelum tersingkir di Piala Dunia 2022, Jerman juga gagal lolos dari fase grup pada Piala Dunia 2018. Berstatus sebagai juara bertahan, Jerman malah akhiri babak penyisihan dengan finis di urutan terakhir.

Kosta RikaJermanPiala DuniaPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini