x

Jepang Depak Jerman dari Piala Dunia 2022, FIFA Bawa-bawa Shin Tae-yong

Jumat, 2 Desember 2022 12:45 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
Selebrasi para pemain Timnas Jepang usai memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Susana Vera).

INDOSPORT.COM – FIFA menyebut nama Shin Tae-yong usai Jepang berhasil mendepak Jerman melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Diketahui, Jepang wakil Asia kedua yang lolos ke Piala Dunia 2022 menyusul Australia. Mereka mengalahkan Spanyol di matchday pamungkas Grup E sekaligus menyingkirkan Jerman, Jumat (2/12/22) dini hari WIB.

Menariknya, hasil positif yang diraih Jepang ketika berhasil mendepak Jerman di fase grup mengingatkan sebagian publik dengan kemenangan Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Tak terkecuali FIFA, melalui akun Instagram resmi Piala Dunia 2022. Terlihat unggahan momen kegembiraan Shin Tae-yong yang berhasil mengalahkan Jerman di fase grup.

“Ada yang masih ingat empat tahun lalu ketika Korea Selatan mengalahkan Jerman dengan skor 2-0? Ketika itu tim asuhan Coach Shin Tae-yong memupus harapan Jerman untuk lolos ke babak selanjutnya,” tulis FIFA.

Baca Juga

“Malam ini Son Heung-min cs. akan berhadapan dengan Portugal, apakah mereka bisa kembali menang di partai melawan tim yang cukup kuat?” sambung FIFA.

Ya, malam ini Korea Selatan akan menghadapi Portugal dalam laga pamungkas fase grup Piala Dunia 2022. Laga kali ini akan menjadi ujian berat bagi Taegeuk Warriors.

Baca Juga

Sebelumnya, Korea Selatan kurang menuai hasil yang positif di fase grup Piala Dunia 2022. Laga perdana, Son Heung-min cs bermain imbang kontra Urugay.

Sementara itu, pada pertandingan kedua, Korea Selatan harus takluk dari Ghana dengan skor tipis 2-3. Laga ini turut menjadi momen pilu karena pelatih Paulo Bento harus diganjar kartu merah usai protes keras kepada wasit.

Dengan ini, Paulo Bento harus angkat kaki dari bench pemain ketika pasukannya melawan Cristiano Ronaldo cs. Tambah susah lagi, karena kemenangan wajib diraih Korea Selatan untuk bisa lolos babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Baca Juga

1. Kisah Sukses Korea Selatan bareng Shin Tae-yong

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong dalam uji coba antara Timnas Indonesia U-20 vs Prancis U-20. (Foto: PSSI)

Nama Shin Tae-yong tentu tidak asing bagi pecinta sepak bola Korea Selatan. Pelatih yang kini melatih timnas Indonesia itu sukses membawa Korea Selatan harum di Piala Dunia 2018.

Berstatus kuda hitam Grup F yang dihuni Jerman, Swedia dan Meksiko. Tentu, Korea Selatan tak diunggulkan sama sekali bahkan diprediksi menjadi bulan-bulanan tim yang tergabung di grup tersebut.

Namun, secara mengejutkan Shin Tae-yong mampu membawa Korea Selatan meraih kemenangan satu-satunya di grup tersebut melawan Jerman dengan skor 2-0.

Padahal, Jerman merupakan tim yang diunggulkan dan berstatus sebagai juara bertahan Piala Dunia. Son Heung-min dan Kim Young-gwon menjadi pahlawan kemenangan Korea Selatan.

Dengan hasil ini, Korea Selatan berhasil mendepak Jerman dari fase grup. Bahkan Der Panzer harus rela berada di posisi juru kunci klasemen.

Baca Juga

Tentu hal ini disebabkan oleh tangan dingin Shin Tae-yong yang berhasil merubah keadaan dan berhasil menjegal langkah Jerman lolos ke babak 16 besar.

Kini, kemenangan Korea Selatan pada 2018 lalu, diikuti oleh rekan satu kawasannya Jepang. Namun, Samurai Biru berhasil tampil lebih baik dengan lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Baca Juga

Kesamaan kedua tim ini adalah menjegal langkah Jerman melaju ke babak 16 besar. Korea Selatan dan Jepang sama-sama pernah mengalahkan Der Panzer dalam dua edisi Piala Dunia berbeda.

Sementara Jerman memperpanjang rekor apesnya di dua edisi Piala Dunia. Digadang-gadang dapat melaju bersama Spanyol di babak 16 besar, Der Panzer harus ikhlas finis di posisi ketiga.

Pada klasemen Grup E, Jepang berhasil mendulang kesuksesan dengan finis di posisi puncak dengan raihan enam poin diikuti Spanyol, Jerman, dan Kosta Rika.

Baca Juga

Sumber: Instagram FIFA

SpanyolJepangJermanPiala DuniaKorea SelatanPiala Dunia 2022Shin Tae-yongUpdate Piala Dunia 2022

Berita Terkini