x

Deretan Fakta Jelang 16 Besar Piala Dunia 2022 Argentina vs Australia: Messi Dibayangi Catatan Buruk

Sabtu, 3 Desember 2022 16:26 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selebrasi Lionel Messi dari usai menjebol gawang Meksiko di grup C Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Pedro)

INDOSPORT.COM – Berikut deretan fakta yang ada jelang babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Australia, Minggu (04/12/22) di Stadion Ahmad bin Ali.

Babak 16 besar Piala Dunia 2022 akan langsung digelar, seiring berakhirnya pertandingan-pertandingan di grup G dan grup H.

Di babak gugur ini, empat tim akan membuka perjalanan untuk memperebutkan tiket ke perempat final, yakni Belanda vs Amerika Serikat dan Argentina vs Australia.

Dari dua pertandingan panas itu, laga Argentina vs Australia menjadi salah satu laga yang paling menjadi sorotan. Hal ini karena banyak orang yang menantikan kiprah La Albiceleste.

Argentina menatap babak gugur ini dengan status sebagai tim kandidat juara, berbeda dengan Australia yang hanya berstatus salah satu tim lemah.

Baca Juga

Apalagi jika menilik perjalanan kedua tim hingga titik ini, di mana Argentina berhasil menjadi juara grup C dengan berbekal dua kemenangan dan raihan enam poin.

Sedangkan Australia harus bersusah payah hingga laga terakhir fase grup untuk menjadi Runner Up grup D, walau juga merengkuh enam poin.

Baca Juga

Perbedaan materi pemain juga menjadi pembeda di laga ini. Argentina dihuni oleh banyak pemain top yang beredar di level teratas.

Sedangkan Australia hanya mengandalkan beberapa pemain topnya saja dan mayoritas pemain yang bermain di liga lokal.

Terlepas dari kesiapan kedua tim jelang duel babak 16 besar Piala Dunia 2022, tak ada salahnya untuk menilik sederet fakta yang menghiasi laga Argentina vs Australia. Berikut ulasan INDOSPORT.

Baca Juga

1. Fakta Argentina vs Australia

Selebrasi pemain Australia,Matthew Leckie usai menkebol gawang Denmark dalam laga penentu Grup D Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/John Sibley).

1. Head to Head

Sebelum laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 ini, Argentina dan Australia hanya sekali bertemu di ajang kompetitif FIFA, yakni pada Playoff Kualifikasi Piala Dunia 1994.

Selain itu, kedua tim hanya bertemu di ajang-ajang uji coba dan ajang non kompetitif seperti turnamen bentukan suatu institusi.

Tercatat, Argentina dan Australia telah bertemu sebanyak tujuh kali dengan lima kemenangan untuk La Albiceleste, sekali hasil imbang, dan satu kemenangan untuk Socceroos.

Baca Juga

2. Catatan Buruk Messi

Jelang babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Australia, catatan buruk menghantui kapten dan mega bintang La Albiceleste, yakni Lionel Messi.

Diyakini akan menjadi pembeda di laga ini bagi Argentina, Messi justru punya catatan buruk yakni kala berlaga di babak gugur Piala Dunia.

Sejak pertama kali tampil di Piala Dunia yakni pada 2006 hingga saat ini, Messi belum pernah mencetak satu gol pun di babak gugur. Total delapan gol yang dicetaknya di ajang ini semua dibuat di babak grup.

Baca Juga

3. Rekor Mentereng Argentina di Babak Gugur

Meski sang mega bintang dibayangi rekor buruk di babak gugur Piala Dunia, Argentina justru punya catatan apik di babak ini.

Sejak format babak 16 besar di perkenalkan pada Piala Dunia 1986, Argentina tercatat sudah delapan kali tampil di babak awal fase gugur itu.

Dalam delapan penampilan di babak 16 besar Piala Dunia, Argentina hanya dua kali kalah, yakni melawan Rumania pada 1994 dan Prancis pada 2018.

Baca Juga

4. Australia Sang Underdog

Berbeda dengan Argentina yang kaya pengalaman di Piala Dunia dan babak 16 besar, Australia justru tak punya catatan manis di babak ini.

Sejak partisipasinya di Piala Dunia hingga 2018 lalu, Australia hanya sekali lolos ke babak 16 besar yakni pada edisi 2006 di Jerman.

Parahnya lagi, Australia takluk dalam keberhasilannya menembus babak 16 besar Piala Dunia, usai tumbang dari Italia dengan skor 0-1 lewat penalti kontroversial yang dicetak Francesco Totti di menit akhir.

AustraliaArgentinaLionel MessiPiala DuniaPiala Dunia 2022

Berita Terkini