x

Hasil Piala Dunia 2022 Belanda vs Amerika Serikat: Dumfries Menggila! De Oranje ke Perempat Final!

Minggu, 4 Desember 2022 00:04 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Denzel Dumfries menjadi man of the match laga 16 besar Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Amerika Serikat (AS) yang digelar pada Sabtu (03/12/22) malam. REUTERS/John Sibley

INDOSPORT.COM - Denzel Dumfries menjadi man of the match laga 16 besar Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Amerika Serikat (AS) yang digelar pada Sabtu (03/12/22) malam di Khalifa International Stadium dan berakhir dengan skor 3-1.

Selain menyumbang satu gol, sang wingback kanan juga menyediakan assist bagi Memphis Depay dan Daley Blind membuat lesakan Haji Wright seolah hanya hiburan belaka bagi kubu yang kalah.

Dengan hasil ini De Oranje berhak lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 namun The Stars and Stripes tetap boleh bangga dengan capaian mereka di Qatar.

Jalannya Pertandingan

Layaknya tim yang difavoritkan, Belanda bermain lebih agresif sejak awal dan hasilnya mereka bisa mendulang gol cepat di menit kesepuluh via Memphis Depay.

Denzel Dumfries menyudahi rangkaian 20 operan pendek timnya dengan assist cerdik untuk Depay dan membuat AS benar-benar mati kutu.

Baca Juga

Gol ini terbilang spesial bagi Depay. Tidak cuma membuka rekeningnya saja di Piala Dunia 2022, gol tersebut adalah gol nomor 43 yang dicetaknya untuk Belada dan kini resmi menjadi top skor kedua negeri tulip di bawah Robin van Persie.

Setelah unggul, beberapa kali Belanda sempat terancam oleh AS namun pada akhirnya mereka justru mendapatkan gol kedua di injury time babak pertama yang dicetak oleh bek senior Daley Blind.

Baca Juga

Dumfries lagi-lagi menjadi aristek gol dengan mengirimkan sebuah crossing cutback akurat yang tinggal disambar Blind dan menjadikanya pencetak gol tertua (32) bagi Belanda di ajang Piala Dunia setelah Giovanni van Bronckhorst (35).

Daley Blind merayakan gol kedua Belanda ke Gawang Amerika Serikat di Piala Dunia 2022 REUTERS-Wolfgang Rattay

Babak Kedua

Di babak kedua, Amerika Serikat coba melakukan perubahan mengingat mereka dalam keadaan tertinggal dua gol. Pelatih Gregg Berhalter memasukkan Gio Reyna, Brenden Aaronson, juga Haji Wright.

Hasilny satu gol bisa dicuri oleh mereka lewat Wright pada menit ke-76 lewat cara yang tidak disangka-sangka.

Berawal dari sepak pojok yang gagal disapu bersih oleh lini bertahan Belanda, bola kemudian bisa dikuasai Christian Pulisic di sayap kanan dan sebuah crossing dari sang kapten bisa disontek Wright masuk ke dalam gawang Andries Noppert.

AS jelas mendapat motivasi ekstra setelah memotong jarak namun Belanda justru lagi-lagi bisa mengembalikan keunggulan dua gol mereka di menit 81.

Baca Juga

Setelah mencetak dua assist, Denzen Dumfries kini mendapat giliran mencatatkan namanya di papan skor. Daley Blind kini balik menjadi provider untuk gol tersebut.

Sampai peluit panjang dibunyikan skor 3-1 di pertandingan Belanda vs Amerika Serikat pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 tidak berubah. Sang pemenang pun berhak lolos ke fase berikutnya.

Susunan Pemain Belanda vs Amerika Serikat di Piala Dunia 2022

Belanda (3-4-1-2): Andries Noppert, Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake, Denzel Dumfries, Marten de Roon, Frenkie de Jong, Daley Blind, Davi Klaassen, Cody Gakpo, Memphis Depay

Cadangan: Remko Pasveer, Justin Biljow, Matthijs de Ligt, Stevan de Vrij, Tyrell Malacia, Jeremie Frimpong, Steven Berghuis, Teun Koopmeiners, Kenneth Taylor, Xavi Simmons, Steven Bergwijn, Luuk de Jong, Noa Lang, VIncent Janssen, Wout Werghorst

Amerika Serikat (4-3-3): Matt Turner, Sergino Dest, Walker Zimmerman, Tim Ream, Antonee Robinson, Weston McKennie, Tyler Adams, Yunus Musah, Tim Weah, Jesus Fereira, Christian Pulisic

Cadangan: Ethan Horvath, Sean Johnson, Aaron Long, Shaquell Moore, Cameron Carter-Vickers, DeAndre Yedlin, Joe Scally, Luca de la Torre, Christian Roldan, Kellyn Acosta, Gio Reyna, Brenden Aaronson, Jordan Morris, Haji Wright

Artikel ini disponsori oleh KACANG DUA KELINCI, teman nonton bola.

BelandaAmerika SerikatDaley BlindMemphis DepayPiala Dunia 2022Denzel DumfriesHasil Piala Dunia 2022Dua Kelinci

Berita Terkini