x

3 Alasan Jepang Bakal Buat Kroasia Menangis di Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Senin, 5 Desember 2022 16:25 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Selebrasi para pemain Timnas Jepang usai memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Susana Vera).

INDOSPORT.COM - Berikut tiga alasan mengapa Jepang bakal membuat Kroasia menangis di babak 16 Besar Piala Dunia 2022 pada Senin (05/12/22) malam WIB.

Pertandingan babak 16 Besar Piala Dunia 2022 antara Jepang vs Kroasia akan digelar di Stadion Al Janoub, Qatar. Laga ini menjadi duel hidup mati bagi kedua tim.

Siapa yang menang, maka langsung mendapatkan tiket lolos ke babak 8 besar atau perempat final Piala Dunia 2022. Namun yang kalah, maka langsung angkat koper untuk pulang dari Qatar.

Dalam sejarah pertemuan, kedua tim baru bersua tiga kali. Di pertemuan pertama, skuat Samurai Biru sukses mengalahkan Kroasia dengan skor 4-3 di laga uji coba pada 1997 silam.

Kemudian di pertemuan kedua pada Piala Dunia edisi 1998, skut Vatreni menang tipis 1-0. Selanjutnya di pertemuan terakhir pada Piala Dunia edisi 2006, kedua negara bermain imbang 0-0.

Baca Juga

Akan tetapi, rekor pertemuan tersebut tidak bisa dijadikan patokan di Piala Dunia 2022. Pasalnya, kedua tim saat ini sudah mengalami pergantian pemain dan pelatih.

Jepang sendiri tampil luar biasa di Piala Dunia 2022, di mana mereka lolos ke babak 16 besar dengan berstatus sebagai juara Grup E.

Sedangkan Kroasia juga tidak kalah hebat. Mereka belum terkalahkan di Grup F, dan lolos ke babak 16 besar sebagai runner up di bawah Maroko.

Baca Juga

Kroasia sendiri dihuni oleh beberapa pemain berpengalaman seperti Luka Modric dan Ivan Perisic. Di edisi 2018, mereka juga mampu menembus final.

Meski begitu, INDOSPORT telah menemukan sejumlah fakta yang menjadi alasan mengapa Jepang bakal mengalahkan Kroasia di babak 16 Besar Piala Dunia 2022. Apa saja itu?

Baca Juga

1. Jepang Sukses Kalahkan 2 Raksasa Piala Dunia 2022

Prediksi Piala Dunia 2022 babak 16 besar antara Jepang vs Kroasia. (Yuhariyanto/INDOSPORT)

Alasan pertama mengapa Jepang bisa membuat Kroasia menangis yakni karena Jepang baru saja menjadi mimpi buruk dua raksasa di Piala Dunia 2022.

Di laga perdana, skuat asuhan Hajime Moriyasu secara mengejutkan mampu menumbangkan Jerman dengan skor 2-1. Padahal saat itu mereka sempat tertinggal lebih dulu lewat gol penalti Ilkay Gundogan.

Namun skuat Samurai Biru tidak menyerah sampau peluit akhir dibinyak. Akhirnya mereka berhasil melakukan comeback lewat gol Ritsu Doan dan Takuma Asano.

Setelah menang dari Jerman, Jepang kemudian harus takluk 1-2 dari Kanada. Hal ini membuat mereka tidak memiliki pilihan selain menang atas Spanyol di laga pamungkas.

Baca Juga

Tanpa diduga, Jepang kembali membuat dunia tercengang. Sempat tertinggal lebih dulu, mereka melakukan comeback dan menang dengan skor 2-1 atas Spanyol.

Jepang Memiliki Trio Mematikan

Jepang memiliki trio mematikan yang tampil menggila di fase grup Piala Dunia 2022. Mereka yakni Ritsu Doan, Takuma Asano, dan Ao Tanaka

Ketiga pemain tersebut menjadi pemain kunci permainan Jepang dan sempat membuat Jerman serta Spanyol mati kutu. Terutama Ritsu Doan yang kini menjadi top skor sementara Jepang dengan koleksi dua gol.

Baca Juga

Jepang Ingin Akhiri Kutukan

Sebelum Piala Dunia 2022, Jepang ternyata pernah dua kali lolos ke babak 16 besar yakni saat edisi 1938 di Brasil dan Jerman Barat pada 1970.

Namun sayang, Jepang tidak pernah lolos ke babak 8 besar atau perempat final dan harus gugur ketika sampai di 16 besar. Oleh sebab itu, skuat Samurai Biru diprediksi bakal tampil habis-habisan demi bisa mencetak rekor baru.

Artikel ini disponsori oleh KACANG DUA KELINCI, teman nonton bola.

KroasiaJepangLuka ModricQatarPiala Dunia 2022Daichi KamadaTrivia Piala Dunia 2022Dua Kelinci

Berita Terkini