x

Garuda Select 5: Legenda Inggris Puji Rafly Selang, Kurniawan Dwi Yulianto Senang

Senin, 5 Desember 2022 16:51 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Muhammad Rafly Ikram Selang, pemain Garuda Select 4 dan kini kembali ke skuat Garuda Select 5 di Inggris.

INDOSPORT.COM - Legenda Timnas Inggris, Dennis Wise memuji penampilan Rafly Selang, dalam pertandingan uji coba Garuda Select 5 melawan Gillingham FC.

Skuat Garuda Select 5 sukses menahan imbang Gillingham FC dalam laga uji coba perdana mereka di Inggris, Kamis (1/12/22). 

Gillingham FC adalah klub yang bermain di Liga Inggris kasta kedua. Tim ini diperkuat pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggott.

Namun, skuat yang dihadapi Garuda Select di partai uji coba lalu adalah tim junior U-18. Hasilnya, kedua tim bermain imbang 1-1.

Menurut Direktur Program Garuda Select dan juga legenda Timnas Inggris, Dennis Wise, man of the match dalam laga uji coba itu adalah gelandang M. Rafly Ikram Selang.

Baca Juga

"Saya pikir Rafly (jadi man of the match). Saya merasa dia memiliki banyak kualitas," ungkap Dennis Wise selepas pertandingan.

"Saya kecewa dengan beberapa set play dia, tapi dia (Rafly Selang) memiliki banyak hal yang bagus, yang saya sukai dari dia," ucap mantan kapten tim Chelsea tersebut.

Baca Juga

"Dia bisa mengatur kecepatannya dengan kedua kakinya, bisa ke dua arah, Rafly bisa melihat umpan, dan dia sekarang bekerja lebih keras, itu yang kita inginkan," ujarnya.

"Dia sekarang sudah paham karena dia sudah berada di sini tahun lalu. Harus saya akui, dia bermain sangat bagus," tukasnya.

Ya, Rafly Selang merupakan salah satu pemain jebolan Garuda Select 4 yang kini kembali dipanggil oleh tim pelatih untuk memperkuat formasi Garuda Select 5.

Baca Juga

1. Kurniawan Dwi Yulianto: Pemain Garuda Select Punya Fighting Spirit

Kurniawan Dwi Yulianto saat konferensi pers jelang Sabah FA lawan Persebaya, Jumat (07/02/20). Saat ini ia menjadi asisten pelatih Garuda Select 5 di Inggris.

Ada yang berbeda dengan program Garuda Select jilid 5 yang baru saja berlangsung. Selain pemain dari Indonesia, ada juga pelatih lokal yang mendampingi tim.

Ia adalah Kurniawan Dwi Yulianto, mantan pemain Timnas Indonesia yang kini mulai melebarkan sayap ke luar negeri, sebagai staf pelatih FC Como 1907 di Serie B Italia.

Sebelum melanjutkan tugasnya di Serie B, Kurniawan Dwi Yulianto mendampingi Rafly Selang dkk berlatih dan uji coba di Inggris.

Setelah Garuda Select 5 melakoni partai uji coba melawan Gillingham FC, Kurniawan melihat ada perbedaan mendasar antara sepak bola Indonesia dan akademi di Eropa.

"Intensitas permainan yang dimainkan jauh lebih tinggi dari biasanya. Perbedaan postur antar pemain juga sangat mencolok," ucap Kurniawan selepas pertandingan uji coba.

Baca Juga

"Terlepas dari itu, para pemain kami telah menunjukkan fighting spirit yang sangat baik dan mereka sangat ingin belajar."

Hasil uji coba kontra Gillingham FC sesuai dengan harapan Kurniawan dan tim pelatih. Garuda Select bisa mengimbangi lawannya.

Maklum, mereka menekankan agar pemain bisa menerapkan strategi bertahan, apalagi ini adalah uji coba perdana tim di Inggris.

Baca Juga

"Dalam latihan kami fokus ke pertahanan. Saya pikir mereka menerapkannya dengan cukup baik selama pertandingan melawan Gillingham," ucap Kurniawan Dwi Yulianto.

"Tapi masih ada beberapa kesalahan kecil yang tidak bisa terus kami lakukan, dan itu pasti sesuatu yang harus kami fokuskan ke depan," tukas pelatih berjuluk 'Si Kurus' itu.

Baca Juga
Kurniawan Dwi YuliantoDennis WiseBola InternasionalBakat Muda IndonesiaGaruda SelectPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriGillingham FCgillingham

Berita Terkini