x

Liga 1 Segera Mulai Lagi, Teco: Kompetisi Ukraina Bisa Jalan Terus Meski Dilanda Perang

Senin, 5 Desember 2022 09:09 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Pelatih Bali United, Pelatih, Stefano Teco Cugurra saat konferensi pers di Graha Persib, Kota Bandung, Sabtu (10/06/22), jelang pertandingan Persib Bandung di Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, menyambut positif kelanjutan Liga 1 2022/2023. Teco sudah yakin liga akan dilanjutkan berdasar apa yang ada di Ukraina.

Ukraina dalam situasi yang kacau menyusul perang dengan Rusia. Tak terhitung berapa jumlah peluru yang sudah ditembakkan kedua belah pihak selama perang berlangsung.

Uniknya, dalam situasi seperti itu, Ukraina masih bisa menggulirkan liga. SC Dnipro untuk sementara masih berada di posisi teratas dengan 35 poin dari 14 laga.

Kompetisi yang masih berjalan di Ukraina menjadi inspirasi Teco untuk menjalankan program selama kompetisi terhenti. Ia berusaha agar pemain dalam level terbaik untuk siap bertanding.

"Saya pikir positif bahwa liga bisa jalan, dengan contoh dari Ukraina. Ada perang di sana, tapi Liga Ukraina jalan, meski tempat netral dan tanpa penonton, liga jalan. Saya pikir di Indonesia tidak ada masalah seperti itu, seharusnya liga juga sudah jalan," kata Teco, Minggu (04/12/22).

Baca Juga

Lanjutan kompetisi Liga 1 tinggal hitungan jam lagi. Teco mengaku tim juga sempat terkejut ketika diberitahu harus berangkat ke kota Solo pada Sabtu (03/12/22).

Meski begitu, tim datang dalam kondisi semangat tinggi. Bali United sudah menjalani sesi latihan resmi di Stadion Manahan Solo pada Minggu sore.

Baca Juga

"Kita terima kasih sama semua yang bisa bantu liga bisa jalan lagi. Kita bisa nikmati bola lagi. Pemain dan pelatih bisa nikmati di stadion dan suporter bisa nikmati dari televisi," tutur Teco.

Teco sebenarnya lebih senang ketika kompetisi bisa dihadiri suporter lagi. Dukungan suporter sepanjang laga membuat atmosfer kompetisi lebih terasa.

Namun, Teco juga bisa memahami situasi setelah Tragedi Kanjuruhan. Ada 133 suporter dan dua anggota Polri yang meninggal dunia.

Baca Juga

1. Tanpa Suporter

Doa bersama tim Bali United bersama suporter di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Senin (3/10/22). (Foto: Bali United)

Maka, Teco berharap situasi itu menjadi pembelajaran. Pelatih berlisensi CBF Pro ini juga berharap agar para suporter tak nekat datang ke stadion.

"Kita harus terima bahwa sekarang tidak boleh ada suporter agar liga bisa jalan. Suporter harus menikmati sepak bola dari rumah, termasuk juga suporter Bali bisa kasih semangat dari sana," ucap Teco.

"Suporter jangan datang ke stadion, karena tidak boleh masuk stadion. Semua yang ada di sini juga mau balik kerja tanpa ada masalah lagi di liga," lanjut Teco.

Hal sama turut diungkapkan winger Bali United, Novri Setiawan. Ia tak bisa memungkiri bahwa para pemain ingin kompetisi jalan dengan suporter.

"Sebenarnya kalau tanpa penonton agak kurang, tapi kita harus bisa menerima. Yang penting para pemain bisa menikmati pertandingan dan memberi yang terbaik untuk Bali United," ujar Novri.

Baca Juga

Bali United terjadwal bakal menghadapi Persita Tangerang di Manahan, Senin (05/12/22). Sebelum laga itu berlangsung, Madura United terlebih dahulu melawan PSIS Semarang.

Novri memastikan semua pemain dalam kondisi siap tempur. Novri berharap bisa memberikan yang terbaik bagi Bali United.

Baca Juga

"Saya mewakili teman-teman pemain mengucapkan terima kasih pada bapak Jokowi, Menpora, Kapolri beserta jajaran, atas izin bergulirnya Liga 1. Tidak lupa juga ucapan terima kasih pada LIB dan PSSI," kata Novri.

"Alhamdulillah, bersyukur sekali, setelah dua bulan tidak ada pertandingan. Semoga kita bisa menikmati pertandingan dan membuat hasil yang baik buat Bali United," imbuh Novri.

Selain laga di Manahan, ada pula partai PSS Sleman melawan Bhayangkara FC di Stadion Jatidiri Semarang. Lalu, PSM Makassar akan menghadapi Persikabo 1973 di Stadion Sultan Agung Bantul.

Baca Juga
Bali UnitedLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLiga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini