x

5 Pemain Jepang yang Minim Menit Bermain di Piala Dunia 2022, Eks Liverpool Paling Sedih!

Selasa, 6 Desember 2022 18:45 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Takuma Asano dan Yuto Nagatomo dari Jepang usai adu penalti Jepang harus tersingkir dari Piala Dunia. (Foto: REUTERS/John Sibley)

INDOSPORT.COM - Tim kejutan Jepang harus angkat koper dari Piala Dunia 2022. Berikut 5 pemain mereka yang minim menit bermain, salah satunya eks Liverpool. 

Ya, tim berjuluk Samurai Biru ini benar-benar mampu tampil bak Samurai melibas semua lawan-lawan kuat di hadapannya setidaknya hingga 16 besar. 

Baca Juga

Padahal di awal Piala Dunia 2022 Qatar hendak dimulai, Jepang tidak diunggulkan apalagi setelah melihat undian babak grup. 

Wakil dari Asia Timur itu memang tergabung ke grup neraka, yakni Grup E yang dihuni oleh Spanyol, Jerman dan Kosta Rika. 

Jepang boleh saja tersingkir di Piala Dunia 2022, namun setidaknya mereka mampu menciptakan kejutan dengan mencatatkan dua kemenangan atas tim juara dunia, yakni Jerman (juara Piala Dunia 2014) dan Spanyol (juara Piala Dunia 2010) selama bermain di Grup E.

Baca Juga

Kemenangan ini juga membuat Jepang mencatatkan dua momen ikonik sekaligus di turnamen akbar seperti Piala Dunia, yakni mengalahkan dua negara unggulan sekaligus.

Namun di balik kejutan-kejutan yang ditorehkan skuat asuhan Hajime Moriyasu di Piala Dunia 2022, ada pemain yang sedih lantaran minim menit bermain. Berikut 5 pemain tersebut.

5. Gaku Shibasaki

Gaku Shibasaki menjadi salah satu pemain yang sangat miris, pasalnya dia tidak berhasil mencatat semenit pun di Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga

Padahal, dia merupakan pemain langganan yang sering dipanggil Hajime Moriyasu ke skuat Jepang. 

Pemain yang sekarang membela Leganes ini tampil debut untuk Jepang senior sejak September 2014. Sejak saat itu, dia selalu dipanggil di semua kesempatan.


1. 4. Hiroki Ito

Shogo Taniguchi dari Jepang dan rekan setimnya terlihat sedih setelah Jepang harus tersingkir dari Piala Dunia. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

Hiroki Ito juga menjadi salah satu pemain yang minim menit bermain di Piala Dunia 2022 Qatar. 

Dia memang pemain yang masih cukup muda, alias baru 23 tahun dan juga jebolan Jepang U-19 yang ikut Piala Asia U-19 di Indonesia beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Ito juga baru debut pada Juni 2022 dengan total 7 caps sejauh ini. Mungkin Piala Dunia 2022 Qatar, dia belum mampu mencuri hati sang pelatih. 

3. Ayase Ueda

Pemain selanjutnya yang jarang dimainkan adalah Ayase Ueda, pemain muda lainnya yang dipanggil Jepang untuk Piala Dunia 2022 Qatar.

Ueda sudah debut bersama Jepang senior sejak Juni 2019 lalu dan sudah mengantongi 12 caps.

Baca Juga

Dia sempat bermain sebagai starter ketika Samurai Biru menghadapi Kosta Rika di laga kedua Grup E Piala Dunia 2022. 

Namun sayang, hingga ditarik keluar ketika turun minum, striker klub Belgia Cercle Brugge ini tidak bisa mencetak satu gol pun. 

2. Miki Yamane

Ada bek kanan yang belakangan punya penampilan konsisten bersama klub Liga Jepang Kawasaki Frontale sejak awal musim ini. 

Baca Juga

Dia menjadi pemain andalan Kawasaki Front dengan tampil 23 kali, mencetak 3 gol dan 4 assist sejauh musim ini. 

Penampilan itu membuatnya dipanggil Jepang untuk Piala Dunia 2022. Namun sayang, dia hanya dimainkan sekali dengan 62 menit bermain di atas lapangan. 


2. 1. Takumi Minamino

Pemain bintang Timnas Jepang, Takumi Minamino menangis usai dikalahkan Kroasia di babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Dylan Martinez).

Terakhir, adalah pemain berbakat bahkan sempat disebut sebagai wonderkid terbaik Jepang beberapa tahun silam. 

Bakatnya yang besar bahkan membuat Liverpool merekrutnya dari RB Salzburg pada Januari 2020 lalu. 

Meski sudah dilepas Liverpool secara permanen ke Monaco pada musim panas 2022, namanya tetap diperhitungkan oleh Jepang. 

Baca Juga

Tapi anehnya, Hajime Moriyasu selaku pelatih kepala Jepang, malah terbilang jarang dimainkan selama Piala Dunia 2022 Qatar. 

Dari tiga kali diturunkan ke lapangan, Minamino hanya mencatat 56 menit bermain saja, yang semuanya berstatus sebagai pemain pengganti.

KroasiaJepangPiala Dunia 2022Takumi Minamino

Berita Terkini