x

Profil Ridho Syuhada: Pencetak Gol Termuda di Liga 1 2022, Ternyata Jebolan Inggris!

Selasa, 6 Desember 2022 14:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pemain Garuda Select, Ridho Syuhada baru saja mencetak gol dalam laga debutnya bersama PSIS Semarang di Liga 1 2022/23.

INDOSPORT.COM - Berikut profil Ridho Syuhada Putra, pencetak gol termuda di Liga 1 2022/23 dan membawa skuad PSIS Semarang menang atas Madura United FC.

Sebagaimana diketahui, kompetisi Liga 1 akhirnya kembali dihelat setelah vakum dua bulan usai Tragedi Kanjuruhan.

Salah satu pertandingan perdana yang dihelat pada pekan ke-12 ini adalah Madura United vs PSIS Semarang, Senin (05/12/22).

Bertanding di Stadion Manahan Solo, PSIS Semarang sukses membekuk Laskar Sapeh Kerrap dengan skor telak 3-0 tanpa balas.

Gol perdana dilesakkan oleh Jonathan Cantillana lewat sepak penalti. Gol kedua datang dari Fredyan Wahyu, dan gol ketiga dari pemain pengganti, Ridho Syuhada.

Baca Juga

Jonathan Cantillana dan Fredyan Wahyu barangkali sudah memiliki nama besar di kancah sepak bola nasional. Lantas, siapa sosok Ridho Syuhada dari PSIS Semarang?

Perlu diketahui, pemilik nama lengkap Ridho Syuhada Putra itu adalah pemain binaan Akademi PSIS Semarang yang baru saja dipromosikan ke tim senior di Liga 1 2022/23.

Baca Juga

Ridho Syuhada merupakan pesepak bola kelahiran Kuantan Siningi, Riau, pada 18 Juni 2004. Saat ini ia tercatat berusia 18 tahun.

Lahir di Sumatera, Ridho Syuhada justru mulai mengenyam sekolah sepak bola di Kalimantan. Ia masuk SSB Gasela Lamandau pada usia 8 tahun. Berselang tiga tahun, Ridho pindah ke SSB Kobar Muda, Pangkalan Bun.

Kemudian, sejak lulus dari bangku sekolah dasar (SD), Ridho mantap memilih tinggal sendiri di luar kota untuk menimba ilmu sepak bola, tanpa orang tua, tanpa kerabat. Ia beranjak untuk merantau ke Pulau Jawa.

Baca Juga

1. Perjalanan Karier Ridho Syuhada

Ridho Syuhada Putra bersama skuat Garuda Select 3, jelang keberangkatan ke Inggris.

Sejak saat itu, Ridho Syuhada menetap di Semarang dan menimba ilmu sepak bola di Akademi Satria Kencana Serasi Semarang.

Tekad yang kuat itu akhirnya membuahkan hasil. Ridho Syuhada kemudian lolos seleksi dan membela skuad PSIS Semarang U-16. 

Saat bermain di Elite Pro Academy, Ridho dipantau langsung oleh Direktur Program Garuda Select, Dennis Wise, sehingga ia diboyong ke Inggris pada tahun 2021.

Ridho memperkuat skuat Garuda Select 3 dan masih bermain di angkatan keempat. Ia mencetak sejumlah gol selama di Inggris.

Salah satu momen yang paling ia kenang adalah ketika mencetak brace ke gawang Stevenage U-18, pada akhir tahun 2021 lalu.

Baca Juga

Kembali ke Tanah Air, Ridho yang berposisi sebagai gelandang itu lantas dipromosikan ke tim senior PSIS Semarang di Liga 1 2022/23. Ia menjalani debut pada Senin (05/12/22).

Ridho masuk menggantikan Wawan Febrianto pada menit ke-70. Siapa sangka, ia berhasil melesakkan gol pada menit ke-83, berkat assist ciamik dari Delvin Rumbino.

Baca Juga

Gol dari Ridho Syuhada memastikan PSIS Semarang menang 3-0 atas Madura United, dan naik ke peringkat 10 klasemen Liga 1.

Ridho Syuhada menjadi salah satu pencetak gol termuda di Liga 1, bersama bintang Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan.

Ridho Syuhada mencetak gol pada usia 18 tahun 5 bulan 17 hari, sedangkan Marselino Ferdinan masih berusia 17 tahun saat ia bisa melesakkan gol ke gawang PSIS Semarang.

Baca Juga
PSIS SemarangMadura United FCLiga IndonesiaBakat Muda IndonesiaLiga 1profilGaruda SelectBerita Liga 1Ridho SyuhadaLiga 1 2022-2023

Berita Terkini