x

4 Pemain Jepang yang Tampil Bersinar di Piala Dunia 2022, Siap Diincar Klub Top Eropa?

Rabu, 7 Desember 2022 22:31 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Shogo Taniguchi dari Jepang dan rekan setimnya terlihat sedih setelah Jepang harus tersingkir dari Piala Dunia. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

INDOSPORT.COM - Timnas Jepang tampil apik di Piala Dunia 2022 hingga lolos babak 16 besar. Empat pemain ini tampil gemilang dengan berkontribusi paling nyata menyumbang gol.

Jepang dipaksa menyerah oleh Kroasia di babak 16 besar Piala Dunia 2022, lewat drama adu penalti setelah bermain imbang dengan skor 1-1 di waktu normal dan tambahan.

Sejatinya, dalam pertandingan tersebut Timnas Jepang tidaklah bermain buruk. Sebaliknya, mereka beberapa kali mampu merepotkan runner-up Piala Dunia 2018, Kroasia dengan skema permainan yang mereka bangun.

Kroasia sendiri sempat dikejutkan oleh permainan wakil dari tim Asia tersebut. Mereka bahkan tertinggal lebih dulu di akhir babak pertama lewat gol gol Daizen Maeda di menit ke-43.

Para pemain Kroasia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di awal babak kedua tepatnya di menit ke-55 melalui gol Ivan Perisic.

Baca Juga

Meski hampir mendominasi jalannya pertandingan, tetap saja Vatreni -julukan Timnas Kroasia- kerap dibuat kerja keras oleh permainan ngotot dari Timnas Jepang.

Bahkan, Luka Modric cs dipaksa harus bermain imbang hingga perpanjangan waktu 2x15 yang dilanjutkan ke drama adu penalti.

Baca Juga

Dalam drama adu penalti, jelas Kroasia lebih diunggulkan karena mereka punya pengalaman yang lebih tinggi.

Benar saja, Kroasia sukses mengandaskan Jepang dengan skor 3-1. Di mana kiper mereka, Dominik Livakovic menjadi bintang dalam adu penalti ini.

Livakovic mampu menepis tiga penendang Jepang, yakni Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan kapten Maya Yoshida.

Baca Juga

Tiga gol Kroasia sendiri berhasil diciptakan oleh Nikola Vlasic, Marcelo Brozovic, dan Mario Pasalic, sementara satu-satunya gol Jepang berhasil diciptakan oleh Takuma Asano.

Sedangkan Marko Livaja menjadi satu-satunya pemain Kroasia yang gagal mengeksekusi penalti ke gawang Jepang.

Meski tersingkir dan gagal lolos ke babak 8 besar Piala Dunia 2022, penampilan timnas Jepang banyak mendapat pujian dari para pecinta sepak bola.

Tak hanya itu, performa Jepang sebagai kuda hitam bisa berdampak positif bagi para pemainnya untuk dilirik banyak klub top Eropa jelang bursa transfer musim dingin.

Setidaknya ada empat nama yang menonjol dalam skuad Jepang di Piala Dunia 2022, karena mereka berkontribusi membuat gol kemenangan. Siapa saja?


1. Ritsu Doan

Ritsu Doan bermain dengan FC Groningen

Pertama ada Ritsu Doan. Pemain berposisi sebagai winger kanan ini tampil ciamik di sektor depan timnas Jepang pada Piala Dunia 2022.

Kecepatan yang dimilikinya kerap membuat wing bek negara peserta kelimpungan menghentikannya.

Tak heran jika ia kerap muncul dari lini kedua tanpa terduka untuk mencetak gol. 

Total ia sudah membukukan 2 gol dan menjadikan Ritsu Doan sebagai top skor timnas Jepang di Piala Dunia 2022 dengan 2 gol tersebut.

Bersama Timnas Jepang,  pemain SC Freiburg itu menjalani debut sejak September 2018. Hingga saat ini, pemain 24 tahun itu telah mencatatkan 33 caps dengan torehan 5 gol.

Takumo Asano

Selanjutnya ada Takumo Asano. Dirinya jadi andalan pelatih Hajime Moriyasu di posisi penyerang sayap bersama Ritsu Doan.

Ia telah memainkan empat pertandingan, termasuk tampil gemilang saat Jepang mengalahkan Jerman secara dramatis di babak penyisihan grup.

Bersama Tim Samurai Biru, Asano pertama kali mencatatkan caps pada Agustus 2015. Laga melawan Kroasia menjadi yang ke-41.

Saat ini mantan pemain Arsenal itu bermain untuk tim Bundesliga, VfL Bochum.

Ao Tanaka

Nama Ao Tanaka dalam beberapa hari terakhir sempat jadi perbincangan hangat para pecinta sepak bola dunia. 

Sebab satu gol kontroversinya membawa Jepang lolos ke babak 16 besar, menyingkirkan Jerman di peringkat ke-3.

Pemain yang kini berusia 24 tahun itu mencetak gol kemenangan saat menghadapi Spanyol di laga pemungkas grup. 

Tanaka telah mencatat total 17 caps bersama Timnas Jepang. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu menjalani debut pada Desember 2019.

Daizen Maeda

Daizen Maeda menjadi pemain terbaru yang mencetak gol untuk Jepang di Piala Dunia 2022. Pemain berposisi penyerang sayap itu mencetak gol saat Samurai Biru menghadapi Kroasia.

Maeda sendiri mentas di Piala Dunia 2022 dalam tiga pertandingan. Menjalani debut pada Juni 2019, pemain 25 tahun itu telah mengoleksi sebelas caps bersama Samurai Biru.

Di level klub, Maeda baru menjajal atmosfer sepak bola Eropa pada 2022/2023 ini. Celtic menjadi tim yang merekrutnya dari Yokohama Marinos.

SpanyolJepangPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022Ao Tanaka

Berita Terkini