x

Resmi! Luis de la Fuente Gantikan Enrique sebagai Pelatih Spanyol

Kamis, 8 Desember 2022 23:22 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Yohanes Ishak
Luis Enrique resmi mengundurkan diri dari kursi kepelatihan tim nasional Spanyol, setelah gagal membuat La Furia Roja menembus final Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

INDOSPORT.COM – Luis Enrique resmi mengundurkan diri dari kursi kepelatihan tim nasional Spanyol, setelah gagal membuat La Furia Roja menembus final Piala Dunia 2022.

Meski sejatinya Luis Enrique mampu membawa Spanyol lolos dari babak penyisihan grup E Piala Dunia 2022 di Qatar. Itupun, Sergio Busquets cs hanya finis di tempat kedua.

Namun, Timnas Spanyol gagal melangkah dari babak 16 besar Piala Dunia 2022, setelah dikalahkan Maroko, di babak adu penalti.

Luis Enrique sendiri mulai menangani Spanyol sejak 2018 lalu, serta mencatatkan 45 pertandingan, dengan membukukan 25 kemenangan, 11 hasil imbang, dan 9 kali kalah.

Kendati demikian, banyak kritik yang tertuju kepada Enrique, sejak dirinya memilih skuat Timnas Spanyol untuk turut serta dalam Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Dengan kegagalan yang didapatkan dalam perhelatan terakbar yang digelar selama 4 tahun sekali tersebut, dirinya membulatkan tekat untuk mundur dari kursi kepelatihan La Furia Roja, julukan Timnas Spanyol.

Melansir dari Diario Sport, mundurnya Luis Enrique menjadi pelatih disampaikan oleh Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), untuk memajukan sepak bola La Furia Roja ke arah yang lebih baik.

Baca Juga

“Manajemen olahraga RFEF telah menyampaikan kepada presiden sebuah laporan di mana proyek baru harus dimulai untuk Tim Sepak Bola Spanyol,” terang RFEF dari Diario Sport.

“(Hal itu) dengan tujuan melanjutkan pertumbuhan yang dicapai dalam beberapa tahun terakhir berkat pekerjaan yang dilakukan oleh Luis Enrique dan rekan-rekannya,” tambah RFEF.

Dengan demikian, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) menunjuk Luis de la Fuente untuk kekosongan kursi kepelatihan Timnas Spanyol.

Baca Juga

1. Spanyol Tunjuk Luis de la Fuente

Luis de la Fuente saat masih menjabat sebagai pelatih Timnas Spanyol U-21

Nama Luis de la Fuente sudah tidak terasa asing di telinga sepak bola Spanyol. Pasalnya, dia pernah menjadi pelatih Spanyol pada 2021 lalu.

Luis de la Fuente sendiri memulai kariernya untuk melatih Timnas Spanyol U-19 pada 2013 lalu. Bahkan, pada 2014, dirinya merangkap jabatan menahkodai Spanyol U-18.

Selang empat tahun kemudian, pelatih kelahiran Haro pada 21 Juni 1961 tersebut dipercaya oleh RFEF untuk menangani Timnas Spanyol U-21.

Dengan beberapa sepak terjang yang telah dilalui oleh Luis de la Fuente tersebut, Federasi Sepak Bola Spanyol menunjuk dirinya untuk menggantikan Luis Enrique.

Hal tersebut dilakukan oleh RFEF untuk memperbaiki kualitas yang dimiliki oleh tim nasional Spanyol, khususnya dalam gelaran Piala Dunia 2026.

Baca Juga

Mengingat, Luis de la Fuente juga memiliki catatan mentereng saat menangani Timnas Spanyol U-19 dan U-21.

Tercatat, Luis de La Fuente memenangkan Piala Eropa U-19 musim 2014/15, serta membawa pulang trofi Piala Eropa U-21 2018/19, bersama Timnas Spanyol.

Baca Juga

Keputusan dari Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) tersebut dilaporkan oleh jurnalis ternama asal Italia, Fabrizio Romano.

“Luis de la Fuente telah menandatangani kontrak sebagai pelatih kepala baru Spanyol untuk menggantikan Luis Enrique, HERE WE GO!” dikutip dari akun Instagram resmi Fabrizio Romano.

“Manajer Spanyol U-21 sekarang menjadi orang utama untuk proyek Federasi menggantikan 'Lucho' Luis De la Fuente dan Federasi Spanyol kini telah menyelesaikan perjanjian hari ini, ditandatangani.”

Baca Juga

Sumber: Fabrizio Romano

SpanyolPiala DuniaLuis EnriquePiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022

Berita Terkini