x

Sandy Walsh Tinggalkan TC Timnas Indonesia Lebih Cepat, Ini Respons PSSI

Kamis, 8 Desember 2022 14:47 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Sandy Walsh, memang harus menyudahi pemusatan latihan di bawah Shin Tae-yong lebih cepat. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Sandy Walsh harus menyudahi pemusatan latihan Timnas Indonesia lebih cepat. Dia harus kembali ke Belgia guna bergabung dengan klubnya KV Mechelen.

Sandy Walsh memang harus kembali membela klubnya. KV Mechelen dijadwalkan bakal memainkan matchday ke-18 Liga Belgia 2022-2023 dengan menghadapi Cercle Brugge pada 24 Desember mendatang.

Hal ini pun sudah mendapat respons dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. PSSI  memberikan izin kepada Sandy untuk bergabung dengan timnya.

"Sandy kembali dulu ke klubnya, karena diminta klubnya," buka Iriawan.

Meski begitu Iriawan menegaskan nanti Sandy Walsh akan kembali segera memperkuat Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.

Baca Juga

Setidaknya Sandy baru akan bergabung dengan Timnas Indonesia pada match kedua Piala AFF Grup A saat Timnas Indonesia menghadapi Brunei Darussalam di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Nanti Sandy akan bertemu lagi di Kuala Lumpur akan menyusul tgl 24 dia kembali," jelas pria yang kerap disapa Iwan Bule ini.

Sandy Walsh sendiri sudah mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di Bali sejak 28 November lalu dan diproyeksikan untuk memperkuat skuad Garuda dalam misi meraih trofi Piala AFF pertama sepanjang sejarah.

Baca Juga

Sebagai informasi, Timnas Indonesia tergabung di Grup A Piala AFF 2022 bersama Thailand, Kamboja, Filipina dan Brunei Darussalam.

Di laga pertama, Garuda akan melawan Kamboja di kandang pada 23 Desember yang direncanakan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Setelahnya, Timnas Indonesia akan bertandang ke markas Brunei tiga hari berselang sebelum menjamu Thailand pada 29 Desember 2022 dan Filipina di laga terakhir pada 2 Januari 2023 mendatang.

Baca Juga

1. Kesulitan Lawan Uji Coba

TC Timnas Indonesia Senior untuk Piala AFF 2022 di Bali. (Foto: PSSI)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku sulit mencari calon lawan uji coba untuk Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022. Terlebih kompetisi Liga 1 sudah kembali bergulir.

Timnas Indonesia memang tengah menggelar pemusatan latihan di Bali. Skuad Garuda sudah berlatih sejak 28 November lalu.

Namun hingga saat ini, Timnas Indonesia belum juga dijadwalkan melakoni laga uji coba. Hal ini dikarenakan sudah bergulirnya kompetisi di Tanah Air.

Sementara itu, perhelatan Piala AFF 2022 sudah semakin mepet yakni pada tanggal 20 Desember sudah akan dimulai.

Tadinya, Timnas Indonesia direncanakan bakal melawan salah satu tim Liga 1. Namun urung terjadi karena kompetisi sudah dimulai sehingga tim Merah Putih hanya akan berlatih.

Baca Juga

"Situasinya tidak mendukung untuk uji coba karena Liga 1 sudah bergulir," ucap pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Meski belum melakoni laga uji coba, Shin Tae-yong menilai perkembangan Timnas Indonesia semakin berkembang dalam pemusatan latihan kali ini.

Baca Juga

"Selama seminggu ini memang latihan dan intensitasnya tinggi. Para pemain bekerja keras dan maksimal semuanya tanpa terkecuali. Jadi sebagai pelatih kepala di sini, saya sangat berterima kasih kepada para pemain," ujar Shin Tae-yong.

"Jujur, yang namanya progres sebenarnya kita enggak bisa lihat dari latihan, tetapi hanya bisa kita lihat dari pertandingan. Tetapi memang dari segi mental dan fisik, memang sedikit demi sedikit semakin membaik," kata pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menambahkan. 

Baca Juga
PSSITimnas IndonesiaLiga IndonesiaSandy WalshShin Tae-yongKV MechelenPiala AFF 2022

Berita Terkini