x

Top Statistik Pemain di Liga 1 Pekan ke-12: dari Rating Terbaik hingga Tekel Sukses

Kamis, 8 Desember 2022 14:12 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Para pemain Persis Solo merayakan gol ke gawang Rans Nusantara FC. (Foto: Persis Solo)

INDOSPORT.COM – Berikut ini top statisik pemain di kompetisi Liga 1 2022-2023 pekan ke-12. Pemain asing Persis Solo, Ryo Matsumura, memimpin rating pemain terbaik.

Kompetisi Liga 1 2022-2023 akhirnya resmi bergulir setelah dua bulan lebih terpaksa dihentikan akibat dampak Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 lalu.

Rangkaian pertandingan pekan ke-12 Liga 1 juga baru saja selesai pada Rabu (07/12/22) malam, usai Persib Bandung menggasak Persik Kediri 3-0 di Stadion Manahan Solo.

Gol kemenangan Maung Bandung dicetak oleh David da Silva (12’, 19’) dan Febri Hariyadi (67’). Tambahan 3 poin membawa tim besutan Luis Milla naik ke peringkat 8 di klasemen Liga 1.

Di pertandingan lainnya, Arema Malang juga sukses memetik kemenangan 2-0 melawan tim promosi Dewa United.

Baca Juga

Rizky Dwi Febrianto dan Evan Dimas jadi pahlawan Singo Edan di Stadion Manahan Solo. Raihan ini membuat Arema membuntuti Persib di peringkat ke-9 di klasemen.

Tak boleh dilupakan, kemenangan besar diraih oleh Persis Solo saat menghadapi tim sesama promosi, Rans Nusantara FC pada Selasa (06/12/22).

Baca Juga

Persis Solo berhasil menang dengan skor sangat telak, yakni 6-1 atas tim milik Raffi Ahmad. Ryo Matsumura menjadi bintangnya usai mencetak brace di laga tersebut.

Di luar klasemen dan top skor Liga 1, berikut ini INDOSPORT merangkum deretan pemain terbaik dari beberapa aspek selama pekan ke-12 Liga 1:

Baca Juga

1. 1. Pemain Terbaik: Ryo Matsumura

Winger Persis Solo, Ryo Matsumura berusaha melewati kawalan bek Persita, Muhammad Toha. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Dua golnya ke gawang Rans Nusantara FC mengantarkan pemain Persis Solo, Ryo Matsumura menjadi pemain terbaik pada pekan ke-12 Liga 1 2022-2023.

Gol pertama Ryo tercipta melalui tendangan roket  dengan kaki kanannya sempat membentur tiang namun akhirya tak mampu diselamatkan kiper Rans, Hilman.

Sedangkan gol kedua Ryo tercipta berkat umpan silang mendatar oleh Messidoro yang langsung disambut Ryo dengan sepakan kaki kanannya.

Dengan mencetak dua gol, torehan gol Ryo bersama Persis Solo di Liga 1 musim 2022-2023 bertambah. Ryo tercatat menorehkan 4 gol dalam 9 penampilan sejauh ini.

Melansir dari Statoskop di Twitter, Ryo Matsumura mendapakan rating 8,2 untuk penampilannya di pertandingan Persis Solo vs Rans Nusantara.

Baca Juga

2. Tembakan Terarah hingga Umpan

Main 75 menit dan digantikan Samsul Arif, Ryo membuat dua gol dan menyumbang satu assist.

Selain itu, dia mencatat dua umpan kunci dengan tiga tembakan terarah sehingga akurasi shootingnya mencapai 100 persen.

Menariknya, akurasi umpan pemain asal Jepang ini mencapai 78 persen dengan rincian 45 kali di mana 35 di antaranya berstatus sukses.

Pemain yang pernah jalani uji coba di Johor Darul Takzim ini juga membantu pertahanan dengan tiga kali melakukan tekel dan memiliki dua intersep.

Selain Ryo, catatan tiga tembakan terarah juga dicatat oleh gelandang Bali United Eber Bessa dan bomber Rans Nusantara FC, Wander Luiz.

Adapun umpan kunci terbaik diraih oleh pemain Barito Putera, Bagas Kaffa, saat timnya dikalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 3-2.

Baca Juga

Kembaran Bagus Kaffi tersebut melakukan empat kali umpan kunci, yang mana ini jadi catatan bagus mengingat posisinya sebagai bek sayap.

Selain itu, Bagas Kaffa menjadi pemain Barito Putera dengan poin 6,9 dan itu nilai tertinggi dari timnya dalam laga kemarin.

Ada pun umpan sukses terbaik dicatat oleh pemain Persik Kediri, Rohit Chand. Eks pemain Persija Jakarta itu tercatat melakukan 67 kali umpan sukses.

Catatan ini cukup impresif kendati Persik Kediri harus menelan kekalahan pahit 0-3 dari Persib Bandung di pekan ke-12 Liga 1.

Baca Juga

2. 3. Penyelamatan hingga Tekel Sukses

Kiper Borneo FC Gianluca Pandeynuwu.

Kiper Persis Solo, Gianluca Pandeynuwu, bisa dibilang menjadi kiper terbaik pada pekan ke-12 Liga 1 2022-2023.

Penjaga gawang kelahiran Tomohon, Sulawesi Utara tersebut melakukan enam penyelamatan ketika timnya sukses menggasar Rans Nusantara FC.

Salah satu penyelamatan heroik Gianluca adalah ketika Rans Nusantara FC berusaha memperkecil kecucukan saat masih tertinggal 0-5.

Septian Bagaskara mendapatkan peluang mencetak gol, namun tendangannya berhasil dimentahkan oleh Gianluca Pandeynuwu.

Gianluca hanya sekali kebobolan ketika Rans memperkecil ketertinggalan menjadi 1-5 pada menit ke-75 melalui gol oleh Makan Konate memanfaatkan kemelut di depan gawang Persis Solo.

Baca Juga

Di lini pertahanan, bek PSIS Semarang Alfeandra Dewangga dan gelandang PSS Sleman tercatat melakukan sembilan kali intersep.

Alfeandra melakukannya saat menumbangkan Madura United 0-3, sedangkan Kim Jeffrey melakukannya saat PSS Sleman digasak Bhayangkara dengan skor 3-1.

Bek Persikabo, Didik Wahyu berhasil melakukan 9 kali sapuan meskipun timnya harus menelan kekalahan dari PSM Makassar dengan skor 2-0.

Baca Juga

Sementara itu, tekel sukses di pekan ke-12 Liga 1 terbanyak dilakukan oleh Akbar Tanjung (PSM Makassar), Delvin Rumbino (PSIS Semarang), Frank Sokoy (Barito Putera), dan Koko Ari Araya (Persebaya).

Ada pun duel udara terbaik di pekan ke-12 Liga 1 2022 ditorehkan oleh pemain PSM Makassar, Everton Nascimento. Dia tercatat memenangkan enam kali duel udara.

Bukan hanya itu, Everton juga mencetak gol penentu kemenangan Juku Eja  atas Persikano di menit 87' di pertandingan yang digelar di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga
Rans Nusantara FCPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023Ryo Matsumura

Berita Terkini