x

5 Pertemuan Sepanjang Masa Belanda vs Argentina di Piala Dunia, Siapa Unggul?

Jumat, 9 Desember 2022 15:44 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jelang final Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Argentina, kedua tim memiliki catatan masa lampau yang menarik. Foto: Lars Baron - FIFA/FIFA via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Jadwal perempat final Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Argentina akan digelar di Stadion Lusail, Sabtu (10/12/22) dini hari WIB.

Jelang partai panas tersebut, masing-masing tim memiliki bekal apik di fase grup dan 16 besar mereka, dan sama-sama berstatus unggulan.

Timnas Belanda finis sebagai juara Grup A dengan 7 poin tanpa mencatatkan satu pun kekalahan. Di 16 besar, mereka menumbangkan Amerika Serikat dengan skor 3-1.

Sementara itu, Timnas Argentina adalah juara Grup C yang mengumpulkan 6 poin. Satu-satunya laga yang memalukan bagi mereka adalah kekalahan dari Arab Saudi pada matchday pertama, 1-2.

Lalu di 16 besar, Lionel Messi cs menekuk Australia 2-1 untuk meraih tiket ke perempat final. Namun di 8 besar, mereka menghadapi lawan yang sangat sulit, Belanda.

Baca Juga

Jika menilik sejarah pertemuan kedua tim di Piala Dunia, mereka tercatat sudah berjumpa sebanyak lima kali.

Dengan demilian, pertandingan Belanda vs Argentina di jadwal perempat final Piala Dunia 2022 nanti akan jadi pertemuan keenam mereka sepanjang sejarah kompetisi.

Baca Juga

Piala Dunia 2014 - Argentina Menang Dramatis

Terakhir kali kedua tim berbeda benua ini bertemu di Piala Dunia adalah 2014. Saat itu, Argentina-lah yang tampil sebagai pemenang dengan drama adu penalti.

Laga yang digelar di Arena Corinthians, Sao Paulo, pada 9 Juli 2014 tersebut berakhir dengan skor 0-0 di waktu normal.

Timnas Argentina asuhan Alejandro Sabella mengirim empat eksekutor penalti yang semuanya sukses menjalankan tugas dengan baik.

Baca Juga

1. Duel Belanda vs Argentina dari Masa ke Masa

Belanda vs Argentina akan berjumpa di perempat final Piala Dunia 2022.

Di sisi lain, Timnas Belanda gagal menceploskan bola ke gawang Argentina dua kali: masing-masing melalui Ron Vlaar dan Wesley Sneijder.

Piala Dunia 2006 - Pertandingan Grup

Mundur sedikit ke belakang, pertemuan Belanda vs Argentina di Commerzbank Arena, Frankfurt, pada 21 Juni 2006, mencatatkan hasil sama kuat antara keduanya.

Baik anak-anak asuh Marco van Basten maupun Jose Pekerman gagal menciptakan satu pun gol untuk menggondol poin di klasemen Grup C.

Meski begitu, mereka sama-sama lolos ke 16 besar sebagai juara (Argentina) dan runner-up (Belanda), namun sayang keduanya gagal melaju jauh di turnamen.

Piala Dunia 1998 - Belanda Menang Tipis

Pertemuan Belanda vs Argentina lainnya sebelum Piala Dunia 2022 adalah 1998.

Baca Juga

Saat itu, tim Oranje asuhan Guus Hiddink menang tipis atas anak-anak asuh Daniel Passarella dengan skor 2-1 di perempat final.

Adalah Patrick Kluivert dan Dennis Bergkamp yang jadi pembawa petaka bagi La Abiceleste hari itu, 4 Juli 1998, di Stade Velodrome, Marseille.

Baca Juga

Di sisi lain, satu-satunya gol Timnas Argentina dicetak oleh Claudio Lopez - yang sempat membuat kedudukan sama kuat 1-1.

Hanya saja, dewi fortuna belum berpihak kepada Diego Simeone dkk, lantaran gol kedua sekaligus penentu kemenangan Belanda hadir jelang akhir pertandingan melalui Dennis Bergkamp.

Belanda yang kemudian melaju ke semifinal, dikalahkan Brasil dan gagal menggondol tempat ketiga usai ditekuk Kroasia.

Baca Juga

2. Ada Era 1970-an

Belanda vs Argentina akan berjumpa di perempat final Piala Dunia 2022.

Piala Dunia 1978 - Laga Bersejarah

Berlga di Estadio Monumental Antonio Vespuci, Buenos Aires, Timnas Belanda takluk dengan skor 1-3 saat melakoni partai final melawan Argentina.

Pertandingan waktu normal yang berakhir dengan skor 1-1 usai gol Maria Kempes dan Dick Nanninga, harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Mario Kempes pun kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-104, ditambah satu gol lagi dari Daniel Bertoni pada menit ke-114.

Dengan ini, Timnas Argentina berhasil jadi juara di kandang sendiri sekaligus meraih gelar pertama mereka di Piala Dunia.

Sementara itu, Mario Kempes menutup kompetisi sebagai top skor dengan raihan 6 gol sekaligus menggondol predikat pemain terbaik.

Baca Juga

Piala Dunia 1974 - Belanda Menang Besar

Berjumpa di pertandingan Grup A, Timnas Belanda asuhan Rinus Michels menang besar-besaran atas Argentina dengan skor 4-0.

Ya, tidak sekali pun Timnas Argentina diberi kesempatan untuk mencetak gol dan memecah telurnya di papan skor.

Baca Juga

Johan Curyff tampil sebagai pahlawan Belanda dengan dua golnya, sedangkan dua gol lainnya dicetak oleh Ruud Krol dan Johnny Rep.

Parkstadion, Gelsenkirchen, jadi saksi bisu kemenangan masif Belanda pada 26 Juni 1974 tersebut, yang juga sukses membawa mereka ke fase berikutnya.

Demikian catatan pertemuan Belanda vs Argentina sebelum perempat final Piala Dunia 2022, yang sudah terjadi lima kali. Lantas, bagaimana dengan Qatar tahun ini? Kita tunggu saja aksi keduanya.

Baca Juga

Sumber: 11v11.com

BelandaArgentinaPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini