x

Banting Setir Jadi Agen, Maitimo Ingin Angkut Pemain Belanda ke Liga 1

Sabtu, 10 Desember 2022 19:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Raphael Maitimo saat berseragam PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - Raphael Maitimo telah gantung sepatu sebagai pesepak bola profesional. Dia lantas mencoba petualangan baru menjadi seorang agen pemain.

Maitimo memang memutuskan gantung sepatu karena faktor usai. Pemain naturalisasi ini menilai usianya yang sudah menginjak 38 tahun akan kurang berkontribusi bila masih memaksa bermain.

Kini, setelah memutuskan gantung sepatu, pria kelahiran Belanda ini mengaku tak akan meninggalkan dunia sepak bola yang telah membesarkan namanya.

Setidaknya, Raphael Maitimo akan menjadi seorang agen yang membawa pemain dari luar negeri untuk bermain di Indonesia maupun sebaliknya. Dia seperti ketularan pemain naturalisasi lain yang notabene legenda Persib Bandung, Sergio van Dijk.

"Saya akan tetap di industri sepak bola dengan menjadi agen. Tak hanya di Indonesia tetapi juga internasional, seperti Sergio van Dijk," ucap Raphael Maitimo ketika berbincang dengan INDOSPORT beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Maitimo pun tidak menutup peluang dirinya akan membawa asal Belanda untuk bermain di Liga Indonesia. Tetapi, dia akan melihat konsistensi Liga 1 bergulir terlebih dulu.

"Bisa jadi (bawa pemain Belanda) pasti ada targetnya, tapi lihat dulu Liga 1. Kalau bisa nanti saya proses untuk membawa pemain Belanda ke Indonesia," jelas pemain kelahiran Rotterdam tersebut.

Baca Juga

Namun, Maitimo menilai untuk pemain Belanda yang masih muda lebih baik fokus di Eropa terlebih dulu. Bila sudah di atas 25 tahun baru mulai melirik Indonesia atau Asia Tenggara sebagai solusi karier mereka.

"Memang semua tergantung situasi. Kalau masih muda memang lebih baik pemain fokus di Eropa. Tapi kalau sudah di atas 25 tahun sepak bola Indonesia atau Asia Tenggara bisa menjadi opsi karier mereka," tukas Raphael Maitimo. 

Baca Juga

1. Maitimo Dimakan Usia

Raphael Maitimo pada saat latihan bersama timnas di lapangan SUGBK, Jakarta.

Pemain naturalisasi timnas Indonesia, Raphael Maitimo, resmi gantung sepatu dari dunia sepak bola. Dia menilai bahwa usianya sudah tidak muda, sehingga harus menyudahi karier.

Raphael Maitimo memang sudah menginjak usia 38 tahun. Beberapa klub besar Indonesia sudah pernah dibela pemain kelahiran Belanda ini.

Dia menjadi salah satu pemain kelahiran Belanda yang dinaturalisasi, tepatnya pada 2010. Maitimo mengajukan diri menjadi seorang Warga Negara Indonesia (WNI).

Proses dirinya menjadi WNI memakan waktu dua tahun hingga akhirnya pada 2012 dinyatakan sah dan diperbolehkan membela timnas Indonesia di Piala AFF 2012.

Baca Juga

Meski sudah menjadi WNI, Raphael Maitimo baru menjajaki karier di Liga Indonesia dengan bergabung bersama Mitra Kukar edisi 2013.

Dari Mitra Kukar, Raphael Maitimo sempat membela Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Arema FC, Persib Bandung, Madura United, Persebaya Surabaya, PSIM Yogyakarta, PSM Makassar, Persita Tangerang, dan terakhir Barito Putera.

Maitimo juga sempat menjadi pilar timnas Indonesia. Kini, dia mengaku sudah pensiun dari dunia sepak bola, meski masih ada secuil keinginan merumput.

Baca Juga

"Sebenarnya saya sudah pensiun. 95 persen pensiun. Umur saya 38 tahun, saya sebenarnya masih bisa bermain.," ucap Maitimo ketika berbincang dengan INDOSPORT beberapa waktu lalu.

"Tapi, kalau saya menurut saya kans bermain saya sedikit dan saya takut tidak bisa berkontribusi untuk tim. Itulah yang terpenting bagi saya," tegasnya.

BelandaRaphael MaitimoTimnas IndonesiaPiala AFFLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Berita Timnas IndonesiaOne Football

Berita Terkini