x

Theerathon Bunmathan, Kapten Thailand yang Bakal Repotkan Timnas Indonesia di Piala AFF

Sabtu, 10 Desember 2022 16:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Tanpa kehadiran Chanathip Songkrasin, Thailand yang dipimpin Theerathon Bunmathan tetap akan menjadi mimpi buruk bagi timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM – Tanpa kehadiran Chanathip Songkrasin, Thailand yang dipimpin Theerathon Bunmathan tetap akan menjadi mimpi buruk bagi timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Siapakah Theerathon Bunmathan itu? Dirinya termasuk salah satu dari tiga pemain senior di timnas Thailand yang kembali ditunjuk sebagai kapten untuk Piala AFF 2022.

Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh manajer timnas Thailand Nualphan Lamsam dan pelatih kepala Mano Polking, sebagaimana melansir dari Siamsport.co.th.

Bek kiri berusia 32 tahun tersebut nantinya akan dibantu oleh Sarach Yooyen dan striker veteran Teerasil Dangda yang juga ditunjuk sebagai deputi.

Dalam keterangannya, Nualphan Lamsam menuturkan bahwa Theerathon masih dibutuhkan oleh Pasukan Gajah Perang karena dia masih berada dalam performa terbaik.

Baca Juga

Selain itu, bek kiri yang membela Buriram United tersebut juga punya pengalaman enam kali membawa Thailand menjuarai Piala AFF.

Tentunya, kehadiran Theeraron Bunmathan menjadi pemantik semangat timnas Thailand yang resmi ditinggalkan pemain andalan mereka, Chanathip Songkrasin.

Beberapa waktu lalu, pemain berjulukan Messi Jay tersebut memutuskan absen di Piala AFF 2022 dan akan memberikan kesempatan kepada para pemain muda Thailand.

Kerasnya kompetisi di Jleague sejak membela Kawasaki Frontale jadi alasan utamanya. Selain itu, Chanathip masih terbebani kegagalan timnya menjadi juara kompetisi liga.

Baca Juga

Diketahui, Kawasaki harus puas mengakhiri musim di posisi runner-up. Mereka tertinggal dua poin dari Yokohama F. Marinos yang menjadi juara.

Nah, sosok Theerathon Bunmathan ini tentunya bakal diwaspadai oleh skuad Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong di Piala AFF 2022 nanti.

Pasalnya, Indonesia satu grup dengan juara bertahan Thailand di Grup A. Selain itu, juga ada tiga pesaing lainnya yakni Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Untuk lebih mengenal sosok Theerathon Bunmathan, sobat INDOSPORT bisa menyimak kehebatan sang pemain dan kiprahnya yang selalu jadi penjegal Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Baca Juga

1. Theerathon Bunmathan: Pernah Setim dengan Andreas Iniesta di J League

Aksi Theerathon Bunmathan saat berseragam Yokohama F. Marinos di Liga Jepang.

Melansir dari Transfermarkt, Theerathon Bunmathan saat ini terdaftar sebagai pemaim klub kasta tertinggi Liga Thailand (Thai League), yakni di Buriram United.

Ini menjadi periode keduanya dia berseragam Buriram United sejak meninggalkan klub untuk pindah ke Muangthong United pada 2016 silam.

Theerathon kembali ke Buriram pada Desember 2021 lalu. Pada Thai League musim ini, Theerathon Bunmathan sudah mencatat 1 gol dan 4 assist dari 15 penampilan di kompetisi tersebut.

Buriram sendiri saat ini tampil cukup dominan di Thai League. Mereka menduduki posisi pertama di klasemen sementara, unggul beberapa poin dari Bangkok United.

Usut punya usut, Theerathon Bunmathan pernah empat musim merasakan atmosfer kasta pertama Liga Jepang, H-League. Bunmathan membela dua klub berbeda.

Baca Juga

Vissel Kobe menjadi klub pertama Theerathon Bunmathan menapaki kariernya di Negeri Matahari Terbit pada musim 2018. Theerathon hanya semusim di Kobe sebelum pindah ke Yokohama F Marinos.

Meski hanya semusim di Vissel Kobe, Theerathon berkesempatan satu tim dengan legenda Barelona dan timnas Spanyol, Andres Iniesta dan legenda timnas Jerman, Lukas Podolski.

Baca Juga

Ada pun tiga musim berikutnya, 2019, 2020, dan 2021 dihabiskan Theerathon Bunmatan mengukir karier bersama Yokohama F Marinos.

Ketik Theerathon Bunmatan jadi bagian dari skuad Yokohama besutan Ange Postecoglu, dia ikut membantu klub itu memenangkan gelar J1 League untuk  kali pertama sejak 2004.

Capaianya ini membuat Theerathon Bunmatan diganjar kontrak permanen oleh Yokomana di sepanjang musim 2020.

Baca Juga

2. Jadi Mimpi Buruk Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Timnas Indonesia raih gelar runner up di Piala AFF 2020.

Theerathon Bunmathan merupakan sosok pemain senior di timnas Thailand. Dia sudah tampil 64 kali di timnas Thailand sejak debutnya pada 1 Desember 2010.

Pemain berusia 32 tahun ini memiliki peran penting dalam membantu timnas Thailand menjuarai Piala AFF 2020, di mana ini jadi gelar keenam bagi pasukan Gajah Perang.

Bukan hanya itu, kemenangan Thailand tersebut diraih setelah Theerathon Bunmatan dan kawan-kawan membuyarkan mimpi Timnas Indonesia meraih gelar perdana Piala AFF.

Diketahui, Indonesia belum pernah satu pun memenangkan gelar dalam 9 keikutsertaan mereka di turnamen, dengan enam kali di antaranya harus puas menjadi runner-up.

Pada partai final turnamen tahun lalu, Theerathon menyumbang satu assist pada pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020 melawan Timnas Indonesia

Saat itu, Timnas Indonesia menelan kekalahan dari Thailand dengan skor 3-0.

Theerathon kembali jadi mimpi buruk Timnas Garuda usai mencetak satu gol pada leg kedua final Piala AFF 2022, di mana skor berakhir sama kuat 2-2.

Thailand akhirnya dinobatkan keluar sebagai juara lantaran menang agregat 6-2 dari Timnas Indonesia.

ThailandTheerathon BunmathanTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas ThailandChanathip SongkrasinBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini