x

Piala Dunia 2022: Jelang Hadapi Prancis di Semifinal, Kunci Pertahanan Gerendel Maroko Harus Absen!

Senin, 12 Desember 2022 05:16 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Maroko dipastikan tidak akan berada dalam kondisi optimal saat meladeni Prancis di semifinal Piala Dunia 2022 akibat absennya Romain Saiss. REUTERS-Amr Abdallah Dalsh

INDOSPORT.COM - Maroko dipastikan tidak akan berada dalam kondisi optimal saat meladeni Prancis di semifinal Piala Dunia 2022 akibat absennya Romain Saiss.

Kapten sekaligus defender utama The Atlas Lions tersebut mengalami cedera paha dan kemungkina tidak akan pulih sebelum Kamis (15/12/22) mendatang saat duel kontra Les Bleus digelar.

Hanya ada tujuh pemain Maroko yang memainkan semua lima laga mereka sejauh ini sebagai starter dan Saiss adalah salah satunya.

Romain Saiss adalah kunci kenapa negaranya baru kemasukan satu gol sepanjang Piala Dunia 2022 dan itupun karena bunuh diri.

Bersama dengan Achraf Hakimi, Nayef Aguerd, dan Noussair Mazraoui, ia membentuk back four yang solid dan membantu para kiper Maroko mengumpulkan empat cleansheet.

Baca Juga

Menurut catatan WhoScored, per 90 menit Saiss mencatatkan satu tekel, 0,5 potongan, dan enam sapuan.

Hasilnya Maroko tidak jadi lumbung gol mesi selama di Piala Dunia 2022 harus menghadapi para raksasa seperti Kroasia, Belgia, Spanyol, dan Portugal.

Baca Juga

Sayangnya Saiss harus ditandu sebelum babak kedua usai saat Maroko meladeni Portugal di babak delapan besar pada Sabtu (10/12/22) lalu.

Eks bek sentral Wolverhampton Wanderers yang kini membela Besiktas tersebut tampak tidak bisa menahan air mata saat digotong oleh petugas medis dari lapangan.

Ia seolah tahu jika mungkin saja kansnya untuk mendampingi Maroko di sisa Piala Dunia 2022 terutama laga melawan Prancis sudah sirna.

Baca Juga

1. Maroko Semakin Diuji

Duel fisik terjadi antara striker Spanyol, Marco Asensio (kanan) dengan bek Maroko, Roman Saiss dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Bernadett Szabo).

"Jika saya merasa sulit sekali untuk bermain, maka saya tidak akan ambil risiko yang akan merugikan tim di semifinal," beber Romain Saiss dilansir oleh ESPN.

"Tentu saja saya ingin melakukan yang semaksimal mungkin agar bisa tampil," tambah pemain 32 tahun itu lagi.

Tanpa Saiss di lini pertahanan, mungkin saja Maroko tidak akan panen rekor di Piala Dunia 2022.

Tim besutan Walid Regragui tersebut jadi tim pertama asal Afrika yang bisa menginjakkan kaki di empat besar Piala Dunia.

Sebelumnya para wakil benua hitam paling banter hanya bisa sampai ke perempat final atau malah jadi lumbung gol di fase grup.

Baca Juga

Menarik untuk menantikan rekayasa taktik apa yang akan Regrarui tunjukkan dengan absennya Saiss.

Pasanya juga ada isu jika Mazroui dan Aguerd juga belum akan fit untuk bermain di Maroko vs Prancis.

Baca Juga

Mungkin dengan ini strategi parkir bus akan semakin terlihat seperti apa yang sudah dilakoni Maroko sejak fase grup.

Yang terpenting adalah Maroko berani untuk bermain dengan strategi yang tercocok untuk kompsosisi skuat sekaran.

Dengan adanya Romain Saiss mereka pede lebih mengedepankan pertahanan untuk menyempitkan gap dengan para favorit di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Sumber: ESPN

PrancisMarokoPiala Dunia 2022

Berita Terkini