x

Fakta Jelang Prancis vs Maroko di Semifinal Piala Dunia 2022: Dendam Singa Atlas di Era Penjajahan

Selasa, 13 Desember 2022 10:29 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Pertandingan Prancis vs Maroko di semifinal Piala Dunia 2022 menampilkan fakta menarik. Salah satunya, duel ini menghidupkan lagi perang di masa kolonialisme.. (Foto: REUTERS/Henry Nicholls)

INDOSPORT.COM -  Pertandingan Prancis vs Maroko pada semifinal Piala Dunia 2022 menampilkan sejumlah fakta menarik. Salah satunya, ini akan menjadi pertemuan kedua negara yang pernah terlibat perang di era penjajahan kolonial.

Duel Prancis vs Maroko di babak semifinal Piala Dunia 2022 akan dilangsungkan di Stadion Al Bayt, Qatar, Kamis (15/12/22) pukul 02.00 dinihari WIB.

Pertemuan ini juga diprediksi berlangsung sengit. Penggemar berharap Maroko mengalahkan Prancis sebagai pembalasan atas pemerintahan kolonial negara Eropa di negara Afrika Utara tersebut.

Jika Maroko berhasil menaklukkan Prancis, maka mereka telah berhasil menyingkirkan tiga negarabekas penjajahnya. Sebelumnya, Maroko juga memulangkan Spanyol dan Portugal.

Sembari menantikan duel sengit Prancis vs Maroko di Piala Dunia, INDOSPORT.com mengulas deretan fakta jelang pertandingan kedua tim semifinal Piala Dunia 2022:

Baca Juga

1. Prancis Pernah Menjajah Maroko

Maroko merupakan salah satu negara bekas jajahan Prancis di era kolonialisme. Penjajahan ini bermula dari krisis politik yang dialami Maroko  dengan Prancis ikut campur tangan secara politik pada 1844.

Jauh sebelum itu, melansir dari laman P2K Stekom, Prancis ternyata sudah menguasai Maroko lewat perjanjian Traktat Fez yang ditandatangani pada 30 Maret 1912.

Baca Juga

Dalam perkembangannya, Prancis berhasil menguasai pemerintahan pusat dengan cara yang sama seperti yang dilakukan kepada negara-negara lain di Afrika seperti Tunisia hingga Aljazair.

Sekitar tahun 1937, mulai muncul pasukan perlawanan Maroko terhadap Prancis. Pada akhirnya, Maroko resmi merdeka pada tahun 1956 dan lepas dari belenggu Prancis.

Meski Prancis sudah tidak lagi menjajah Maroko, namun warisan budaya negara tersebut masih tertingal di Afrika Utara. Salah satunya, bahasa Prancis yang kerap digunakan warga Maroko sebagai bahasa sehari-hari.

Baca Juga

1. 2. Adu Pemain Top Skor Prancis vs Maroko

Kylian Mbappe dari Prancis merayakan gol ketiga mereka. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

Prancis dan Maroko memiliki dua pemain pencetak gol terbanyak. Torehan keduanya memang bertolak belakang, namun kemampuan mereka bolehlah diadu di lini depan.

Kylian Mbappe merupakan tulang punggung Les Bleus di lini depan. Dia  mencetak lima gol dalam lima pertandingan dan menjadi top skor sementara di sepanjang Piala Dunia 2022.

Catatan ini sejatinya sudah melampaui jumlah golnya dari penampilan sebelumnya di turnamen pada 2018, ketika Prancis memenangkan Piala Dunia.

Maroko, sementara itu memiliki Youssef En-Nesyri  yang saat ini digadang-gadang sebagai permata di Piala Dunia 2022.

Pemain berusia 25 tahun tersebut memegang peran penting saat membawa Maroko mengalahkan tim elite Eropa, seperti Belgia, Spanyol, dan Portugal untuk menembus semifinal.

Baca Juga

Striker Sevilla itu sudah mengemas dua gol dari lima laga di Piala Dunia Qatar 2022. Salah satu golnya tercipta saat Maroko memetik menang tipis 1-0 atas Portugal di perempat final.

3. Head-to-Head Prancis vs Maroko

Skuad besutan Didier Deschamps masih memegang rekor tak terkalahkan atas wakil Afrika Utara dalam pertemuan mereka sebelumnya.

Baca Juga

Prancis dan Maroko sudah bertemu dalam 11 kesempatan sebelumnya, di mana Singa Atlas baru sekali berhasil mengalahkan Prancis pada tahun 1963.

Prancis, sebaliknya, lebih mendominasi dengan memenangkan tujuh pertemuan dan tiga laga lainnya berakhir imbang.

Sudah setengah dekade sejak Maroko dan Prancis bertemu. Tepatnya, di pertandingan persahabatan yang berakhir imbang 2-2.

Meski imbang, hasil tersebut menunjukkan kebangkitan nyata Maroko, setelah tujuh tahun sebelumnya mereka dihajar Prancis 5-1 pada tahun 2000.

Baca Juga

2. 4. Deretan Rekor Jelang Prancis vs Maroko

Pelatih Maroko Walid Reragui merayakan kemenangan usai Maroko lolos ke semifinal Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Bernadett Szabo)

Bisa dikatakan duel Prancis vs Maroko diwarnai dengan rekor yang sudah dan akan dicapai selama keikutsertaan mereka di Piala Dunia 2022.

- Maroko adalah negara Arab dan Afrika pertama yang mencapai semifinal Piala Dunia. Tiga wakil Afrika sebelumnya Kamerun (1990), Senegal (2002), dan Ghana (2010) paling banter hanya mampu mencapai perempat final.

- Maroko menjadi tim ketiga di luar tim Eropa dan Amerika Selatan yang pernah lolos ke semifinal Piala Dunia. Rinciannya, AS pertama kali mencapai semifinal pada Piala Dunia 1990, kemudian ada Korea Selatan yang melangkah hingga semifinal di edisi 2002.

Baca Juga

- Pelatih Walid Reragui menjadi manajer Arab pertama yang memimpin tim ke babak sistem gugur bahkan hingga semifinal Piala Dunia.

- Maroko tercatat hanya kebobolan sekali di sepanjang turnamen ini. Itu pun tercipta dari gol bunuh diri Nayef Aguerd. Dengan kata lain, belum ada pemain lawan yang mampu menjebol gawang Maroko.

- Prancis menjadi  juara bertahan pertama yang mencapai semifinal Piala Dunia sejak Brasil pada 1998.

Prancis berpeluang menjadi finalis beruntun pertama sejak Brasil pada 2002. Italia (1934 dan 1938) dan Brasil (1958 dan 1962) jadi satu-satunya negara yang memenangkan dua Piala Dunia berturut-turut.

Baca Juga
PrancisMarokoPiala Dunia 2022Kylian MbappeUpdate Piala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022Youssef En-Nesyri

Berita Terkini