x

Liga 1: Persis vs Barito Putera, Irfan Bachdim Pantang Anggap Sepele Lawan

Rabu, 14 Desember 2022 14:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Irfan Bachdim saat tampil dalam laga uji coba Persis Solo melawan Persinga Ngawi di Lapangan Banyuanyar, Solo, Sabtu (15/10/22). Foto: Persis Solo

INDOSPORT.COM - Winger Persis Solo, Irfan Bachdim, menegaskan kekuatan Barito Putera di Liga 1 Indonesia 2022-2023 tak boleh diremehkan. Maka, mereka wajib waspada saat bersua di Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu (13/12/22).

Barito Putera menjadi lawan Persis pada pekan ke-14. Bila melihat peringkat, mereka lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan.

Persis Solo kini menduduki peringkat ke-11 dengan perolehan 14 poin. Sementara Barito Putera masih berada di posisi ke-17 (6 poin).

Namun, Irfan Bachdim melihat hal berbeda dari Barito Putera. Dari sisi materi pemain, bapak tiga anak ini menilai Laskar Antasari merupakan tim yang berkualitas.

"Kami respek sama Barito Putera. Kami tahu walau mungkin mereka ada di posisi bahah, timnya sangat kuat juga," kata Irfan Bachdim, Selasa (13/12/22).

Baca Juga

"Ada Rizky Pora, Rafael (Silva), lalu ada bek kanan, Bagas Kaffa, yang sekarang sangat bagus. Mungkin momentumnya saja tak maksimal, tapi kami harus siap karena Barito Putera sangat kuat," lanjutnya.

Menurut Bachdim, masa persiapan terbilang kurang ideal. Baik Persis Solo maupun Barito Putera sama-sama bertanding di Semarang pada Minggu (11/12/22).

Baca Juga

Lalu, hanya dalam jeda dua hari, mereka sudah harus bersiap untuk melakoni laga di Bantul pada Rabu (14/12/22). Maka, fokus utama selama jeda hanyalah recovery.

"Kami harus selalu siap dan kita punya strategi dari pelatih. Semoga bisa mendapatkan hasil yang terbaik untuk laga nanti," tutur Bachdim.

Baca Juga

1. Persis Siaga Penuh

Para pemain Persis Solo merayakan gol ke gawang Rans Nusantara FC. (Foto: Persis Solo)

Hal senada diutarakan pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano. Dari sisi penjadwalan, setiap tim memang dituntut kerja ekstra keras.

"Kami fokus pada recovery karena enam pertandingan dalam 20 hari itu terlalu banyak. Sekarang kami menghadapi pertandingan ketiga. Kami benar-benar fokus pada recovery pemain," jelas Leonardo Medina.

Pria yang akrab disapa Leo ini sudah melihat permainan Barito Putera saat melawan Persebaya Surabaya dan Dewa United FC.

Menurut Leo, Barito Putera memiliki kelebihan yang harus diwaspadai. Dalam waktu yang super mepet, Persis Solo sudah menyiapkan cara agar bisa bermain bagus dan memenangkan pertandingan.

"Kami sudah menyiapkan strategi untuk menghadapi tim yang kuat seperti Barito Putera. Mereka bagus secara organisasi permainan, punya winger cepat dan pemain asing yang berpengalaman," jelas Leonardo Medina.

Baca Juga

Namun, Leo tak mau terlalu fokus pada kekuatan lini per lini Barito Putera. Menurutnya, penting bagi tim pelatih untuk fokus pada timnya sendiri.

Selain itu, Leo juga percaya bahwa setiap pemain yang akan ditampilkan bisa memberi kontribusi terbaik. Dia tak cemas dengan potensi absennya beberapa pemain.

Seperti di lini belakang, Jaimerson Xavier akan absen karena masa larangan bermain masih satu partai lagi. Sementara Fabiano Beltrame baru saja kembali dari Brasil.

Baca Juga

"Saya senang bekerja dengan semua yang ada di tim. Saya percaya pada semua pemain. Meski setiap pemain memiliki karakteristik yang berbeda, tapi dari sisi kualitas punya level yang sama," ucap Leonardo Medina.

Persis Solo kemungkinan kembali menduetkan Muhammad Kanu Helmiawan dan Rian Miziar. Lalu, ada Gavin Kwan Adsit dan Abduh Lestaluhu di pos bek sayap.

Sementara bek asal Sragen, Eky Taufik, harus mengakhiri sistem bubble Liga 1 lebih cepat. Dia harus beristirahat dua pekan karena baru saja menjalani operasi fraktur tulang hidung.

Barito PuteraIrfan BachdimPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One FootballLeonardo Medina Arellano

Berita Terkini