x

5 Pemain yang Menjadi Rebutan Klub Besar Eropa Usai Tampil Gemilang di Piala Dunia 2022

Jumat, 16 Desember 2022 18:38 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Striker Timnas Portugal, Goncalo Ramos saat tampil di Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Carl Recine).

INDOSPORT.COM - Setelah Piala Dunia 2022 selesai, jagat sepak bola akan kembali diramaikan dengan adanya bursa transfer pemain klub Eropa pada musim dingin atau Januari 2023.

Banyak klub besar Eropa pastinya memburu amunisi baru berdasarkan melihat penampilan sejumlah pemain dari negara peserta Piala Dunia 2022 Qatar.

Dalam ajang Piala Dunia 2022 Qatar, memang banyak pemain muda hingga tua mampu unjuk kebolehan. Tidak hanya urusan soal mencetak gol, namun mereka berhasil menjalankan tugas dengan baik di posisi masing-masing.

Seperti berikut ini INDOSPORT telah merangkum lima pemain yang sukses tampil gemilang di Piala Dunia 2022, dan dipediksi menjadi rebutan di bursa transfer Januari mendatang:

Goncalo Ramos - Timnas Portugal

Meski telah gugur, Portugal memiliki pemain muda bernama Goncalo Ramos sempat membuat kejutan di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Striker milik Benfica ini diturunkan sebagai starter oleh Fernando Santos. Menggantikan posisi Cristiano Ronaldo, ia sukses mencetak hattrick dan membawa Portugal menang 6-1 atas Swiss.

Hal ini membuat Manchester United berencana untuk merekrutnya sebagai pengganti Cristiano Ronaldo yang memutuskan hengkang pada Rabu (23/11/22) lalu.

Namun, Benfica cukup percaya diri untuk mempertahankan Ramos. Karena mereka berada dalam posisi yang strategis untuk mencegah kepergian sang wonderkid.

Baca Juga

Hal ini disebabkan karena Goncalo Ramos baru meneken kontrak baru di Benfica. Ia telah setuju membela Las Aguilas hingga Juni 2026 mendatang.

Dalam kontrak barunya ini, Goncalo Ramos memiliki klausul rilis sebesar 120 juta Euro. Manchester United sepertinya bakal pikir dua kali untuk menebus sang wonderkid Potrugal tersebut di bursa transfer Januari.

Baca Juga

1. Mohammed Kudus - Timnas Ghana

Mohammed Kudus dari Ghana merayakan gol ketiganya ke gawang Korea Selatan di Piala Dunia 2022 REUTERS-Molly Darlington

Selanjutnya ada gelandang muda Ghana bernama Mohammed Kudus. Meski gagal membawa Ghana lolos ke babak 16 besar, namun striker 22 tahun tersebut mampu menarik perhatian beberapa klub besar Eropa.

Mohammeds Kudus jadi pemain Ghana pertama yang mampu mencetak brace di panggung sebesar Piala Dunia. Gelandang 22 tahun itu jadi pemain termuda kedua dari Benua Afrika yang mampu mengemas dwigol di satu laga Piala Dunia saat bersua Korea Selatan.

Tiga raksasa Liga Inggris yakni Liverpool, Tottenham Hotspur dan Everton disebut-sebut bakal mengupayakan cara untuk mendapatkannya di bursa transfer Januari mendatang.

Josko Gvardiol - Timnas Kroasia

Pemain andalan RB Leipzig yakni Josko Gvardiol menjadi sorotan di Piala Dunia 2022. Karena diusianya yang masih muda, ia mampu menjadi tulang punggung di lini belakang Kroasia.

Baca Juga

Oleh karena itu, sejumlah klub seperti Chelsea, Manchester United, hingga Manchester City tertarik untuk mendatangkan pemain berusia 20 tahun tersebut.

Chelsea dan Manchester United dikabarkan telah menyerahkan proposal dengan nilai sekitar 77-82 juta pounds atau setara Rp1,4-1,5 miliar.

Baca Juga

Namun, Beberapa waktu selepas pertandingan antara Argentina vs Kroasia, beredar sebuah video yang menampilkan aksi Lionel Messi dalam melewati Gvardiol.

Aksi itu disebut membuat nilai pasar Josko Gvardiol turun, setelah digadang-gadang bakal menjadi bek paling mahal di dunia.

Baca Juga

2. Sofyan Amrabat - Timnas Maroko

Sofyan Amrabat dari Maroko beraksi dengan Sam Adekugbe dari Kanada di laga Piala Dunia 2022 REUTERS-Carl Recine.jpg

Sofyan Amrabat merupakan nyawa kuatnya lini pertahanan Maroko di Piala Dunia 2022. Meski bukan sebagai bek, ia merupakan sosok gelandang bertahan tangguh.

Ia bermain sebagai free man atau pemain yang bebas dalam konteks bertahan. Sofyan Amrabat selalu cerdik membaca arah bola dari lawan mau dioper ke siapa.

Hal ini yang membuat setiap lawan selalu kesulitan menguasai bola di lini tengah Maroko. Sofyan Amrabat kini tercatat sebagai gelandang milik klub Liga Italia, Fiorentina.

Kini dirinya dikabarkan sudah menjadi rebutan banyak klub besar Eropa seperti Liverpool, Atletico Madrid hingga Tottenham Hotspur. Bahkan Spurs dilaporkan siap menggenlontorkan dana sebesar 50 juta euro di bursa transfer Januari mendatang.

Enzo Fernandez - Timnas Argentina

Di Piala Dunia 2022, ada gelandang muda yang masih berusia 21 tahun sedang mendapatkan perhatian dari banyak klub top Eropa. Ia adalah wonderkid Timnas Argentina, Enzo Fernandez.

Ia kini dikabatkan sedang diincar oleh Liverpool, Manchester United hingga Real Madrid. Pasalnya, Enzo Fernandez mampu tampil gemilang di Qatar.

Enzo Fernandez mencetak satu gol dan membuat satu assist dalam tiga pertandingan di fase Grup C. Ia menjadi pemain termuda Argentina yang berhasil mencetak gol di Piala Dunia setelah mega bintang, Lionel Messi.

Namun sepertinya berat bagi Liverpool, MU atau Real Madrid dalam mendapatkan jasa sang wonderkid. Pasalnya, Benfica hanya mau Enzo ditebus dengan klausul pelepasan di angka 120 juta Euro.

Bursa TransferKroasiaPrancisArgentinaMarokoPiala Dunia 2022Enzo FernandezMohammed KudusJosko GvardiolGoncalo RamosTrivia Piala Dunia 2022Sofyan Amrabat

Berita Terkini