x

Fernando Santos Resmi Tinggalkan Kursi Pelatih Portugal Seusai Piala Dunia 2022 Berakhir

Jumat, 16 Desember 2022 03:20 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Yohanes Ishak
Pelatih Portugal Fernando Santos saat di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Suhaib Salem)

INDOSPORT.COM – Fernando Santos akhirnya secara resmi akan mengakhiri perjalanannya bersama timnas Portugal seusai Piala Dunia 2022 berakhir.

Kegagalan Portugal di Piala Dunia 2022 tampaknya telah membuat Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) mengambil sikap terhadap sang pelatih, Fernando Santos.

Terbaru, Fernando Santos dikabarkan akan segera mengakhiri tugasnya sebagai pelatih tim berjuluk Selecao das Quinas tersebut.

Kabar tersebut turut dipastikan oleh jurnalis yang juga pakar transfer, Fabrizio Romano, melalui akun media sosial Twitter miliknya, Kamis (15/12/22).

Dalam pernyataannya tersebut Fabrizio Romano juga menyebutkan Portugal akan menunjuk pelatih anyar dalam beberapa minggu ke depan.

Baca Juga

“Fernando Santos tidak lagi menjadi pelatih kepala Portugal. Keputusan telah dibuat setelah Piala Dunia,” tulis Fabrizio Romano.

“Portugal akan menunjuk manajer baru dalam beberapa minggu ke depan,” tambah sang jurnalis.

Baca Juga

Portugal sendiri harus mengakhiri langkahnya di Piala Dunia 2022 seusai dipermalukan tim non-unggulan, Maroko di babak perempat final.

Hasil tersebut tidak hanya membuat Portugal tersingkir tetapi juga memberi pukulan telak kepada pemain mega bintang mereka, Cristiano Ronaldo dan juga sang pelatih, Fernando Santos.

Meski baru akan meninggalkan kursi pelatih seusai Piala Dunia 2022 berakhir, nama-nama pengganti Fernado Santos pun mencuat, salah satunya adalah Jose Mourinho.

Baca Juga

1. Jose Mourinho Paling Dekat Gantikan Fernando Santos

Jose Mourinho memegang trofi UEFA Conference League pasca membawa AS Roma menjadi juara (26/05/22). (Foto: REUTERS/Lisi Niesner)

Kabar yang mengaitkan kepergian Fernando Santos dari kursi pelatih timnas Portugal saat ini telah mendekati kenyataan.

Sebenarnya, Fernando Santos masih terikat kontrak bersama timnas Portugal hingga 2024 mendatang, atau tepatnya seusai Euro 2024.

Namun, keputusan kini telah diambil dan pekerjaan Fernando Santos bersama timnas Portugal pun akan segera resmi berakhir.

Pelatih asal Portugal lain, Jose Mourinho dikabarkan menjadi kandidat paling kuat untuk meneruskan tugas Fernando Santos.

Rekam jejak apik yang ditunjukkan oleh Jose Mourinho menjadi salah alasan mengapa Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) meliriknya.

Baca Juga

Rekam jejak itu pula yang diyakini akan membawa nasib timnas Portugal ke depan semakin berprestasi. Akan tetapi, sejumlah kendala pun mencuat.

Salah satu kendala yang paling nyata adalah soal Jose Mourinho yang saat ini masih terikat kontrak dengan klub Liga Italia (Serie A), AS Roma.

Baca Juga

Jose Mourinho masih memiliki masa abdi dengan AS Roma hingga tahun 2024 mendatang. Namun, ada juga yang menyebut hal itu tidak akan menjadi masalah.

Jose Mourinho dikabarkan juga akan siap untuk menunaikan dua tugas sekaligus alias merangkap jabatan sebagai pelatih timnas Portugal dan juga AS Roma.

Meski belum mendapat kabar resmi, akan tetapi dengan Jose Mourinho melatih dua tim sekaligus akan menjadi tantangan tersendiri yang layak untuk dinantikan.

Baca Juga

Sumber: Twitter.com/FabrizioRomano

PortugalJose MourinhoPiala DuniaPiala Dunia 2022Fernando Santos

Berita Terkini