x

5 Rekor yang Bisa Dipecahkan Lionel Messi di Final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis

Minggu, 18 Desember 2022 14:26 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Ekspresi bahagia Lionel Messi di laga semifinal Piala Dunia 2022 Argentina vs Kroasia (14/12/22). (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

INDOSPORT.COM – Ada lima rekor yang bisa dipecahkan Lionel Messi saat bertanding di final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis, Minggu (18/12/22).

Partai puncak Piala Dunia 2022 akan tersaji malam ini, saat dua negara besar sepak bola yakni Argentina dan Prancis bertemu.

Argentina berhasil menembus partai final ajang empat tahunan ini setelah mengandaskan perlawanan Kroasia dengan skor 3-0 di semifinal, Rabu (14/12/22).

Sehari setelahnya, giliran Prancis yang berhasil merebut satu tiket tersisa ke final usai mengandaskan perlawanan Maroko dengan skor 2-0, Kamis (15/12/22).

Pertemuan ini akan menjadi duel panas antara kedua negara. Pasalnya, dua negara ini berambisi keluar sebagai juara dan pulang membawa trofi.

Baca Juga

Argentina berencana mengakhiri perjuangannya meraih trofi di Piala Dunia 2022 ini yang telah lama tak diraihnya sejak 1986 silam.

Sebaliknya, Prancis ingin mengukir sejarah sebagai negara kedua setelah Brasil yang bisa menjuarai Piala Dunia secara Back to Back.

Baca Juga

Selain ambisi dua negara tersebut, ambisi juga diusung oleh para pemain dari kedua kesebelasan yang akan bertanding di final nanti.

Salah satunya adalah Lionel Messi. Kapten sekaligus megabintang Argentina ini punya misi tersendiri selain merebut gelar juara yang belum pernah diraihnya.

Misi tersebut adalah lima rekor penting yang bisa mengukuhkan status Lionel Messi sebagai pemain terbaik sejagat. Apa saja rekor yang bisa dipecahkannya di final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis?

Baca Juga

1. Rekor-rekor Legendaris di Hadapan Messi

Pemain megabintang sekaligus kapten Timnas Argentina, Lionel Messi tersenyum lebar usai membawa timnya ke final Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Molly Darlington).

1. Penampilan Terbanyak di Piala Dunia

Jika diturunkan di laga final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis, Lionel Messi akan menjadi pemain dengan penampilan terbanyak di ajang ini.

Saat ini, Messi telah tampil sebanyak 25 kali di Piala Dunia dalam lima edisi, jumlah yang sama dengan Lothar Matthaus yang berstatus pemain dengan penampilan terbanyak di ajang ini sepanjang sejarah.

Jika tampil di final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis, maka Messi akan menggeser Matthaus sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di Piala Dunia.

Baca Juga

2. Rekor Kontribusi Gol Terbanyak

Jika mampu mencetak gol atau assist di final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis, maka Lionel Messi menjadi pemain dengan kontribusi gol terbanyak.

Saat ini, Messi telah memberikan kontribusi sebanyak 19 gol di Piala Dunia, dengan catatan 11 gol dan 8 assist bagi Argentina.

Jika bisa mencetak satu gol atau satu assist, maka kontribusi gol Messi di Piala Dunia menjadi 20 gol, melebihi Miroslav Klose (16 gol, 3 assist) dan Ronaldo Nazario (15 gol, 4 assist).

Baca Juga

3. Rekor Assist Maradona

Lionel Messi juga punya kesempatan memecahkan rekor milik legenda Argentina, Diego Maradona, kala menghadapi Prancis di final Piala Dunia 2022.

Jika berhasil mencetak satu assist di laga kontra Prancis, Messi berarti telah mencetak sembilan assist dalam partisipasinya di Piala Dunia.

Jumlah itu akan melebihi catatan Maradona (8 assist) yang menjadi pencetak assist terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia.

Baca Juga

2. Cetak Rekor Pribadi

Selebrasi pemain megabintang sekaligus kapten Timnas Argentina, Lionel Messi usai cetak gol ke gawang Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Molly Darlington).

4. Rekor Pertama di Piala Dunia

Jika mampu mencetak gol di final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis, maka Lionel Messi menjadi pemain pertama yang bisa mencetak gol di seluruh fase gugur ajang ini.

Di Piala Dunia 2022 ini, Messi telah mencetak gol di babak 16 besar kontra Australia, di perempatfinal kontra Belanda, dan di semifinal kontra Kroasia.

Dengan mencetak satu gol di final Piala Dunia 2022 kontra Prancis, Messi akan menjadi pemain pertama yang memegang rekor ini.

Baca Juga

5. Peraih 2 Golden Ball

Jika berhasil membawa Argentina menang atas Prancis di final Piala Dunia 2022, Lionel Messi dipastikan akan meraih Golden Ball atau gelar pemain terbaik.

Andai gelar itu bisa diraihnya usai final Piala Dunia 2022, maka Messi akan menjadi pemain pertama yang meraih dua gelar Golden Ball atau pemain terbaik.

Gelar pertamanya sendiri didapat di final Piala Dunia 2014. Hanya saja, saat itu Lionel Messi dan Argentina gagal menjadi juara.

Besar harapan Lionel Messi ia bisa membawa Argentina menjadi juara di Piala Dunia 2022 ini dan menyabet gelar Golden Ball untuk kedua kalinya.

Baca Juga
ArgentinaLionel MessiPiala Dunia 2022Tim Nasional PrancisOne FootballTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini