x

Dibantai Borneo, Teco Evaluasi Habis-habisan Bali United Jelang Lawan PSS Sleman di Liga 1

Minggu, 18 Desember 2022 12:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Pertandingan antara Bali United vs Borneo FC pada BRI Liga 1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Kamis (15/12/22). (Foto: Bali United)

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, berharap timnya tak mengulang kesalahan ketika bertemu PSS Sleman pada pekan ke-16 Liga 1 2022/2023. Laga di Stadion Manahan, Solo, Senin (19/12/22) malam, sangat penting bagi kedua tim.

Bali United baru saja menelan pil pahit usai dikalahkan Borneo FC 1-3. Kekalahan itu menghadirkan kritikan meski Bali United sukses memenangkan tiga partai awal.

Kritikan itu karena Borneo FC hanya bermain 10 pemain sepanjang paruh kedua. Namun, gawang Bali United justru jebol tiga kali dan hanya membalas satu gol.

Tim pelatih sudah kerja keras untuk membedah penyebab kekalahan dari Borneo FC. Teco bersama stafnya menyaksikan lagi pertandingan melawan Borneo FC.

Menurut Teco, evaluasi atas penampilan melawan Borneo FC sudah diketahui. Teco pun menyampaikan itu kepada para pemain saat sesi latihan.

Baca Juga

"Kami sudah lihat yang kurang ketika melawan Borneo. Sekarang sudah kita koreksi, sudah bicara sama pemain. Mudah-mudahan tidak salah lagi, main lebih tenang, main lebih bagus, agar menang lawan Sleman," kata Teco, Sabtu (17/12/22).

Di atas kertas, Bali United jauh lebih diunggulkan ketimbang PSS. Pada empat partai sistem bubble ini, Bali United mendapatkan sembilan poin. Sementara PSS hanya meraih satu poin saja.

Baca Juga

Bahkan, keunggulan status itu diakui pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro. Dalam jumpa pers usai kalah dari PSIS Semarang 0-1, Seto menyebut hasil imbang sudah bagus ketika bertemu Bali United atau Persija Jakarta.

Terkait hal itu, Teco memahami situasi PSS Sleman di Liga 1. Ia menyebut para pemain harus kerja ekstra keras agar bisa menang atas tim Elang Jawa.

"Kami respect dengan pelatih Sleman. Kami tahu mereka butuh poin, tapi kami juga butuh poin agar bisa di posisi paling atas. Kami harus kerja keras," ujar Teco.

Baca Juga

1. Kembali Andalkan Lerby

Pertandingan antara Bali United vs Borneo FC pada BRI Liga 1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Kamis (15/12/22). (Foto: Bali United)

Dalam laga melawan Bali United, PSS kemungkinan belum bisa menampilkan Tallyson Duarte. Bek asal Brasil masih belum fit untuk bermain.

Sementara kebugaran Jihad Ayoub masih dipantau. Saat melawan PSIS, Jihad baru masuk pada pertengahan babak kedua. Begitu pula dengan Mychell Chagas. Soal hal itu, Teco enggan berkomentar lebih lanjut.

"Kami lebih fokus ke tim sendiri. Kami harus perbaiki lagi agar bisa kembali meraih kemenangan," harap Teco.

Bali United masih akan bermain tanpa Ilija Spasojevic yang gabung Timnas Indonesia. Praktis, Lerby Eliandry kembali jadi andalan Bali United lagi.

Dalam empat penampilan, Lerby mencetak satu gol ke gawang Borneo FC. Meski catatannya masih kalah ketimbang Eber Bessa maupun Privat Mbarga, Teco tetap mengapresiasi kinerja Lerby.

Baca Juga

Menurut Teco, Lerby punya peran penting ketika ditampilkan sebagai starter sepanjang empat laga sistem bubble Liga 1.

"Saya lihat Lerby sebagai pemain yang bagus di dalam tim. Lerby siap buat bantu tim. Ketika tim meraih tiga kemenangan, dia bantu banyak. Saat terakhir kita kalah, dia bisa mencetak gol," jelas Teco.

Baca Juga

Hanya saja, dalam laga ini Bali United akan bermain tanpa Brwa Nouri. Nouri absen karena akumulasi kartu kuning.

Absennya Nouri jelas menjadi kehilangan besar bagi lini tengah Serdadu Tridatu. Namun, Bali United masih punya Rizky Pellu dan Hariono yang bisa berperan sebagai gelandang bertahan.

Ketika dua nama itu bisa tampil bagus, Bali United mestinya tak akan kesulitan untuk mengalahkan PSS Sleman di Liga 1 2022/2023.

Baca Juga
PSS SlemanBali UnitedLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini