x

Kawan Jadi Lawan, Messi dan Mbappe Rebutan 3 Gelar di Final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis

Minggu, 18 Desember 2022 15:55 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Duel Top Skor Piala Dunia 2022 bakal direbutkan oleh Lionel Messi, kapten Argentina dan Kylian Mbappe, striker Prancis (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach - REUTERS/Hannah Mckay).

INDOSPORT.COM – Final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis akan melibatkan dua sosok, Lionel Messi dan Kylian Mbappe, yang akan bersaing memperebutkan tiga gelar.

Final Piala Dunia 2022 tepat di depan mata. Dua negara sepak bola, Argentina dan Prancis akan saling beradu memperebutkan trofi Jules Rimet.

Kedua negara berhasil melangkah ke partai puncak dengan catatan dan kemenangan meyakinkan atas lawan-lawannya di babak sebelumnya.

Argentina yang mengantongi lima kemenangan dan satu kekalahan, mampu membekuk Kroasia di semifinal dengan skor 3-0, Rabu (14/12/22).

Sedangkan Prancis yang punya catatan sama, berhasil mengalahkan tim kejutan, Maroko, di semifinal dengan skor 2-0, Kamis (15/12/22).

Baca Juga

Di partai final ini, kedua negara akan saling tikam untuk memenuhi ambisinya menjadi juara dan mencetak sejarah bagi masing-masing tim.

Argentina ingin mengakhiri puasa gelar Piala Dunia yang telah berlangsung 36 tahun. Sedangkan Prancis ingin menjadi kampiun secara Back to Back dan menyamai torehan Brasil.

Baca Juga

Terlepas dari ambisi masing-masing negara, ambisi besar juga diemban oleh dua rekan setim di Paris Saint-Germain, yakni Lionel Messi dari Argentina dan Kylian Mbappe dari Prancis.

Keduanya punya ambisi memperebutkan sederet gelar penting saat Argentina dan Prancis bertemu, yang bisa mengukuhkan status keduanya sebagai pemain terbaik sejagat saat ini.

Apa saja tiga gelar yang akan diperebutkan Lionel Messi dan Kylian Mbappe di final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis ini?

Baca Juga

1. Gelar Prestisius di Piala Dunia

Pemain megabintang sekaligus kapten Timnas Argentina, Lionel Messi tersenyum lebar usai membawa timnya ke final Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Molly Darlington).

1. Golden Boot atau Top Skor

Selain berambisi membawa negaranya juara, Lionel Messi dan Kylian Mbappe berhasrat untuk meraih gelar top skor di Piala Dunia 2022 atau Golden Boot.

Peluang keduanya menjadi peraih Golden Boot cukup terbuka lebar, mengingat keduanya saat ini sama-sama duduk di puncak top skor Piala Dunia 2022.

Messi dan Mbappe sama-sama telah mengoleksi lima gol di ajang ini, unggul satu gol atas rekan-rekannya di Argentina dan Prancis, yakni Julian Alvarez dan Olivier Giroud.

Jika di final Piala Dunia 2022 ini salah satu dari Messi dan Mbappe bisa mencetak gol, maka salah satu dari keduanya dipastikan akan menyabet gelar Golden Boot.

Meski hanya terpaut satu gol, banyak yang meyakini Messi dan Mbappe akan keluar sebagai top skor karena catatan keduanya sejauh ini di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

2. Golden Ball atau MVP

Tak hanya bertarung memperebutkan gelar Golden Boot atau top skor, Messi dan Mbappe juga akan bertarung memperebutkan gelar Golden Ball atau MVP atau pemain terbaik Piala Dunia 2022.

Peluang kedua rekan setim di PSG ini menjadi pemain terbaik Piala Dunia 2022 terbuka lebar karena Messi dan Mbappe ‘menggendong’ perjalanan negaranya di ajang ini.

Baca Juga

Selain lewat gol-golnya, Messi menggendong Argentina di Piala Dunia 2022 dengan sumbangan tiga assistnya atau torehan assist terbanyak di ajang ini.

Hampir sama dengan Messi, meski Mbappe rajin mencetak gol, ia juga tak lupa memberikan assist bagi rekannya dengan catatan dua assist.

Alhasil, keduanya bisa memberi kontribusi dengan gol atau assistnya sehingga membawa negaranya menjadi juara Piala Dunia 2022 sembari meraih trofi pemain terbaik atau Golden Ball.

Baca Juga

2. Gelar Tertinggi di Sepak Bola

Kylian Mbappe dari Prancis merayakan gol ketiga mereka. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

3. Ballon d’Or 2023

Selain dua gelar individu di Piala Dunia 2022, Messi dan Mbappe juga akan memperebutkan gelar individu bergengsi lainnya, yakni Ballon d’Or 2023.

Terlepas dari catatan keduanya di level klub bersama Paris Saint-Germain, indikator mengenai siapa pemenang Ballon d’Or 2023 adalah pemain yang bisa membawa timnya juara Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Dengan kata lain, meski Messi dan Mbappe tak berkontribusi banyak di final, keduanya masih bisa berkesempatan menjadi peraih Ballon d’Or 2023 nanti.

Kesempatan ini bisa diraih jika salah satu dari dua pemain tersebut bisa membawa Argentina atau Prancis keluar sebagai juara Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Jika Argentina juara, maka Messi bisa meraih gelar Ballon d’Or ke-8 nya. Sedangkan jika Prancis juara, maka Mbappe akan meraih gelar Ballon d’Or pertamanya.

ArgentinaLionel MessiBallon d'OrPiala Dunia 2022Tim Nasional PrancisKylian MbappeOne FootballTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini