x

Kiprah Apik Inter Milan dan Bayern Munchen: 40 Tahun Mendominasi Final Piala Dunia!

Minggu, 18 Desember 2022 17:19 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Final Piala Dunia 2022 menghadirkan fakta menarik mengenai dominasi dua klub papan atas Eropa, Inter Milan dan Bayern Munchen, yang berlangsung 40 tahun lamanya

INDOSPORT.COM – Final Piala Dunia 2022 menghadirkan fakta menarik mengenai dominasi dua klub papan atas Eropa, Inter Milan dan Bayern Munchen, yang berlangsung 40 tahun lamanya.

Piala Dunia 2022 telah mencapai babak akhir. Dalam waktu dekat, babak puncak ini akan mempertemukan duel panas Argentina vs Prancis, Minggu (18/12/22) Pukul 22.00 WIB.

Argentina berhak melaju ke partai puncak setelah tampil mengesankan sepanjang ajang ini, sebelum akhirnya mengandaskan Kroasia dengan skor 3-0, Rabu (14/12/22)

Prancis pun tak mau kalah. Dengan penampilan yang apik sepanjang turnamen, Les Bleus menyegel tempat di final usai mengalahkan Maroko 2-0, Kamis (15/12/22).

Pertemuan di final ini akan menjadi duel panas jika melihat ambisi Argentina dan Prancis di partai puncak Piala Dunia 2022 ini.

Baca Juga

Argentina ingin meraih gelar Piala Dunia perdananya setelah berpuasa selama 36 tahun. sebagai informasi, gelar terakhir La Albiceleste di ajang ini didapat pada 1986 silam.

Sedangkan Prancis berambisi meraih gelar secara Back to Back di Piala Dunia 2022 ini, usai berhasil merengkuhnya pada edisi 2018 lalu.

Baca Juga

Di tengah keinginan kedua negara menciptakan sejarah, partai final Piala Dunia 2022 ternyata sudah menjadi sejarah tersendiri bagi dua klub papan atas Eropa, yakni Inter Milan dan Bayern Munchen.

Baik Inter Milan dan Bayern Munchen mampu meneruskan tradisinya, yakni menyumbang setidaknya satu pemain di final Piala Dunia dalam kurun waktu 40 tahun terakhir atau sejak 1982 silam.

Melihat catatan mengesankan ini, siapa saja pemain Inter Milan dan Bayern Munchen yang tampil di Piala Dunia dalam 40 tahun terakhir sejak 1982 hingga 2022 ini?

Baca Juga

1. Penuh Legenda

Skuat Jerman Barat berpose dengan trofi Piala Dunia usai mengalahkan Argentina di final, 8 Juli 1990.

1. Piala Dunia 1982

Di final Piala Dunia 1982 yang mempertemukan Italia vs Jerman. Di final ini, total ada lima pemain Inter Milan dan tiga pemain Bayern Munchen yang bertanding.

Lima pemain Inter Milan itu adalah Giampiero Marini, Ivano Bordon, Gabrielle Orialli, Beppe Bergomi dan Alessandro Altobelli. Lalu tiga pemain Bayern Munchen adalah Paul Breitner, Wolfgang Dremmler and Karl-Heinz Rummenigge.

2. Piala Dunia 1986

Di final Piala Dunia 1986 antara Argentina vs Jerman, Inter Milan mengirimkan satu wakil dan Bayern Munchen mengirim tiga wakil di kubu Timnas Jerman.

Di final itu, Inter Milan mengirim Karl-Hainz Rummenigge. Sedangkan Bayern Munchen mengirim Lothar Matthaus, Dieter Hoeness, dan Norbert Eder. Sayang keempat pemain ini harus menyerah dari Argentina.

Baca Juga

3. Piala Dunia 1990

Di final Piala Dunia 1990 antara Jerman vs Argentina, Inter Milan punya tiga wakil dan Bayern Munchen punya lima wakil.

Tiga pemain Inter Milan di kubu Jerman yaitu Lothar Mathaus, Andreas Brehme, dan Jurgen Klinsmann. Lalu di kubu Bayern Munchen ada Stefan Reuter, Jurgen Kohler, Klaus Augenthaler, Raimond Aumann dan Olaf Thon.

4. Piala Dunia 1994

Di final Piala Dunia 1994 antara Brasil vs Italia, Inter Milan dan Bayern Munchen sama-sama mengirimkan satu wakil saja di masing-masing negara.

Inter Milan mengirimkan satu wakilnya ke Italia, yakni Nicola Berti. Sedangkan Bayern Munchen mengirim satu wakil ke Brasil, yakni Jorginho.

Baca Juga

5. Piala Dunia 1998

Di final Piala Dunia 1998 antara Prancis vs Brasil, Inter Milan mengirim dua wakil. Sedangkan Bayern Munchen mengirim satu wakil saja.

Wakil Inter Milan di final Piala Dunia 1998 yaitu Ronaldo dan Youri Djorkaeff, sedangkan wakil Bayern Munchen adalah Bixente Lizarazu.

6. Piala Dunia 2002

Di final Piala Dunia 2002 antara Brasil vs Jerman, Inter Milan memiliki satu wakil pada sosok Ronaldo yang jadi bintang di partai puncak.

Sedangkan empat wakil Bayern Munchen, Oliver Kahn, Carsten Jancker, Thomas Linke, dan Jens Jeremies tak bisa berbuat banyak bagi Jerman.

Baca Juga

2. Dominasi Inter Milan dan Bayern Munchen

Prediksi pertandingan antara Argentina vs Prancis (Final Piala Dunia Qatar 2022).

7. Piala Dunia 2006

Di final Piala Dunia 2006 antara Italia vs Prancis, Inter Milan diwakili oleh Marco Materazzi. Sedangkan Bayern Munchen diwakili Willy Sagnol.

Di final itu, Materazzi keluar sebagai pemenang usai berhasil memprovokasi Zinedine Zidane dan membuat sang pemain diusir keluar, sehingga Italia menang adu penalti.

8. Piala Dunia 2010

Di final Piala Dunia 2010 antara Spanyol vs Belanda, Inter Milan dan Bayern Munchen sama-sama mengirim wakil ke De Oranje, yang apesnya menjadi pecundang di laga ini.

Inter Milan mengirim Wesley Sneijder sebagai otak serangan Belanda, sedangkan Bayern Munchen punya Arjen Robben dan Mark van Bommel di lini tengah De Oranje.

Baca Juga

9. Piala Dunia 2014

Di final Piala Dunia 2014, Inter Milan harus menerima wakilnya menjadi pecundang setelah digulung tujuh wakil Bayern Munchen di final Jerman vs Argentina.

Wakil Inter Milan saat itu adalah Rodrigo Palacio. Sedangan Bayern Munchen mengirim Manuel Neuer, Philipp Lahm, Jerome Boateng, Bastian Schweinsteiger, Toni Kroos, Thomas Muller, dan Mario Gotze.

10. Piala Dunia 2018

Di final Piala Dunia 2018 antara Prancis vs Kroasia, Inter Milan memiliki dua wakil yakni Ivan Perisic dan Marcelo Brozovic.

Sedangkan Bayern Munchen memiliki satu wakil, yakni Corentin Tolisso yang berhasil membawa Prancis menang atas Kroasia dan menjuarai Piala Dunia 2018.

Baca Juga

11. Piala Dunia 2022

Di final Piala Dunia 2022 ini, Inter Milan dan Bayern Munchen meneruskan tradisinya mengirim pemain ke babak final ajang empat tahunan itu.

Inter Milan mengirim Lautaro Martinez saja, sedangkan Bayern Munchen mengirim tiga wakil, yakni Dayot Upamecano, Benjamin Pavard, dan Kingsley Coman.

ArgentinaPiala DuniaBayern MunchenInter MilanPiala Dunia 2022Tim Nasional PrancisOne Football

Berita Terkini