x

Emiliano Martinez, Bekas ‘Boneka’ Arsenal yang Sukses Jadi Raja Penalti Argentina

Senin, 19 Desember 2022 09:29 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Keberhasilan Emiliano Martinez mengantarkan Argentina juara Piala Dunia 2022 membuatnya resmi jadi kiper yang jago dalam adu penalti. Inilah beberapa buktinya. REUTERS-Paul Childs

INDOSPORT.COM – Keberhasilan Emiliano Martinez mengantarkan Argentina juara Piala Dunia 2022 membuatnya resmi jadi kiper yang jago dalam adu penalti. Inilah beberapa buktinya.

Di Lusail Stadium, Minggu (18/12/22) malam WIB, berlangsung laga yang amat seru antara Argentina vs Prancis untuk memperebutkan trofi Piala Dunia 2022.

Tim Tango mampu unggul lebih dulu lewat penalti Lionel Messi di menit ke-23 yang disusul oleh lesakan Angel Di Maria menit ke-37.

Pertarungan semakin memanas di babak kedua. Prancis yang tak berkutik di babak sebelumnya membalikkan momentum di sepuluh menit terakhir waktu normal.

Kylian Mbappe keluar sebagai pahlawan berkat dua gol yang satu di antaranya lahir dari titik putih. Hasil imbang 2-2 memaksa final Piala Dunia 2022 berlanjut ke extra time.

Baca Juga

Selama durasi 2x15 menit extra tim, La Albiceleste dan Les Bleus mampu menghasilkan satu gol tambahan untuk masing-masing kubu.

Argentina kembali unggul via sontekan jarak dekat Messi namun lagi-lagi Mbappe mampu mengimbanginya membuat laga berlanjut ke adu penalti.

Baca Juga

Di babak adu penalti inilah, Emiliano Martinez menunjukkan kualitasnya. Kiper Aston Villa itu mementahkan tendangan penalti dua pemain Prancis dan memastikan Argentina menang 4-2.

Mantan kiper Arsenal ini pun diganjar penghargaan sebagai kiper terbaik Piala Dunia 2022 alias membawa pulang trofi Golden Gloves.

Terlepas dari penghargaan tersebut, torehan ini juga membuktikan bahwa Emiliano Martinez sangat jago dalam permainan pikiran selama adu penalti.

Baca Juga

1. Si Jago Adu Tos-Tosan untuk Timnas Argentina

Emiliano Martinez, kiper Argentina di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Melansir dari Squawka, Emiliano Martinez menjadi penjaga gawang non Eropa paling pertama yang memenangkan Golden Gloves dalam turnamen Piala Dunia.

Martinez yang mencatatkan 3 kali clean sheet di sepanjang Piala Dunia 2022 menyusul jejak para pemenang Golden Gloves dalam tujuh edisi sejak penghargaan ini diadakan pada 1994.

Torehan Martinez ini juga menyamai torehan yang diraih kiper Belgia, Thibaut Courtois saat memenangkan Golden Gloves pada Piala Dunia 2018 silam.

Selain itu, performa ciamiknya di babak penalti Piala Dunia 2022 membuat Emiliano Martinz tercatat telah memenangkan setiap adu penalti yang dia mainkan untuk Argentina.

Hingga hari ini, Emiliano Martinez telah tiga kali memenangkan adu penalti. Sebelumnya, dia juga melakukan hal yang sama di babak semifinal Copa Amerika 2021 dan perempat final Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Di babak semifinal Copa Amerika 2021, Argentina berhadapan dengan Kolombia. Skor 1-1 mengakhiri 90 menit hingga duel harus ditentukan lewat adu penalti.

Argentina melaju ke final setelah Emilian Martinez berhasil menepis penendang kelima Kolombia, Edwin Cardona, yang menuju sisi kirinya.

Baca Juga

Keberhasilan itu membawa Argentina melaju ke final Copa America 2021 yang selanjutnya keluar sebagai juara setelah mengalahkan Brasil dengan skor 1-0.

Sementara di babak perempat final Piala Dunia 2022, Emiliano Martinez juga jadi penentu keberhasilan Argentina menyingkirkan Belanda untuk lolos ke babak berikutnya.

Argentina sukses menyingkirkan Belanda lewat adu penalti 2-2 (4-3), dengan Emiliano Martinez berhasil melakukan dua penyelamatan di babak tos-tosan.

Baca Juga

2. Liku-liku Karier Emiliano Martinez: Pernah Jadi ‘Boneka’ Arsenal

Emiliano Martinez, kiper Aston Villa

Sayangnya, perjalanan karier Emiliano Martinez sebelum mengantarkan Argentina juara Piala Dunia 2022 penuh denga liku-liku, terutama karena dia kerap jadi mainan mantan klubnya, Arsenal.

Diketahui, Emiliano Martinez mengawali kariernya dari akademi Arsenal pada 2010 silam. Namun, selama 12 tahun kariernya, Martinez tak pernah dapat sambutan hangat dari tim London Utara.

Melansir dari Squawka, kiper berusia 30 tahun itu menjalani masa-masa sulit dalam menembus skuad utama tim berjuluk The Gunners tersebut.

Dalam enam tahun perajalanannya berseragam Arsenal, Emiliano Martinez langganan jadi pemain yang  dipinjamkan The Gunners. Total, Martinez telah enam kali mengalami masa peminjaman.

Oxford United, Sheffield Wednesday, Rotherham United, Wolverhamptin Wanderes, Getafe, dan Reading adalah sejumlah klub yang pernah meminjam jasa Emiliano Martinez.

Baca Juga

Hingga akhirnya pada 16 September 2022 lalu, Arsenal resmi melepaskan secara permanen sang penjaga gawang ke Aston Villa dengan biaya murah meriah, yakni hanya 17,4 juta euro atau setara 28,1 miliar.

Namun demikian perjalanan sulit Emiliano Martinez menembus Piala Dunia 2022 terbayar dengan aksi heroiknya dalam membawa Argentina juara Piala Dunia 2022 sekaligus memenangkan Golden Gloves di turnamen tersebut.

Tentunya, keberhasilan ini bakal mendongkrak pamor Emiliano Martinez sehingga dirinya bakal banyak dilirik oleh klub-klub yang ingin meminang jasanya.

Baca Juga
PrancisArgentinaArsenalPiala Dunia 2022KiperEmiliano MartinezUpdate Piala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini