x

Kompetisi Penyumbang Pemain Terbanyak di Piala AFF 2022, Liga 1 Setara Myanmar

Rabu, 21 Desember 2022 11:36 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Logo Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM – Total ada 230 pemain yang akan tampil di Piala AFF 2022. Dari jumlah tersebut, kompetisi dari negara manakah yang jadi penyumbang terbanyak?

Piala AFF 2022 telah resmi bergulir. Sebanyak dua pertandingan telah dimainkan di hari pertama turnamen dua tahunan ini pada Selasa (20/12/22).

Dua pertandingan yang dimainkan tersebut adalah duel empat tim grup A, yakni Kamboja vs Filipina dan Brunei Darussalam vs Thailand.

Di laga pembuka, yakni Kamboja vs Filipina, hadir kejutan kala Angkor Warriors secara mengejutkan mengalahkan The Azkals dengan skor 3-2.

Aksi balas-balasan gol pun terlihat di laga pembuka ini, di mana Kamboja sempat unggul 2-0 sebelum dibalas Filipina dengan menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Baca Juga

Dua gol balasan Filipina itu pun kemudian dibalas kembali oleh Kamboja yang akhirnya menutup laga pembuka Piala AFF 2022 dengan kemenangan 3-2.

Setelah laga tersebut, sang juara bertahan, Thailand, juga membuka partai pertamanya di Piala AFF 2022 dengan menghajar Brunei Darussalam 5-0.

Baca Juga

Karena kemenangan ini, Thailand pun berhasil menduduki puncak klasemen sementara grup A dengan raihan tiga poin dan disusul oleh Kamboja.

Kemenangan yang diraih Thailand dan Kamboja ini tak lepas dari penampilan apik para pemainnya yang telah digembleng di level klub di kompetisi-kompetisi yang ada di negaranya maupun negara lain.

Melihat fakta tersebut, kompetisi dari negara manakah yang menjadi penyumbang pemain terbanyak di Piala AFF 2022 ini?

Baca Juga

1. Liga Thailand Dominan

Logo Thai League

1. Liga Thailand (Thai League): 30 Pemain

Kompetisi yang menjadi penyumbang pemain terbanyak di Piala AFF 2022 adalah Liga Thailand atau Thai League. Total ada 35 pemain jebolan kompetisi ini di ajang dua tahunan itu.

35 pemain tersebut berasal dari kompetisi yang ada di Liga Thailand, seperti kasta teratas dan kasta kedua. Dari 35 pemain itu, 22 pemain di antaranya membela Gajah Perang.

Sedangkan 13 pemain lainnya tersebar di berbagai kontestan Piala AFF 2022, seperti lima pemain di kubu Myanmar, tiga pemain di kubu Laos, dua pemain di kubu Singapura dan Filipina, satu pemain di kubu Malaysia.

Baca Juga

2. Liga Malaysia (Malaysian Super League): 25 Pemain

Liga Malaysia juga tak ketinggalan menjadi kompetisi penyumbang pemain terbanyak di Piala AFF 2022 ini, dengan mengirim 25 pemain.

Dari 25 pemain tersebut, 22 di antaranya berada di kubu Malaysia. Sedangkan tiga pemain lainnya tersebar di berbagai kontestan Piala AFF 2022 seperti Indonesia dan Filipina.

Di kubu Indonesia sendiri ada Jordi Amat yang bermain untuk Johor Darul Ta’zim. Lalu di kubu Filipina ada Kevin Ray Mendoza dari Kuala Lumpur City dan Christian Rontini dari Penang.

Baca Juga

3. Liga Brunei (Brunei Super League): 23 Pemain

Liga Brunei atau Brunei Super League juga mengirimkan banyak pemainnya di Piala AFF 2022. Diketahui, total ada 23 pemain jebolan kompetisi itu di ajang ini.

23 pemain itu seluruhnya bermain bagi Timnas Brunei Darussalam, mengingat kompetisi di negara tersebut tak cukup punya nama di kawasan Asia Tenggara.

Dari 23 pemain jebolan Liga Brunei di kubu Tebuan, 14 di antaranya berasal dari DPMM FC. Klub tersebut lantas menjadi klub dengan pemain terbanyak di Piala AFF 2022.

Baca Juga

2. Liga 1 Setara Liga Myanmar

Logo Liga 1 2022-2023.

4. Liga Kamboja (Cambodian Premier League) dan Liga Vietnam (V.League): 22 Pemain

Liga Primer Kamboja atau Cambodian Premier League dan Liga Vietnam atau V.League mengirimkan masing-masing 22 pemain di Piala AFF 2022 ini.

Uniknya, 22 pemain dari masing-masing kompetisi itu berada jadi tumpuan masing-masing negara, yakni Timnas Kamboja dan Timnas Vietnam.

Masing-masing tim juga hanya memiliki satu pemain Abroad atau berkarier di luar negeri, yakni Nick Taylor di Orlando City dan Nguyen Quang Hai di Pau FC.

Baca Juga

5. Liga Singapura (Singapore Premier League): 20 Pemain

Liga Singapura juga banyak mengirimkan wakilnya di Piala AFF 2022 ini. Total ada 20 pemain jebolan kompetisi tersebut yang berpartisipasi di ajang ini.

20 pemain itu keseluruhannya bermain bagi Timnas Singapura. Sedangkan tiga pemain The Lions lainnya berkiprah di luar negeri.

Tiga pemain itu adalah Irfan Fandi di BG Pathum United, Ryhan Stewart yang bermain di Chiangmai FC, dan Ilhan Fandi yang kini berstatus pemain KMSK Deinze.

Baca Juga

6. Liga Indonesia (Liga 1) dan Liga Myanmar (Myanmar National League): 17 Pemain

Liga Indonesia atau Liga 1 harus menerima setara dengan Liga Myanmar dalam urusan mengirim pemain di Piala AFF 2022, yakni dengan mengirim 17 pemain.

17 pemain itu utamanya bermain bagi tim nasional masing-masing, di mana 17 pemain jebolan Liga 1 berada di kubu Timnas Indonesia.

Lalu 17 pemain jebolan Myanmar National League juga membela Timnas Myanmar, di mana Yangon United menjadi klub terbanyak yang menyumbang pemain dengan enam pemain.

Baca Juga
Liga Super MalaysiaPiala AFFBola InternasionalLiga IndonesiaLiga Primer ThailandLiga 1One FootballPiala AFF 2022

Berita Terkini