x

Termasuk Wolves, 5 Tim Liga Inggris Ini Cocok untuk Elkan Baggott Andai Jadi Tinggalkan Gillingam FC

Rabu, 21 Desember 2022 17:25 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Elkan Baggott kembali menunjukkan kemampuannya di Piala Liga Inggris saat tampil dalam laga Wolves vs Gillingham FC pada Rabu (21/12/22) dini hari. REUTERS/David Klein

INDOSPORT.COM - Elkan Baggott kembali menunjukkan kemampuannya di Piala Liga Inggris saat tampil dalam laga Wolves vs Gillingham FC pada Rabu (21/12/22) dini hari.

Meski The Gills harus tumbang dengan skor 2-0 di Molineux Stadium, namun lawan mereka cukup kesulitan menjebol pertahanan yang digalang oleh wonderkid timnas Indonesia itu.

Wolves baru mencetak gol setelah pertandingan memasuki penghujung babak kedua lewat sepasang pemain pengganti, Raul Jimenez (penalti) dan Rayan Ait-Nouri.

Selama 90 menit bermain dalam formasi tiga bek tengah, Elkan sebenarnya tidak bermain terlalu maksimal.

Dicatat oleh Sofascore, penggawa pinjaman dari Ipswich Town tersebut setidaknya tujuh kali membuat Gillingham berada dalam tekanan karena kehilangan bola.

Baca Juga

Namun setidaknya hal itu bisa dimaklumi karena perbedaaan level yang masih dengan Wolves.

Perlu diketahui jika Elkan Baggott saat ini bersama Gillingham FC berkompetisi di League Two yang merupakan kasta keempat Liga Inggris. Sedangkan Wolves atau yang juga dikenal sebagai Wolverhampton Wanderers ada di Premier League yang merupakan tingkat tertinggi.

Baca Juga

Namun bisa jadi Elkan sudah bisa menarik perhatian dari sejumlah klub Premier League dengan aksirnya di Piala Liga Inggris. Lima diantaranya di bawah ini kami rasa akan banyak mendapat manfaat dengan mendatangkan sang bek 20 tahun.

1. Wolverhampton Wanderers

Wolves sudah melihat sendiri bagaimana Elkan Baggott bermain. Meski dihadapkan dengan penyerang-penyerang top macam Daniel Podence, Goncalo Guedes, hingga Diego Costa, ia tidak gentar.

Serigala Oranye bisa jadi tertarik pada pemilik 12 caps dan dua gol bersama timnas Indonesia itu.

Baca Juga

1. Dua Opsi Kasta Tertinggi

Elkan Baggott (kiri) melihat Diego Costa melepaskan tembakan di laga Wolves vs Gillingham (21/12/22). (Foto: REUTERS/Jason Cairnduff)

Pemain asal Asia bukan hal asing bagi Wolves mengingat saat ini mereka punya dua bintang dari Benua Kuning.

Yang pertama adalah Hwang Hee-chan yang berpaspor Korea Selatan dan kini sudah menjadi pemain reguler di Molineux Stadium.

Kemudian juga ada calon bintang masa depan timnas Indonesia lain, Justin Hubner, di tim akademi yang bisa menjadi rekan duet bagi Elkan apabila datang ke Wolves.

2. Newcastle United

Kedatangan investor baru asal Arab Saudi yang berbekal uang melimpah kerajaan membuat Newcastle United dengan cepat menjadi klub terkaya di dunia.

The Magpies ingin membangun lagi reputasi sebagai kesebelasan disegani di kancah Eropa namun ambisi mereka bukan cuma itu saja.

Baca Juga

Untuk menjadi tim besar, mereka butuh dukungan internasional dan tidak hanya dari Inggris saja. Salah satu jalan tercepat meraih hal itu adalah dengan menggaet pemain mancanegara terutama Asia yang punya fanatisme tinggi.

Elkan Baggott dari Indonesia jelas memenuhi syarat tersebut. Mungkin masih terlalu cepat menilai jika sang defender kidal bisa menjadi pemain inti bagi Newcastle namun masa depan tidak ada yang tahu.

Baca Juga

3. Manchester United

Pada akhir 2021 lalu saat Elkan Baggott masih berstatus pemain tim U-23 Ipswich Town dan belum dipinjamkan ke Gillingham FC, ia pernah dikaitkan dengan Manchester United.

Tentunya untuk bisa membela The Red Devils akan banyak nilai plus yang bisa didapatkan oleh Elkan. Salah satunya pemain Indonesia pertama yang berlaga di level teratas Liga Inggris atau Liga Champions.

Hanya saja United tentunya akan lebih sulit lagi untuk ditembus tim utamanya ketimbang klub-klub lain. Banyak pemain Asia yang kesulitan di sana seperti Don Fangzhuo atau Shinji Kagawa sehingga Elkan Baggott mungkin baiknya mengindar dari mereka.

Baca Juga

2. Bertahan di Gillingham atau Ipswich

Elkan Baggott di Ipswich Town

4. Gillingham FC

Meski hanya dikontrak untuk satu musim saja, namun Gillingham FC masih jadi opsi terbaik bagi Elkan Baggott. Kendati hanya tim dari divisi empat Liga Inggris, namun setidaknya mereka royal soal jam terbang pada si pemain.

Baru separuh musim di 2022/2023, The Gills sudah mempercayakan 27 pertandingan untuk Elkan mainkan.

Padahal tim asuhan Neil Harris tersebut adalah salah satu tim yang mengincar promosi ke Legaue One musim depan.

Apabila memungkinkan, Elkan sebaiknya tetap bertahan di Gillingham di 2023/2024 terutama jika target naik kasta terpenuhi.

Dengan tidak perlu melakukan adaptasi kembali, ia juga bisa bermain lebih konsisten. Elkan Baggott harus mempelajari kans untuk tetap bertahan dengan Gillingham demi kelancaran kariernya sendiri.

Baca Juga

5. Ipswich Town

Apabila Ipswich Town dapat menjanjikan menit bermain serta tempat di tim utama pada musim depan, opsi untuk pulang ke klub induk juga patut dipertimbangkan oleh Elkan Baggott.

Sepertinya pilihan itu cukup realistis mengingar The Towns sudah memberikan kontrak baru yang berdurasi hingga Juni 2025.

Baca Juga

Artinya kesebelasan yang dipegang oleh mantan asisten pelatih Manchester United, Kierran McKenna, itu percaya pada prospek Elkan.

Ipswich Town bermain di League One namun punya peluang besar untuk naik ke Championship pada musim depan mengingat sekarang berada di dua besar klasemen sementara.

Tentu akan lebih mantap jika Elkan Baggott bisa menuju sukses ke Liga Inggris bersama klub yang memang sudah ia perkuat sejak akademi.

Baca Juga
Manchester UnitedNewcastle UnitedIpswich TownLiga InggrisWolverhampton Wanderers (Wolves)Elkan BaggottGillingham FC

Berita Terkini