x

Harganya Meroket Usai Piala Dunia 2022, 5 Pemain Ini Jadi Rebutan Klub Top Eropa

Kamis, 22 Desember 2022 11:22 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Tampil ciamik di turnamen Piala Dunia 2022 membuat harga deretan pemain ini meroket dan diperebutkan sejumlah klub papan atas Eropa. (Foto: REUTERS/Peter Nicholls)

INDOSPORT.COM – Tampil ciamik di turnamen Piala Dunia 2022 membuat harga deretan pemain ini meroket dan diperebutkan sejumlah klub papan atas Eropa.

Piala Dunia 2022 sudah hampir sepekan berlalu, namun masih hangat dalam ingatan pecinta sepak bola momen Argentina untuk pertama kalinya dalam 35 tahun atau sejak 1986 silam.

Tak hanya itu saja, sejumlah pemain yang tampil cemerlang ketika membela negara masing-masing di ajang ini juga mulai masuk daftar pemain layak beli.

Dengan bursa transfer musim dingin pada Januari 2023 sudah hampir dimulai, klub-klub papan atas pun mulai perang harga untuk mendapatkan pemain jebolan Piala Dunia 2022 idaman mereka.

Harga meroket nampaknya tak jadi persoalan bagi sejumlah klub ini, jika menilik dari kualitas yang ditunjukkan para pemain ini di ajang empat tahunan tersebut.

Baca Juga

Untuk mengetahui lebih dalam, berikut INDOSPORT mengulas lima pemain yang diperebutkan klub-klub Eropa dan akan mendatangkan banyak fulus untuk klub asalnya:

1. Alexis Mac Allister (Argentina)

Brighton and Hove Albion mendatangkan Alexis Mac Allister dari klub asal Argentina, Boca Juniors pada 31 Januari 2020 dengan skema pinjaman. Saat itu, Mac Allister didatangkan senilai 7 juta euro pada 2019.

Seiring berjalannya waktu, Mac Allister menunjukkan kualitasnya bersama Brighton hingga akhirnya dipanggil membela Argentina di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Mac Allister pun tak menyia-nyiakan kesempatan ini. Dia ikut berperan dalam membawa Tim Tango meraih gelar. Pemain berdarah Irlandia itu menyumbangkan assist brilian di final untuk gol kedua Albicelester yang dicetak Angel Di Maria.

Melansir dari Transfermarket, nilai pasar Mac Allister saat ini mencapai 32 juta euro atau setara Rp530,3 miliar. Namun bukan tidak mungkin Brighton bakal mengikat kencang Mac Allister dengan kontrak baru.

Pasalnya, Mac Allister saat ini menarik perhatian klub elite Eropa. Tottenham Hotspur, Inter Milan, Juventus dan Atletioco Madrid kabarnya ikut mengantri jasa sang pemain.

Baca Juga

1. 2. Sofyan Amrabat (Maroko)

Sofyan Amrabat dari Maroko beraksi dengan Sam Adekugbe dari Kanada di laga Piala Dunia 2022 REUTERS-Carl Recine.jpg

Maroko tampil mengejutkan selama Piala Dunia 2022 dengan berhasil menembus babak semifinal. Tampil disiplin dan berusaha keras jadi kunci keberhasilan skuad Walid Regragui, dan salah satu pemain yang tampil cemerlang adalah gelandang Fiorentina, Sofyan Amrabat.

Sofyan Amrabat didatangkan Fiorentina dari Verona pada 31 Agustus 2020 dengan biaya 20 juta euro, namun saat ini nilainya di transfermarkt turun setengahnya jadi 10 juta euro.

Dengan Sofyan Amrabat kini mulai jadi incaran sejumlah klub, Fiorentina tampaknya bakal mematok harga yang lebih tinggi dari nilai pasar Ambrabat saat ini.

Rumornya, klub Liga Italia tersebut hanya mau melepas gelandang bertahannya di kisaran harga 35 – 40 juta euro atau sekitar Rp580 – Rp662,7 miliar.

Liverpool dan Tottenham Hotspur sudah mulai menunjukkan ketertarikan mereka. Bahkan Chelsea dan Barcelona kabarnya juga ikut dalam perburuan Sofyan Amrabat.

Baca Juga

3. Azzedine Ounahi (Maroko)

Selain Sofyan Amrabat, Azedin Ounahi juga jadi pemain Maroko untuk Piala Dunia 2022 yang mengalami kenaikan harga pasar dan jadi rebutan klub-klub Eropa,

Didatangkan klub Prancis Angers FC dari US Avranches pada 25 Juli 202 dengan biaya hanya 350 ribu euro. Namun nilainya naik hingga 3,5 juta euro per 2 November 2022 menurut data Transfermarkt.

Baca Juga

Dengan harga murah meriah ini, tak mengherankan jika Ounahi banyak diincar sejumlah klub papan aas Eropa. Apalagi melihat caranya bermain selama membela Maroko di Qatar.

Ounahi tampil tujuh kali di pertandingan Maroko di Piala Dunia, namun dia menampilkan kemampuan menahan bola dan caranya menciptakan peluang lewat kaki kanannya sangat brilian.

Pemain berusia 22 tahu ini tampaknya siap hijrah untuk tantangan baru. Leicester disebut-sebut jadi tujuan paling ideal, namun Ounahi juga tengah dilirik West Ham, Arsenal dan Barcelona.

Baca Juga

2. 4. Dominik Livakovic (Kroasia)

Dominik Livakovic dari Kroasia usai kalahkan Brasil dan maju ke semi final Piala Dunia 2022 REUTERS-Dylan Martinez

Tanpa mengesampingkan Emiliano Martinez (Argentina) yang menjadi penjaga gawang terbaik,  kiper Kroasia yakni Dominik Livakovic juga menunjukkan kualitasnya sebagai seorang stopper di Piala Dunia 2022.

Dia melakukan penyelamatan penting baik di permainan dan adu penalti. Sang kiper itu membuat 24 penyelamatan, lebih banyak dari kiper lainnya di turnamen termasuk 11 penyelamatan melawan Brasil.

Bukan hanya itu, dia juga menyelamatkan empat penalti untuk membantu mempertahankan rekor 100 persen adu penalti negaranya.

Kiper milik Dinamo Zagreb ini awalnya hanya 600 ribu euro saat didatangkan dari NK Zagreb pada 30 Juni 2016, namun nilainya naik hingga 15 juta euro per 8 November 2022 lalu.

Melansir dari Transfermarkt, Juventus dan Bayern Munchen mungkin jadi tujuan ideal Dominic Livakovic. Namun sang kiper rupanya juga diminati Manchester United, Leeds United.

Baca Juga

5. Mohammed Kudus (Ghana)

Kualitas Mohammed Kudus sejatinya sudah dikenal sejak lama. Sang pemain menunjukkan kualitasnya di kompetisi Eredivisie bersama Ajax Amsterdam. Alhasil, dia pun berkesempatan tampil di Piala Dunia bersama Ghana.

Mohammed Kudus mampu mencetak 2 gol dari tiga pertandingan yang dimainkan Ghana di Piala Dunia 2022 sebelum tersingkir dari babak penyisihan grup.

Baca Juga

Saat ini, gelandang serang tersebut saat ini dihargai dengan 15 juta euro atau Rp248,7 miliar. Dengan harganya yang semurah itu tak heran dia jadi rebutan klub-klub Eropa.

Manchester United, Tottenham Hotspur hingga Barcelona kabarnya siap saling sikut dengan jasa Kudus. Newcastle, Liverpool, Everton juga ikut bersaing, meski Ajax belum memberi sinyal bakal melepas sang pemain.

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedKroasiaArgentinaGhanaJuventusMarokoBerita Bursa TransferMohammed KudusSofyan AmrabatDominik LivakovicAlexis Mac Allister

Berita Terkini