x

Piala AFF 2022: Madam Pang Akui Thailand Melemah, Kesempatan Timnas Indonesia Juara?

Kamis, 22 Desember 2022 17:15 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
Nualphan Lamsam (Madam Pang) akui Thailand kurang maksimal di Piala AFF 2022 kontra Brunei Darussalam pada Selasa (20/12/22).

INDOSPORT.COM – Nualphan Lamsam (Madam Pang) mengakui Thailand kurang maksimal di laga perdana Piala AFF 2022 kontra Brunei Darussalam pada Selasa (20/12/22). Bisakah menjadi kesempatan emas Indonesia untuk juara?

Piala AFF 2022 merupakan ajang sepak bola bergengsi yang digelar pada 20 Desember hingga 16 Januari 2023. Turnamen ini digelar per dua tahun sekali.

Sementara itu, Thailand tergabung di Grup A Piala AFF 2022 bersama dengan Timnas Indonesia, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Pada laga perdana melawan Brunei Darussalam, skuad The War Elephants berhasil meraih kemenangan dengan skor 5-0 yang digelar di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia.

Lima gol yang berhasil dilesatkan ke gawang Brunei Darussalam dicetak oleh Bordin Phala (19’), Taerasil Dangda (44’), Peeradon Chamratsamee (90+1’) (90+3’) dan gol bunuh diri Awangku Yura Indera Putera bin Pengiran Yunus (88’).

Baca Juga

Kendati demikian, manajer Timnas Thailand, Madam Pang mengaku belum puas dengan performa The War Elephants meski meraih kemenangan besar.

“Tim kami memiliki banyak peluang untuk mencetak gol tapi penyelesaiannya belum tajam. Hal ini perlu ditingkatkan untuk mencetak lebih banyak gol. Untungnya, seluruh tim berjuang hingga akhir,” ungkap Madam Pang.

Baca Juga

Sebagai informasi, Madam Pang namanya menjadi viral selain menjadi manajer Timnas Thailand, ia juga pernah mendapatkan kasus pelecehan seksual dari suporter timnas Vietnam.

Hal ini terjadi kala pertandingan semifinal antara Thailand vs Vietnam di Piala AFF 2020. Madam Pang terlihat makan malam bersama wasit yang memimpin pertandingan.

Potret makan malam Madam Pang dan wasit menjadi viral usai pertandingan semifinal yang dihiasi beberapa keputusan kontroversial yang membuat Vietnam kalah dari Thailand dengan skor 0-2.

Baca Juga

1. Kesempatan Timnas Indonesia?

Latihan Timnas Indonesia Senior jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

Performa Timnas Thailand di Piala AFF 2022 diakui kurang maksimal oleh Madam Pang. Tentu saja karena beberapa pemain andalannya absen di hajatan dua tahun sekali ini.

Salah satunya adalah Chanathip Songkrasin yang dipastikan absen di Piala AFF 2022. Pemain yang kini membela klub Liga 1 Jepang, Kawasaki Frontale mengungkapkan ingin memberi kesempatan bagi pemain muda Timnas Thailand.

Chanathip Songkrasin ingin membantu Kawasaki Frontale untuk tampil lebih baik usai gagal meraih gelar juara di J1 League 2022, setelah finis di posisi kedua di belakang Yokohama F.Marinos.

Selain Chanatip, Supachok Sarachat juga dipastikan absen di Piala AFF 2022 karena tidak mendapatkan izin dari klubnya Hokkaido Consodale Sapporo.

Pada Piala AFF 2020, Supachok Sarachat tampil gemilang dengan mencetak 3 gol dan 6 assist dari 6 pertandingan bersama timnas Thailand.

Baca Juga

Pemain selanjutnya yang absen adalah Supachai Chaided yang gagal membela timnas Thailand karena tengah berada di Inggris dan berlatih bersama klub Leceister City.

Meski tergolong pemain muda, Supachai telah mengoleksi 5 gol dari 27 pertandingan sejak debutnya di Timnas Thailand pada 2018 lalu.

Baca Juga

Oleh sebab itu, beberapa pemain Thailand yang absen dapat dijadikan kesempatan emas Timnas Indonesia untuk membalaskan dendam Piala AFF edisi 2020.

Timnas Indonesia sendiri memiliki skuad termahal di Piala AFF 2022, yang dihuni oleh Witan Sualeman, Jordi Amat, Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam hingga Pratama Arhan.

Sementara itu, pertandingan antara Thailand vs Timnas Indonesia akan berlangsung pada Kamis (29/12/22) pukul 16.00 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Baca Juga

Sumber: Soha

ThailandTimnas IndonesiaBola InternasionalNualphan LamsamPiala AFF 2022

Berita Terkini