x

Starting XI Terbaik Bintang Absen Piala AFF 2022: Ada Messi ASEAN, Elkan Baggott, dan Sandy Walsh!

Kamis, 22 Desember 2022 17:39 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Piala AFF 2022 sudah bergulir namun cukup disayangkan karena banyak bintang dari berbagai tim harus absen untuk berlaga. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Piala AFF 2022 sudah bergulir namun cukup disayangkan karena banyak bintang dari berbagai tim harus absen untuk berlaga.

Alasannya bisa bermacam-macam dari cedera, tidak lolos seleksi skuat, atau yang paling umum adalah karena berkarier di luar ASEAN sehingga terbentur jadwal dengan klub masing-masing.

Timnas Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Filipina sebagai negara-negara favorit boleh dikatakan kurang beruntung karena cukup banyak pemain kunci mereka yang harus berhalangan tampil.

Andai disatukan, maka para pemain yang absen di Piala AFF 2022 akan membentuk starting XI yang kuat plus cadangannya.

Siapa sajakah yang masuk ke dalam line up tersebut? Berikut ulasannya dalam formasi 3-4-1-2.

Baca Juga

Penjaga Gawang: Neil Etheridge (Filipina)

Kiper berdarah Inggris yang satu ini bisa dibilang adalah penjaga gawang Asia Tenggara dengan karier paling mentereng jika diukur dari klub.

Etheridge yang sempat belajar di akademi Chelsea dan Fulham sejauh ini tidak pernah merumput di luar Inggris. Ia bahkan sempat menjajal kasta tertinggi Liga Inggris saat berkostum Cardiff City (2017-2020).

Baca Juga

Kini Etheridge berada di Birmingham City yang berkompetisi di Championship sehingga tidak bisa menuruti panggilan Filipina dan menjadi kapten skuatnya untuk Piala AFF 2022.

Bek Tengah: Sandy Walsh (Indonesia)

Walsh memang lebih dikenal sebagai bek sayap namun ia juga bisa dioperasikan sebagai defender sentral darurat.

Akibat kewajibannya membela KV Mechelen di liga Belgia, pemain berdarah Belanda ini tidak bisa membela timnas Indonesia di Piala AFF 2022 yang juga harusnya bisa menjadi debutnya mengenakan seragam Merah-Putih dalam laga resmi.


1. Thailand dan Filipina Mendominasi

Elkan Baggott, pemain Timnas Indonesia.

Bek Tengah: Dion Cools (Malaysia)

Sebelumnya sempat membela Belgia junior, sejak 2021 lalu Cools menambatkan hatinya hanya untuk Malaysia. Ia bahkan sudah bermain di Piala AFF edisi 2020 lalu.

Sayang karena harus membela Jablonec di liga Slovakia membuatnya harus absen di Piala AFF 2022 meski Cools tidak sendirian karena penggawa naturalisasi Harimau Malaya lain seperti Guilherme de Paula, Liridon Krasniqi, dan Matt Davies pun juga tak dipanggil.

Bek Tengah: Elkan Baggott (Indonesia)

Layaknya tiga pemain sebelumnya, Elkan berhalangan datang ke Piala AFF 2022 karena harus bersikap profesional pada klubnya di Inggris yakni Gillingham FC.

Timnas Indonesia pun harus rela berkompetisi tanpa bek kidal jangkung mereka yang satu ini yang sudah mengemas dua gol dalam 12 caps seniornya.

Sayap Kanan: Akhyar Rashid (Malaysia)

Meski punya banyak pemain naturalisasi baru seperti Lee Tuck dan Sergio Aguero, namun Malaysia dipastikan tidak akan tampil dengan skuat terbaik di Piala AFF 2022 karena absennya Akhyar Rashid.

Baca Juga

Ia bersama pemain-pemain dari klub Johor Darul Ta'zim sepertinya memang tidak dilepas untuk menyertai armada Kim Pan-gon mengingat FIFA tidak mewajibkan klub mengizinkan pemainnya ke timnas apabila bukan di kalender resmi mereka.

Gelandang Tengah: Thanawat Suengchitthawon (Thailand)

Lagi-lagi alasan karier di Eropa membuat Piala AFF 2022 kehilangan kans untuk mempamerkan semua pemain terbaik mereka, termasuk Thanawat Suengchitthawon, bintang Thailand yang membela Leicester City.

Baca Juga

Thanawat sebenarnya sudah pernah ikut membela The War Elephants pada Piala AFF 2020 lalu dan kini mengoleksi sembilan caps.

Gelandang Tengah: Chanathip Songkrasin (Thailand)

Thailand sebenarnya masih bisa memanggil Chanathip yang juga dijuluki Messi Asia Tenggara namun federasi mereka ingin menepati janji mereka untuk hanya menggunakan pemain liga lokal mereka untuk Piala AFF sejak lama.

Maka dari itu gelandang serang yang akrab disapa Jay tersebut bisa fokus ke klubnya di Jepang, Kawasaki Frontale.

Baca Juga

2. Ada Pemain Tanpa Caps

Striker Timnas Singapura, Ikhsan Fandi

Gelandang Sayap: Raphael Obermair (Filipina)

Selain Sandy Walsh, Raphael Obermair juga jadi pemain yang gagal mendapatkan debut internasionalnya di Piala AFF 2022.

Pemain Filipina yang sempat memegang paspor Jerman itu sebenarnya sudah dipanggil ke pemusatan latihan The Azkals belum lama ini namun izin dari SC Paderborn yang berkompetisi di Bundesliga 2 jadi tidak bisa diturunkan.

Gelandang Serang: Supachok Sarachat (Thailand)

Karena saat ini tengah berkostum Hokkaido Consadole Sapporo di Jepang, Supachok tidak masuk dalam kriteria pemain yang Thailand ingin panggil ke Piala AFF 2022.

Namun bukan masalah karena tanpanya Changsuek masih bisa mengandalkan jasa Adisak Kraisorn, Teerasil Dangda, dan Poramet Arjvirai.

Penyerang Tengah: Gerrit Holtmann (Filipina)

Bila bisa memanggil semua pemain keturunannya yang bermain di luar negeri, maka skuat Filipina akan penuh sesak dengan bintang impor dan nama Holtmann termasuk di dalamnya.

Hanya saja peraturan FIFA memang tidak membuat para negara ASEAN bergerak bebas tiap kali Piala AFF datang. VfL Bochum yang kini tengah bersaing di kasta teratas Jerman sah-sah saja untuk menangan sang penyerang versatile untuk tidak pergi.

Penyerang Tengah: Ikhsan Fandi (Singapura)

Singapura pada Piala AFF 2020 lalu menunjukkan progres yang apik karena mencapai semifinal dan Ikhsan adalah salah satu pemain kunci mereka.

Hanya saja striker milik BG Pathum tersebut harus cedera saat Piala AFF 2022 hanya tinggal hitungan hari kala itu sehingga mau tidak mau The Lions harus mencoretnya dari skuat.

Cadangan: Kawin Thamsatchanan (Thailand), Nguyen Cong Phuong (Vietnam), Daisuke Sato (Filipina), John-Patrick Strauss (Filipina), Thitiphan Puangchan (Thailand), Arif Aiman (Malaysia), Matt Davies (Malaysia), Dimas Drajad (Indonesia)

MalaysiaThailandSingapuraFilipinaTimnas IndonesiaBola InternasionalChanathip SongkrasinKawin ThamsatchananSandy WalshIkhsan Fandi AhmadNeil EtheridgeElkan BaggottDion CoolsPiala AFF 2022

Berita Terkini