x

Piala AFF 2022: Meski Timnas Indonesia Menang atas Kamboja, Shin Tae-yong Marah Besar di Ruang Ganti

Sabtu, 24 Desember 2022 08:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pertandingan Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Kamboja dengan skor 2-1 di laga perdana Grup A Piala AFF 2022, Jumat (23/12/22) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Tapi, raihan tiga poin tersebut tetap membuat pelatih Shin Tae-yong marah.

Timnas Indonesia langsung unggul cepat di awal babak pertama, setelah Egy Maulana Vikri cetak gol menit ke-7. Dia manfaatkan umpan Pratama Arhan.

Delapan menit kemudian, Kamboja berhasil samakan kedudukan jadi 1-1 setelah S. Krya bobol gawang Nadeo Argawinata menit ke-15. Dia manfaatkan situasi sepak pojok.

Namun, skuad Garuda berhasil unggul kembali lewat gol Witan Sulaeman ('35). Pemain FK AS Trecin tersebut memanfaatkan umpan Marselino Ferdinan. Skor 2-1 itu pun bertahan hingga jeda babak.

Masuk babak kedua, Timnas Indonesia masih tetap menekan. Beberapa peluang tercipta lewat Witan hingga Dendi Sulistyawan, tapi tak kunjung ada gol tambahan hingga peluit panjang.

Baca Juga

Usai pertandingan, Shin Tae-yong mengucapkan terima kasih atas kerja keras anak asihnya. Tapi juru taktik 52 tahun itu marah besar di ruang ganti setelah laga berakhir.

Menurut pelatih asal Korea Selatan tersebut, para pemain Indonesia tidak bermain maksimal. Hal itu tidak pantas ditunjukan ke para penonton setia yang datang ke stadion.

Baca Juga

"Pertama saya ucapkan selamat kepada para pemain, walau di laga pertama ini sulit bagi kami. Tetapi menurut saya sangat disayangkan hasil di laga pertama ini," katanya.

"Saya marah kepada para pemain selepas laga, dan meminta mereka lebih fokus ke depannya," imbuhnya.

"Saya terima kasih karena dapat kemenangan. Tapi saya marah karena pemain tak bisa tunjukan permainan yang seru ke fans dan harusnya banyak cetak gol, tapi tak begitu, jadi saya marah," tambah Shin Tae-yong.

Baca Juga

1. Belum di Level Terbaik

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pertandingan Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

Shin Tae-yong memang sudah memprediksi jika laga lawan Kamboja tidak akan mudah. Lawan punya motivasi tinggi setelah menang 3-2 atas Filipina di laga pertama Grup A Piala AFF 2022.

Belum lagi, performa dan fisik pemain Indonesia belum capai level terbaik. Hampir semua pemain tidak berkompetisi dua bulan terakhir karena Liga 1 2022 vakum pasca Tragedi Kanjuruhan. 

Baca Juga

"Memang kekhawatiran saya jadi nyata, tapi tetap saya ingin ucapkan selamat pada para pemain," tuturnya.

Kemenangan atas Kamboja mengantarkan Timnas Indonesia naik ke peringkat ketiga klasemen sementara Grup A Piala AFF. Skuad Merah Putih kumpulkan tiga poin dan berada di  bawah Thailand dan Filipina.

Baca Juga

Indonesia sebenarnya punya poin yang sama dengan Filipina yakni tiga, tapi tim pesaing punya selisih gol yang lebih banyak. 

Timnas Indonesia akan kembali bertanding pada 26 Desember nanti melawan Brunei Darussalam. Laga akan dimainkan di Malaysia.

KambojaTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongOne FootballPiala AFF 2022

Berita Terkini