x

Apa yang Bisa Cody Gakpo Tawarkan Jika Gabung Manchester United Nanti?

Minggu, 25 Desember 2022 17:16 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
Apa yang pemain PSV Eindhoven, Cody Gakpo, tawarkan jika jadi merapat ke klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, di bursa transfer nanti?

INDOSPORT.COM – Apa yang pemain PSV Eindhoven, Cody Gakpo, tawarkan jika jadi merapat ke klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, di bursa transfer nanti?

Raksasa Liga Inggris, Manchester United, bisa dibilang saat ini kian krisis striker setelah Setan Merah berpisah dengan Cristiano Ronaldo.

Ya, Man United praktis hanya memiliki Anthony Martial dan Marcus Rashford yang mau tidak mau harus kembali mengisi posisi itu kembali.

Rashford memang sempat mengemban pos striker utama, tetapi dirinya kini lebih mengancam bila ditempatkan sebagai penyerang sayap.

Hal ini yang membuat Erik ten Hag mau tidak mau harus mencari penyerang anyar di bursa transfer mendatang dan Cody Gakpo tampaknya adalah jawabannya.

Mengapa Gakpo? Pria berpaspor Belanda ini bisa dibilang menjadi pemain tersubur di Eropa saat ini yang mana sang pemain sudah berkontribusi sebanyak 30 gol (13 gol dan 17 assist).

Tentunya pencapaiannya itu menjadi daya tarik berbagai klub top Eropa, tak terkecuali Manchester United yang tidak jadi mendatangkannya di bursa transfer musim panas lalu.

Saat itu Manchester United baru saja mendatangkan Antony dari Ajax Amsterdam di detik-detik terakhir bursa transfer musim panas.

Maka dari itu, kesepakatan antara PSV Eindhoven dan Manchester United tak terampungkan. Namun, mengingat Setan Merah perlu striker baru, Cody Gakpo tentu bisa menjadi opsi.

Lantas, apa yang bisa bomber PSV Eindhoven, Cody Gakpo, tawarkan jika dirinya berhasil berlabuh ke Manchester United?


1. Gakpo, Pemain Super Serbabisa

Cody Gakpo bisa saja menjadi Robin van Persie 2.0

Legenda Timnas Belanda sekaligus mantan pemain Manchester United, Robin van Persie, pernah menuturkan bahwa Cody Gakpo merupakan pemain serbabisa.

Pasalnya, Cody Gakpo bisa bermain di semua posisi di lini serang, termasuk bermain di belakang striker atau sebagai pemain nomor 10.

Selain itu, pria berusia 22 tahun ini pun merupakan pemain dengan fisik bagus, kuat, cepat, dan jago menggiring bola yang menjadi keunggulan lainnya.

Lantas apa yang bisa Cody Gakpo berikan bagi Manchester United dengan kemampuannya yang serbabisa itu? Berikut ulasannya:

1. Robin van Persie 2.0

Gakpo bisa menjadi Robin van Persie 2.0 jika berlabuh ke Manchester United karena keduanya merupakan pemain yang punya kesamaan.

Keduanya sama-sama berposisi asli sebagai penyerang sayap. Untuk Van Persie, posisinya digeser menjadi penyerang tengah saat dia didatangkan oleh Arsene Wenger ke Arsenal.

Digeser pun, Van Persie tetap bermain mematikan dan tajam bahkan sempat menjadi top skor Liga Inggris, sebuah hal yang membuat fans Man United berpikir Gakpo mungkin mengikuti jejak legenda Timnas Belanda itu.

Hal ini pastinya membuat Manchester United berpikir dirinya bisa menjadi solusi Manchester United yang memperlukan striker haus gol.

Tak masalah apabila Cody Gakpo bukanlah seorang striker murni asalkan sang pemain bisa mencetak gol terus layaknya Robin van Persie di masa jayanya.

Perlu diingat, Robin van Persie pernah menekankan dirinya bukanlah striker murni, seperti Fernando Torres atau Didier Drogba, yang merupakan ‘pembunuh sejati’.


2. 2. Pelapis Sepadan Antony

Cody Gakpo disinyalir juga bisa dijadikan sebagai pesaing Antony di pos penyerang sayap kanan.

Selama sehat walafiat, posisi penyerang sayap kanan milik Antony memang hampir tidak pernah tergusur. Namun, tetap saja dirinya perlu pesaing sepadan bagi dirinya.

Cody Gakpo bisa memberikan ancaman tersebut padanya walaupun Erik ten Hag memang lebih menyukai pemain berkaki kidal untuk mengisi pos penyerang sayap kanan, seperti Antony.

Akan tetapi, tentu tidak ada salahnya memberikan persaingan pada Antony. Tentu dengan adanya pesaing, pria asal Brasil itu bisa kian termotivasi untuk terus berjuang bermain apik.

Gakpo bisa menjadi pesaing pria asal Brasil ini tentu dengan syarat Manchester United berhasil mendatangkan striker lebih apik sehingga dirinya bisa kembali mengisi pos asalnya, yaitu penyerang sayap.

3. Opsi Baru di Nomor 10

Saat ini hanya ada tiga pemain yang bisa mengisi posisi tersebut, yaitu Bruno Fernandes, Christian Eriksen, dan Donny van de Beek.

Namun, Eriksen kini lebih beroperasi sebagai pendikte permainan atau pemain nomor 6, sedangkan performa Donny van de Beek masih kurang memuaskan.

Dengan demikian, Cody Gakpo bisa memberikan persaingan kepada Bruno Fernandes di posisi gelandang serang tersebut.

Selain itu, Erik ten Hag juga bisa memindahkan Bruno Fernandes sebagai penyerang sayap dan memainkan Gakpo di belakang striker yang kemungkinan diisi oleh Anthony Martial.

Tentu begitu banyak opsi yang bisa dicoba Erik ten Hag nantinya. Juru taktik asal Belanda itu kemungkinan bisa memainkan Anthony Martial sebagai striker utama dan memasang Gakpo di sayap.

Hanya perlu disayangkan Anthony Martial kerap dibekap cedera, padahal sang pemain baru saja menemukan ketajamannya yang sempat hilang selama beberapa musim.

Selama Anthony Martial fit dan tidak diterpa cedera, Cody Gakpo diprediksi kemungkinan tidak akan bermain di posisi ujung tombak, kecuali performa pria asal Prancis itu sedang anjlok.

Manchester UnitedPSV EindhovenLiga Primer InggrisLiga InggrisCody Gakpo

Berita Terkini