x

Ini Alasan Luis Milla Pasang Bek Naturalisasi sebagai Striker di Pekan 17 Liga 1

Senin, 26 Desember 2022 19:35 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
Victor Igbonefo dipasang sebagai striker oleh pelatih Luis Milla saat laga pekan ke-17 Liga 1 antara Persib vs Persikabo 1973.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, memasang Victor Igbonefo sebagai striker pada pertandingan pekan ke-17 kompetisi Liga 1 2022-2023 menghadapi Persikabo 1973, Sabtu (24/12/22).

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Victor Igbonefo masuk menggantikan Beckham Putra Nugraha pada menit 70.

Menurut Luis Milla, keputusannya memasang Victor Igbonefo sebagai striker disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Pasalnya, dalam laga tersebut Persikabo bermain bertahan, sehingga Persib berusaha menambah pemain di lini depan.

Sebagai informasi, Victor Igbonefo, merupakan pemain yang berposisi sebagai bek. Sehingga, bermain sebagai striker menjadi pengalaman baru pemain naturalisasi tersebut.

"Saya rasa di akhir, kami punya peluang lebih banyak setelah melakukan perubahan dengan memasang Victor sebagai striker dan itu memberi tambahan pemain pada area kotak penalti lawan," kata Luis Milla.

Mantan pelatih Timnas Indonesia ini menambahkan, saat Persikabo bermain bertahan, skuat Persib bermain terbuka dan menekan pertahanan tim Laskar Padjadjaran.

Baca Juga

Pasalnya, saat itu tim kebanggaan Bobotoh berusaha untuk mencetak gol, lantaran kondisi Persib sedang tertinggal satu gol dari Persikabo, melalui gol Gustavo di menit 61. 

"Lalu kami bermain dengan lebih melebar, melakukan serangan dari sisi dan melepas umpan silang," ucapnya.

Baca Juga

Lebih lanjut Luis Milla menuturkan, strategi yang diterapkan oleh berbuah manis. Persikabo yang mampu mempertahankan keunggulannya hingga hingga menit 96, harus puas berbagi angka.

Karena, kemenangan di depan mata Persikabo harus buyar, setelah Daisuke Sato menyamakan kedudukan menjadi 1-1, ketika waktu injury time tersisa satu menit.

"Saya rasa perubahan itu mengubah jalannya pertandingan dan akhirnya membuat skor menjadi imbang," jelasnya.

Baca Juga

1. Strategi Bertahan

Pelatih Persikabo 1973, Djadjang Nurdjaman.

Sementara itu, pelatih Persikabo, Djadjang Nurdjaman, memberikan tanggapan mengenai permainan anak asuhnya saat menghadapi Persib Bandung di pekan ke-17 Liga 1 2022-2023 terutama saat babak kedua.

Menurut Djanur sapaan akrabnya, pada saat itu tidak instruksi khusus yang diberikan olehnya kepada pasukannya untuk bermain bertahan total.

Namun, dengan kondisi unggul 1-0, secara naluri anak asuhnya bermain bertahan untuk mempertahankan keunggulannya.

Apalagi, pada saat itu, Persib yang tertinggal satu gol, terus menekan pertahanan Persikabo untuk dapat menyamakan kedudukan.

Serangan yang dilancarkan oleh tim Persib menurut Djanur, membuat anak asuhnya sulit untuk keluar dari tekanan, sehingga mayoritas pemain Persikabo berada di lini pertahanan.

Baca Juga

"Ya kami leading 1-0 di menit 61, sehigga tidak ada kesempatan buat pelatih memberikan instruksi secara global kepada pemain berkaitan dengan taktikal, saya kira mereka bermain deep bertahan terlalu dalam secara naluriah," kata Djanur saat konferensi pers setelah pertandingan.

"Saya tidak sempat meneriakan terlalu dalam bertahan, karena memang secara naluri mereka dibombardir dengan crossing crossing, sehingga mereka tidak sempat untuk keluar menyerang dari pertahanan dalam itu," ucap Djanur menambahkan.

Baca Juga

Mantan pelatih Persib Bandung ini menuturkan, strategi yang dilakukan anak asuhnya pada pertandingan pamungkas putaran pertama kompetisi Liga 1 2022-2023 hampir berhasil.

Pasalnya, Persikabo bisa mempertahankan keunggulannya hingga memasuki masa injury time di pekan ke-17 Liga 1 2022-2023. Namun, saat waktu tambahan tersisa satu menit, Persib berhasil menyamakan kedudukan melalui Daisuke Sato.

"Saya kira itu tidak ada instruksi hanya secara naluriah langsung bertahan dan mengamankan kemenangan. Sebetulnya hampir berhasil tapi yaitu tadi saya gak ngerti perpanjangan waktu sampai 7 menit kegolan di 6 menit," jelas Djanur.

Baca Juga
Persib BandungVictor IgbonefoLuis MillaLiga IndonesiaLiga 1Persikabo 1973Liga 1 2022-2023

Berita Terkini