x

Piala AFF 2022: Terlalu Barbar, Park Hang-seo Diminta Redam Emosi Pemain Vietnam

Rabu, 28 Desember 2022 17:13 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo melakukan sesi uji lapangan di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

INDOSPORT.COM - Bermain terlalu keras saat melawan Malaysia di Piala AFF 2022, pelatih Vietnam, Park Hang-seo, diminta untuk meredam permainan anak asuhnya.

Vietnam baru saja meraih kemenangan penting saat mereka berhadapan dengan Malaysia di laga babak penyisihan Grup B Piala AFF 2022 di My Dinh National Stadium, Selasa (27/12/22).

The Golden Star, julukan Vietnam, berhasil meredam perlawanan Malaysia dengan skor telak 3-0. Tiga gol Vietnam berhasil dicetak oleh Nguyen Tien Linh (28), Que Ngoc Hai (64), dan Nguyen Hoang Durc (83).

Kemenangan tersebut membuat Vietnam saat ini kokoh di puncak klasemen Grup B Piala AFF 2022 dengan torehan 6 poin. Vietnam dibuntuti oleh Malaysia yang berada di peringkat kedua.

Meski mampu meraih kemenangan, sejumlah kontroversi pun terjadi dalam pertandingan antara Vietnam vs Malaysia kemarin.

Baca Juga

Seperti yang ditunjukkan soal keputusan wasit Ryuji Sato yang dianggap merugikan skuad Malaysia saat memberikan hadiah penalti kepada Vietnam.

Saat itu pemain Malaysia, Azam Azmi dianggap melakukan pelanggaran. Azmi dianggap melayangkan tendangan ke pemain Vietnam yakni Doan Van Hau, yang sejatinya terjadi di luar kotak penalti.

Baca Juga

Namun, sang wasit justru melihat Doan Van Hau dijatuhkan di area kotak penalti Malaysia dan memberikan penalti kepada Vietnam.

Meski begitu, permainan keras yang ditunjukkan oleh Vietnam juga turut menjadi salah satu hal yang perlu disoroti.

Sebab, akibat permainan keras yang ditunjukkan Vietnam tersebut dapat memancing lawan untuk bermain serupa.

Baca Juga

1. Park Hang-seo Harus Bertindak

Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo dan pemain Vietnam Nguyen Van Toan saat preskon jelang melawan Indoneisa.

Kerasnya permainan Vietnam saat laga melawan Malaysia kemarin, kerap dipertontonkan oleh salah salah satu pemain mereka, Doan Van Hau.

Melansir dari Baomoi, Doan Van Hau memang dikenal sebagai pemain dengan gaya permainan yang solid dan kerap melakukan gerakan berbahaya kepada pihak lawan.

Baomoi juga menyoroti hal tersebut harus dihindari oleh Doan Van Hau demi menghindari situasi buruk bagi Vietnam ke depannya.

“Van Hau harus menghilangkan situasi yang tidak perlu untuk menghindari risiko bagi tim serta membangun citra pemain profesional,” tulis Baomoi dalam laporannya.

Kerasnya permainan Van Hau terlihat saat pertandingan melawan Malaysia memasuki menit ke-16. Saat Bin Hamadi melakukan terobosan ke area penalti Vietnam, Van Hau mencoba untuk menyerahkan bola kepada kiper.

Baca Juga

Namun, saat Bin Hamadi berusaha berlari untuk mengejar bola tersebut, Van Hau memberi sikutan kepada pemain asal Malaysia tersebut hingga tersungkur.

Untungnya, wasit Ryuji Sato hanya memberi peringatan dan tidak memberikan kartu kepada Van Hau.

Baca Juga

Media Vietnam tersebut menyoroti Park Hang-seo agar memberikan peringatan kepada Van Hau agar tak melakukan tindakan serupa.

Sebab, jika perlakuan tersebut kerap dilakukan oleh Doan Van Hau, kerugian bakal bisa didapat Vietnam di laga-laga selanjutnya Piala AFF 2022.

Vietnam sendiri akan menghadapi Singapura di laga lanjutan babak penyisihan grup Piala AFF 2022, Jumat (30/12/22), di Jalan Besar Stadium.

Baca Juga

Sumber: Baomoi

MalaysiaVietnamBola InternasionalPark Hang SeoDoan Van HauPiala AFF 2022

Berita Terkini